WAKIL GUBERNUR SUMATERA UTARA MINTA RUMAH SAKIT SIAPKAN LAYANAN UNGGULAN

Audiensi Rencana Peresmian Operasional Rumah Sakit Royal Prima di Kantor Wakil Gubernur Sumatera Utara

Jum'at, 13 Desember 2013 14:25:50 oleh Abdi Dharma | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Wakil Gubsu, Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si., meminta setiap rumah sakit di Sumut mempunyai pelayanan kesehatan unggulan untuk jenis penyakit tertentu.

Menurutnya, rumah sakit yang ada, baik pemerintah maupun swasta, hendaknya memiliki kompetisi sehat bersifat kerja sama yang dapat meningkatkan pelayanan maksimal bagi masyarakat.

Dengan kondisi sekarang ini, dimana setiap rumah sakit masing - masing memberikan pelayanan kesehatan merata bagi seluruh jenis penyakit, menurut Wakil Gubernur, akhirnya pasien akan mencari rumah sakit yang betul - betul menjadi unggulan bagi penyakitnya dan akhirnya memutuskan berobat ke rumah sakit luar negeri.

"Ini justru merugikan kita, nah kalau setiap rumah sakit kita memberikan pelayanan biasa saja, maka mereka kaan lebih memilih rumah sakit luar negeri", kata Wagubsu saat menerima kunjungan Direktur Rumah Sakit Royal Prima, dr. Deli Theo, SpPK, MARS, di ruang kerjanya, Medan, Kamis, 12 Desember 2013.

Wagubsu mencontohkan, ada seorang pasien mengidap penyakit kanker yang setelah mengetahui rumah sakit tertentu unggul dalam pengobatan kanker, maka dia akan berobat ke rumah sakit itu. Begitupun, menurutnya, tidak berarti jenis penyakit tidak dimaksimalkan. Hanya saja ada penanganan khusus sehingga rumah sakit itu punya keunggulan tersendiri dibanding rumah sakit lain, sehingga tidak menimbulkan kompetisi yang tidak sehat.

Untuk itu Wagubsu menghimbau melalui Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr. Raden Roro Siti Hatati Surjantini, M.Kes., yang juga hadir dalam audiensi tersebut, untuk mensosialisasikan strategi pengelolaan rumah sakit kepada seluruh pengelola rumah sakit di Sumatera Utara.

Dalam kesempatan itu, Wagubsu juga memberikan apresiasinya kepada pihak Rumah Sakit Royal Prima yang akan diresmikan pada bulan Pebruari 2014 mendatang. Selaku pemerintah, dimana dituntut memberikan pelayanan kepada masyarakat, Wagubsu merasa terbantu dengan berdirinya Rumah Sakit Royal Prima yang akan memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Tak lupa beliau menghimbau agar Rumah Sakit Royal Prima nantinya juga menyiapkan pelayanan bagi pasien kelas III. Menurutnya, dari data dinas kesehatan bahwa kelas pasien itu yang paling banyak. Bahkan, beberapa kali di rumah sakit pemerintah sempat kekurangan tempat tidur karena membludaknya pasien kelas tersebut.

Terakhir Wagubsu mengingatkan, bahwa dalam dunia usaha terlebih rumah sakit, untuk tidak melulu mengutamakan keuntungan, tapi hendaknya punya tugas sosial yang jauh lebih mulia, yaitu dengan memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat.

Sependapat dengan wagubsu, dr. Deli Theo, selaku direktur Rumah Sakit Royal Prima berjanji akan melaksanakan arahan dari orang nomor dua di Sumut tersebut. Tak lupa dia juga mengundang Wagubsu untuk turut hadir dan membuka peresmian Rumah Sakit Royal Prima nantinya.

Bahkan dia juga berharap Wagubsu dapat memberikan kuliah umum bagi 5.000 mahasiswa Universitas Prima Indonesia yang terintegrasi dengan rumah sakit tersebut. Universitas Prima Indonesia telah memiliki 10 fakultas, dan salah satunya adalah Fakultas Kedokteran. Rumah Sakit ROyal Prima itu sendiri berada di Jalan Ayahanda, Medan.


Berita Seputar Universitas:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: