PERPUSTAKAAN

Pengantar

Perpustakaan adalah tempat mengumpulkan, menyimpan, mengolah dan memelihara bahan pustaka baik tercetak maupun non cetak yang dikelola dan diatur untuk digunakan oleh pengguna perpustakaan sebagai sumber informasi, studi, dan rekreasi. Dalam hal ini perpustakaan dibutuhkan dalam dunia pendidikan untuk mendukung pelaksanaan proses belajar mengajar.

Adapun informasi yang tersedia di perpustakaan akan bermanfaat apabila dapat diakses dengan mudah oleh pengguna perpustakaan, sampai saat ini perpustakaan masih menjadi pilihan utama dalam memperoleh informasi secara langsung, mudah, dan murah. Kehadiran pengguna khususnya mahasiswa di perpustakaan bertujuan mencari informasi ilmiah yang diperlukan untuk membangun kerangka pemikiran dan sekaligus sebagai dasar sandaran ilmiah dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah atau menyusun skripsi, tesis atau disertasi.

Dalam memberikan pelayanannya perpustakaan mengutamakan kepentingan pengguna, dengan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan pengguna perpustakaan, sehingga fungsi perpustakaan dapat terlaksana dengan baik. Perkembangan suatu perpustakaan dapat dilihat dari pelayanannya, karena keberhasilan pelayanan merupakan tujuan akhir yang ingin dicapai oleh perpustakaan.

Dengan demikian perpustakaan harus menyediakan fasilitas sebaik mungkin seperti koleksi yang sesuai dengan kebutuhan pemakai, pegawai perpustakaan yang ramah, pelayanan yang cepat dan tepat sehingga para pengguna perpustakaan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan.

Visi & Misi Perpustakaan

Ditinjau dari segi program kegiatannya, Perpustakaan Perguruan Tinggi sebagai unit kerja yang merupakan bagian integral dari suatu lembaga induknya. Perpustakaan Universitas Prima Indonesia mempunyai:

Visi

Menjadi suatu Perpustakaan pendidikan tinggi terkemuka dalam pelayanan terhadap sivitas akademikanya.

Misi

Menyediakan akses terhadap informasi dan layanan informasi secara tepat waktu, tepat guna dan efektif untuk mendukung fungsi Tridharma Universitas Prima Indonesia melalui pengadaan dan penyediaan bahan pustaka serta membantu mahasiswa dan dosen sehingga menjadi terampil dalam menemukan informasi yang relevan dengan kebutuhan para pengguna perpustakaan.

Tujuan dan Fungsi Perpustakaan

  • Membantu Perguruan Tinggi dalam melaksanakan program Tridarma yang dilaksanakan.
  • Mendukung, memperlancar serta mempertinggi kualitas pelaksanaan program kegiatan Perguruan Tinggi dalam bidang pendidikan dan pengajaran.
  • Menyebarluaskan informasi sesuai dengan kurikulum yang memperkaya dan mempertinggi kualitas pengetahuan dosen dan mahasiswa.
  • Menyediakan pemanfaatan dan menyebarluaskan informasi hasil penelitian ilmiah sebagi bahan yang dapat dimanfaatkan.
  • Sebagai pusat-pusat pelayanan informasi untuk program penelitian dan program pengabdian kepada masyarakat UNPRI.

Untuk dapat melaksanakan fungsi tersebut secara maksimal dan menyeluruh, program kerja Perpustakaan Perguruan Tinggi meliputi:

  • Pengumpulan, pelestarian dan pengolahan pelayanan informasi.
  • Pemanfaatan dan penyebarluasan dari palayanan informasi untuk para pemakai perpustakaan.

Pengolahan dan Pemeliharaan Perpustakaan

Pengolahan Bahan Pustaka

Buku yang sudah selesai diinventarisasi seluruhnya diolah terlebih dahulu sebelum disususun di ruang koleksi. Kegiatan pengolahan bahan pustaka yang dilakukan pada Perpustakaan UNPRI meliputi, katalogisasi, klasifikasi, dan pemberian kelengkapan bahan pustaka.

  1. Katalogisasi

    Katalogisasi adalah proses pembuatan wakil bahan pustaka atau katalog yang dapat dijadikan sebagai alat penelusuran koleksi yang dimiliki perpustakaan. Perpustakaan UNPRI masih menggunakan katalog online (OPAC) yang bernama AthenaeumLight8.

    Katalogisasi bahan pustaka dilakukan dengan berpedoman kepada DDC 22. Katalogisasi tersebut dilakukan dengan membuat katalog sederhana yang terdiri dari judul dan subyek. Dalam hal ini deskripsi bibliografi bahan pustaka dibuat secara sederhana mulai dari tajuk entri utama, judul dan penanggung jawab, edisi, penerbitan, deskripsi fisik dan jejakan.

  2. Klasifikasi

    Perpustakaan UNPRI menentukan subjek dengan menggunakan Daftar Tajuk subjek yang dikeluarkan Perpustakaan Nasional. Untuk menentukan nomor klasifikasi berpedoman kepada DDC (Dewey Decimal Classification) edisi 22. Pengklasifikasian dilakukan secara sederhana sebagai pedoman untuk memanfaatkan bahan pustaka dalam jajaran koleksi yang dimiliki perpustakaan. Setelah penentuan tajuk subjek dan nomor klasifikasi selesai dilakukan, selanjutnya ditakukan pengetikan pada sistem.

  3. Kelengkapan Buku

    Kegiatan membuat kelengkapan buku yang dilakukan pada Perpustakaan UNPRI dimaksudkan untuk melengkapi atribut stok bahan pustaka dengan melakukan pekerjaan/kegiatan:

    1. Membuat label pada punggung buku berukuran 4 cm x 7,5 cm yang terdiri dari nomor klasifikasi, tiga huruf pertama dari nama pengarang dan huruf pertama dari judul bahan pustaka. Setelah pembuatan label call number.
    2. Bahan pustaka yang telah dilengkapi dengan perlengkapan di atas disusun dalam rak dengan susunan sesuai dengan sistem klasifikasi DDC.

Pemeliharaan/Perawatan Bahan Pustaka

Untuk menjaga bahan pustaka dan kerusakan perpustakaan harus melakukan perawatan, agar bahan pustaka dapat bertahan lama dan kandungan informasi yang ada di dalamnya dapat dilestarikan. Perawatan bahan pustaka dapat dilakukan dengan membersihkan bahan pustaka tersebut dari debu dan memelihara keteraturan penjajarannya di dalam rak.

Pemeliharaan/perawatan bahan pustaka yang dilakukan oleh perpustakaan UNPRI meliputi kegiatan-kegiatan pencegahan dengan menjaga kebersihan ruangan dan koleksi serta menjaga keteraturan susunan buku dalam rak.

Layanan Pengguna Perpustakaan

Layanan pengguna adalah bagian terdepan dari perpustakaan karena langsung berhubungan dengan pengguna perpustakaan. Citra perpustakaan ditentukan oleh baik tidaknya layanan pengguna yang dilaksanakan oleh perpustakaan.

Penentuan jenis layanan yang dilaksanakan perpustakaan ditentukan oleh kemampuan/kondisi perpustakaan tersebut. Layanan pengguna yang diselenggarakan Perpustakaan UNPRI adalah layanan sirkulasi, referensi, Deposit.

Layanan Sirkulasi

Layanan sirkulasi mengelola peredaran bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan, baik yang digunakan di dalam perpustakaan maupun yang digunakan di luar perpustakaan. Perpustakaan UNPRI melaksanakan layanan sirkulasi dengan tugas pencatatan peminjaman, pengembalian, membuat statistik pengunjung dan menyusun koleksi ke dalam jajaran koleksi di rak.

Layanan Referensi

Layanan referensi adalah suatu kegiatan pelayanan untuk membantu pemakai perpustakaan menemukan informasi dengan cara: menjawab pertanyaan dengan menggunakan koleksi referensi, serta memberikan bimbingan untuk menggunakan koleksi referensi.

Tujuan layanan referensi pada Perpustakaan UNPRI adalah:

  1. Memungkinkan pengguna perpustakaan menemukan informasi dengan cepat dan tepat
  2. Memungkinkan pengguna menelusur informasi dengan pilihan yang lebih luas.
  3. Memungkinkan pengguna menggunakan koleksi referensi dengan lebih tepat guna.

Koleksi referensi adalah kumpulan bahan pustaka yang berupa karya-karya yang disusun sebagai alat konsultasi ataupun penunjuk mengenai informasi-informasi tertentu. Jenis-jenis koleksi referensi yang dimiliki Perpustakaan UNPRI berupa:

  1. Kamus/ Dictionary
  2. Ensiklopedi
  3. Sumber biografi

Layanan referensi pada Perpustakaan UNPRI dilaksanakan dengan sistem terbuka, dimana pengguna perpustakaan dapat mengambil koleksi langsung dari rak tetapi tidak dipinjamkan untuk dibawa pulang, hanya dapat dibaca/digunakan di ruang baca yang telah disediakan. Koleksi referensi dapat difotocopy setelah mendapat ijin dari petugas.

Layanan Deposit

Layanan deposit bertujuan untuk melayani dan berusaha memberikan informasi tentang skripsi. Layanan deposit pada Perpustakaan UNPRI dilaksanakan dengan sistem terbuka, dimana pengguna perpustakaan dapat mengambil koleksi langsung dari rak tetapi tidak dipinjamkan untuk dibawa pulang, hanya dapat dibaca/digunakan di ruang baca yang telah disediakan. Koleksi referensi dapat difotocopy setelah mendapat ijin dari petugas.

Sistem Layanan

Layanan pengguna pada Perpustakaan UNPRI menggunakan sistem layanan terbuka dalam arti pengguna diperkenankan mencari/mengambil sendiri buku yang dibutuhkan dari ruang koleksi.

Waktu Layanan

Waktu layanan pada perpustakaan UNPRI adalah sebagai berikut:

  • Perpustakaan

    Universitas Prima Indonesia
  • Jadwal

    Pelayanan
    • Perpustakaan Induk
      Kampus Sekip


    • Perpustakaan Cabang
      Kedokteran & Kedokteran Gigi


    • Perpustakaan Cabang
      Kebidanan & dan Keperawatan

    • Senin s/d Sabtu
      09.00 s/d 12.00
      13.30 s/d 19.00
    • Senin s/d Jumat
      08.00 s/d 16.00
      Sabtu
      08.00 s/d 12.00
    • Senin s/d Jumat
      08.00 s/d 16.00
      Sabtu
      08.00 s/d 12.00

Peraturan Perpustakaan

Setiap anggota perpustakaan harus mematuhi tata tertib Perpustakaan sebagai berikut:

  1. Pengguna harus menitipkan tas, jaket, dan yang sejenisnya pada tempat penitipan tas sebelum memasuki ruang koleksi.
  2. Membawa kartu perpustakaan yang berlaku.
  3. Kartu perpustakaan tidak boleh dipinjamkan kepada orang lain.
  4. Bagi pengunjung dari luar UNPRI, harus membawa surat pengantar dari instansi asal atau kartu identitas yang masih berlaku selama berada di dalam perpustakaan dilarang:
    1. Merokok, makan, dan minum di dalam perpustakaan.
    2. Mencoret, merobek atau merusak lembar bahan perpustakaan.
    3. Memindahkan bahan perpustakaan dari rak ke rak lain.
    4. Membuat gaduh dan menimbulkan suara-suara yang mengganggu orang atau pembaca lain.
    5. Membuang sampah sembarangan di dalam perpustakaan.
    6. Memakai sandal, kaos oblong atau celana pendek
    7. Kehilangan barang berharga seperti dompet, kalkulator, uang, perhiasan, dll harap dibawa. Kehilangan diluar tangggung jawab perpustakaan.
    8. Mengisi daftar pengunjung yang disediakan.
    9. Untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi yang dibutuhkan Perpustakaan UNPRI menyediakan Katalog Online (OPAC) sebagai alat telusur informasi (buku). Oleh karena itu, pengguna diwajibkan mencari terlebih dahulu informasi yang dibutuhkan melalui OPAC sebelum menelusur ke rak.
    10. Untuk sistem pelayanan terbuka, bahan pustaka yang diperlukan dapat langsung dicari atau diambil sendiri pada rak. Setelah dibaca, pengguna tidak diperkenankan menyimpan sendiri di rak.

Sistem Peminjaman

  1. Peminjaman dilakukan di meja sirkulasi dengan menunjukkan kartu perpustakaan yang masih berlaku.
  2. Bahan pustaka dapat dipinjam sebanyak tiga eksemplar selama seminggu.
  3. Peminjaman dapat diperpanjang satu kali selama satu minggu.

Sanksi-Sanksi

Sanksi-sanksi pada Perpustakaan UNPRI, yaitu:

  1. Keterlambatan pengembalian pinjaman bahan pustaka dikenakan denda Rp. 1000 per hari/buku.
  2. Bahan pustaka yang hilang atau rusak karena peminjaman harus diganti dengan buku yang sama sebanyak satu eksemplar, kalau tidak mungkin dapat diganti dengan memfotocopy buku yang sama sebanyak dua eksemplar atau dengan uang sesuai dengan harga tersebut dan ditentukan oleh petugas yang berwenang di Perpustakaan UNPRI.
  3. Selama pengguna belum melunasi denda sebagai akibat kelalaian tersebut maka kartu perpustakaan untuk sementara ditahan.
  4. Pengguna yang melakukan pelanggaran seperti merobek, merusak, menyembunyikan atau mencuri bahan pustaka dekenakan denda sanki akademis dan harus mengganti buku yang dirusak sebanyak dua eksemplar.