TRY OUT UJIAN NASIONAL 2014

5.275 Siswa SMA/SMK se-Kota Medan Ikuti Try Out di Kampus Unpri

Selasa, 03 Juni 2014 23:59:09 oleh Abdi Dharma | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Sabtu, 25 Januari 2014, sebanyak 5.275 Siswa SMA/SMK se-Kota Medan, mengikuti Try Out (latihan soal) di Kampus Universitas Prima Indonesia (Unpri). Try Out tersebut diselenggarakan di Kampus Unpri jalan Sekip, jalan Danau Singkarak, dan jalan Belanga, Medan.

Pelaksanaan Try Out yang tampak sangat diminati siswa itu, dibuka langsung oleh Pembina Universitas Prima Indonesia, dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes, AIFM. Pada kesempatan itu turut hadir juga, Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) Unpri Tommy Leonard, S.H., M.Kn., Rektor Unpri, Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI, DAAK, Wakil Rektor I Unpri, Prof. Dr. drg Monang Panjaitan, M.S., M.A., Wakil Rektor II Unpri, Ermi Girsang, SKM, M.Kes, Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Unpri, Hendry, S.E., M.M., Dekan Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Unpri, Abdi Dharma, S.Kom.

Dari pantauan wartawan di lokasi ujian, para siswa tampak serius dalam mengerjakan soal Try Out. Siswa - siswi tersebut tampak tenang dan bersemangat.

Pembina Unpri, dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes, AIFM, yang diwakili Ketua BPH Unpri, Tommy Leonard, S.H., M.Kn., dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Try out atau uji coba mengerjakan soal - soal yang disiapkan oleh panitia mempunyai banyak manfaat, utamanya bagi diri setiap siswa.

Tommy menghimbau kepada siswa yang mengikuti Try Out, untuk menggunakan event try out agar mengetahui dan mengungkap kelemahan dan kekurangan yang ada pada diri masing - masing.

"Caranya, kerjakan soal - soal Try Out hanya dengan mengandalkan kemampuan anda sendiri, jangan minta bantuan orang lain, atau melakukan kecurangan dengan mencontek. Mengapa ? Karena kalau Anda tidak bisa menjawab, maka guru akan tahu materi pelajaran yang mana saja belum dipahami dan perlu dilatih lagi. Sebaliknya jika kelemahan Anda dalam Try Out Anda tutupi dengan meminta bantuan kawan dan ternyata benar, maka guru dan pihak sekolah tidak mengetahui lagi bahwa Anda belum bisa sebab menurut jawaban yang Anda berikan jawabannya sudah benar, misalnya demikian", kata Tommy.

Pada para siswa, Tommy memberikan motivasi, bahwa siswa harus lebih aktif bertanya dan membahas soal - soal Try Out yang belum dikuasai, tanpa meninggalkan pengetahuan lain yang sudah dikuasai. Mudah - mudahan hal ini dapat membantu dan mengantar Anda semua sukses melewati Ujian Nasional dan lulus.

Menurut Ketua Panitia Try Out, Drs. Hilman Haidir, M.Pd., melalui Sekretaris Panitia Try Out, Santy Siregar, SKM, M.Kes., didampingi Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Unpri, Hendry, S.E., M.M., tujuan diselenggarakannya Try Out Ujian Nasioanl (UN) untuk siswa SMA/SMK ini adalah untuk melatih peserta dalam menghadapi UN mendatang, dan mengukur sejauh mana kesiapan peserta dalam menghadapi UN, sehingga lebih siap menghadapi ujian sesungguhnya dan dapat dijadikan acuan belajar materi UN.

Santy juga menyebutkan, Try Out UN ini juga dimaksudkan untuk mempromosikan kampus Unpri. Bagi siswa/i yang berprestasi akan diberikan beasiswa dan gratis mendaftar di kampus Unpri", kata Santy Siregar usai meninjau ruangan di lokasi ujian tersebut.

Santy berharap kepada para peserta yang mengikuti Try Out, akan memilih Unpri sebagai tempat menuntut ilmu di jenjang pendidikan tinggi. "Dengan Try Out UN ini pula, kami harapkan para peserta semakin terlatih dalam mengerjakan soal menjelang UN. Karena, soal - soal yang diberikan pada Try Out ini, sudah disesuaikan dengan tingkat kesulitan yang soal UN mendatang", tegasnya.

Dia menyebutkan, Try Out UN ini sangat mendapat respon dari para siswa SMK/SMA se-Kota Medan. Hal ini terbukti dengan banyaknya peserta.

Dikatakan Santy, kegiatan serupa akan dilakukan Unpri. Untuk terselenggaranya kegiatan ini, pihaknya melakukan sosialisasi ke sekolah - sekolah.

Sebagaimana yang diketahui, peserta Try Out saat ini ada 42 sekolah se-Kota Medan, diantaranya SMA Amir Hamzah, SMA Kalam Kudus, SMA Kartika I, SMA St. Thomas-I, SMA Budi Murni, SMA Angkasa Lanud I, SMK Nur Cahaya, SMK Amir Hamzah, SMA Methodist I, SMA Immanuel, SMA Hang Tuah, SMA Nasrani, SMA Harapan Mandiri, SMA UISU, SMA Global, SMK Harapan Mandiri, SMA Darussalam, SMA Raksana, SMK Raksana, SMA Negeri 3, SMA Mardi Lestari, SMA Darmawangsa, dan SMA Negeri 4.


Berita Seputar Universitas:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: