FTIK UNPRI Gelar Seminar Nasional SNITIK

Inovasi Digital Menjadi Sociotechnopreneurship di Era Society 5.0

Rabu, 23 November 2022 14:08:05 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya



Kegiatan Seminar Nasional Inovasi Teknologi dan Ilmu Komputer (SNITIK 2020) merupakan kegiatan yang rutin diadakan Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer, Universitas Prima Indonesia (FTIK UNPRI). Pada awalnya seminar ini dinamakan Semnas FTIK dan telah berlangsung selama 4 tahun. Seminar FTIK kemudian berganti nama menjadi SNITIK dengan tujuan memperluas ruang lingkup penelitian dan diseminasi ilmu.

Pada tahun ini dilaksanakan Seminar SNITIK dengan mengangkat tema “ Inovasi Digital Menjadi Technopreneur di Era Society 5.0”. dengan peserta yang terdiri dari kalangan mahasiswa dan dosen FTIK UNPRI (Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual, Arsitektur) dan dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring)

Dalam Seminar SNITIK kali ini, FTIK UNPRI mengundang Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS.,Ph.D, ketua umum APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer) dan Edy Fajar Prasetyo, S.P (Owner dan CEO PT.SBS dan Founder Yayasan Inovasi Sosial berkelanjutan) sebagai keynote speaker

Pada era melek teknologi dan wirausaha saat ini, muncul istilah baru yang disebut Technopreneur. Teknologi, sebagai kekuatan yang mendorong dunia untuk maju ke depan adalah instrumen perubahan atau transformatif. Namun ketika berbicara tentang mengelola bisnis berbasis teknologi, kemampuan pengusaha teknologi untuk menguasai hal-hal teknis dengan kecerdasan yang cepat, tentunya sangat penting bagi keberhasilan perusahaan.

Istilah Technopreneurship merupakan kombinasi dari dua kata yaitu Teknologi dan Entrepreneurship. Ini adalah semacam usaha pada bidang teknologi yang melibatkan individu paham teknologi, kreatif, inovatif dan memiliki kemampuan untuk mengambil resiko yang telah diperhitungkan.

Seminar ini diposisikan sebagai wadah untuk dosen dan mahasiswa Universitas Prima Indonesia, terkhusus fakultas FTIK dapat mendeseminasikan hasil penelitiannya secara langsung ke seluruh peserta seminar. Selain itu, seminar ini diposisikan sebagai forum diskusi akademis bagi peserta seminar lain dari luar kampus UNPRI ataupun di luar wilayah Sumatera Utara untuk mendeseminasikan penelitiannya dan temuan-temuan inovatif dalam ranah teknologi dan ilmu komputer. Diharapkan kegiatan seminar ini dapat memberikan pengalaman baru yang menambah khasanah pengetahuan bagi dosen, mahasiswa FTIK UNPRI demikian juga peserta seminar lainnya.

Seminar SNITIK yang secara rutin tiap tahun diadakan ini memiliki beberapa tujuan, yakni meningkatkan wawasan dan pengalaman mahasiswa dan peserta pemakalah di bidang teknologi dan informasi ; peserta memahami perkembangan teknologi digital dan penerapannya menajdi sosiopreneur pada era society 5.0 dan meningkatkan motivasi peserta dalam mendukung perkembangan teknologi digital.


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: