MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DI KALANGAN MAHASISWA

Hary Tanoesoedibjo Beri Kuliah Umum Kepada Mahasiswa/i Unpri

Selasa, 03 Juni 2014 15:27:12 oleh Abdi Dharma | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Kamis, 06 Februari 2014, CEO MNC Group dan juga Ketua Umum Persatuan Indonesia (PERINDO), Hary Tanoesoedibjo, memberikan kuliah umum tentang "Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa" kepada mahasiswa/i Universitas Prima Indonesia (Unpri) di Aula Rumah Sakit Royal Prima, di jalan Ayahanda, Medan.

Hadir dalam acara tersebut, Pembina Yayasan Unpri, dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes, AIFM, Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) Unpri, Tommy Leonard, S.H., M.Kn., Rektor Unpri, Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI, DAAK, Wakil Rektor I Unpri, Prof. Dr. drg. Monang Panjaitan, M.S., M.A., Wakil Rektor II Unpri, Ermi Girsang, SKM, M.Kes, Dekan Fakultas Ekonomi Unpri, Cut Fitri Rostina, S.E., M.M., Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Unpri, Hendry, S.E., M.M., Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Unpri, dr. Ali Napiah Nasution, dan Kepala Humas Unpri, Ramli J. Marpaung, S.H., M.M.

Sebelum memberikan kuliah umum, Hary Tanoesoedibjo memperkenalkan diri dan memberikan penjelasan tentang bisnisnya di MNC Group, setelah itu dilanjutkan dengan kuliah tentang kewirausahaan. Kuliah umum tersebut dihadiri juga oleh ratusan mahasiswa Unpri.

Pada kesempatan itu, Hary Tanoesoedibjo menyatakan mendukung "Enterpreneurship" karena sektor ini merupakan potensi dan kebutuhan nasional. "Dengan mengembangkan sektor kewirausahaan ini, secara langsung dapat membangkitkan ekonomi Indonesia", katanya.

Menurut pimpinan MNC Group ini, untuk sebuah usaha yang sukses, tujuan utama dalam setiap langkah untuk memulainya haruslah memiliki fokus yang jelas. Tujuan yang jelas diiringi dengan kedisiplinan yang tinggi akan membantu setiap orang yang ingin menuai kesuksesan.

Kunci sukses yang dibagi oleh Hary dalam mengembangkan usahanya, diantaranya adalah jadilah pengusaha yang berfokus pada tujuan yang ingin dicapai. Setiap fokus yang jelas akan menuntun seseorang ke dalam pintu kesuksesan, jika dalam setiap usaha mengalami kegagalan itu adalah hal yang wajar karena kesuksesan tidak bisa didapat dengan mudah apalagi instan.

Kesuksesan memerlukan proses yang panjang, dan kitapun harus menekuninya. Sukses yang besar akan dimulai dari sukses yang kecil, jadi dalam setiap usaha cobalah untuk menerima setiap kesuksesan meskipun itu nilainya tidak seberapa. Justru yang tidak seberapa itulah yang nantinya membawa kesuksesan luar biasa.

Kepada para generasi muda, khususnya mahasiswa/i Unpri, dia mengingatkan agar mereka mau bekerja keras sejak sekarang untuk meraih kesuksesan di masa depan. "Sebagai generasi muda harus berani melangkah ke depan, jangan khawatir dengan persaingan", ucapnya dengan berapi-api.

Hary Tanoesoedibjo juga menuturkan, Entrepreneur dapat menciptakan kegiatan ekonomi serta membuka lapangan pekerjaan di suatu negara. Karena itu, salah satu penyokong majunya sebuah bangsa adalah tumbuhnya entrepreneur di kalangan masyarakat.

Menurut pria berkulit putih ini, banyak cara yang dapat digunakan, salah satunya menjadi seorang wirausaha. “Indonesia membutuhkan pemuda berkualitas untuk memajukan bangsa", katanya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi Unpri, Cut Fitri Rostina, S.E., M.M., dalam sambutannya mengatakan, kuliah umum ini terlaksana atas kerjasama Fakultas Ekonomi Unpri dengan PERINDO.

Menurut Cut Fitri, tema yang diangkat pada kuliah umum ini dipandang penting, mengingat tingginya tingkat pengangguran, sementara lapangan pekerjaan yang semakin minim. "Oleh karena itu, tema ini akan semakin penting, ketka kita dihadapkan pada suatu kenyataan era perdagangan bebas, maka secara sadar kita harus mempersiapkan diri secara serius dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri", ucapnya.

Kuliah umum kewirausahaan ini kata Cut Fitri, adalah materi yang mengungkapkan dunia bisnis dibidang pendidikan dan dunia bisnis lainnya, yang merupakan sarana bagi mahasiwa untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan.


Berita Seputar Ekonomi:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: