AKSI SOSIAL DENGAN PENDEKATAN PSKOLOGIS

Mahasiswa/i Fakultas Psikologi Unpri Menggelar Aksi Sosial Untuk Korban Gunung Sinabung

Sabtu, 20 September 2014 12:05:16 oleh Abdi Dharma | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Jumat, 13 Desember 2013, mahasiswa/i Fakultas Psikologi (FPSI) Universitas Prima Indonesia (Unpri) bekerjasama dengan Aplaus The Lifestyle menggelar gerakan "Aksi Sosial Dengan Pendekatan Psikologis" untuk membantu korban erupsi Gunung Sinabung. Status Gunung Sinabung yang masih berada pada tingkat Awas menyebabkan masyarakat yang tinggal di sekitar kaki gunung dengan radius 5 KM harus diungsikan ke tempat yang lebih aman. Waktu pengungsian yang awalnya berakhir pada tanggal 8 Desember 2013 diperpanjang hingga 21 Desember 2013. Hal ini membangkitkan semangat mahasiswa/i FPSI Unpri untuk menggelar serangkaian aksi sosial untuk membantu meringankan beban psikologis yang dialami para pengungsi.

Kunjungan kali ini dilakukan di Posko Pengungsian Desa Surbakti dengan jumlah pengungsi sebanyak 445 jiwa dengan rincian Lansia sebanyak 62 jiwa, dewasa serta anak-anak sebanyak 217 jiwa dan balita sebanyak 55 jiwa. Pada kunjungan kali ini, mahasiswa/i Fakultas FPSI Unpri mempersiapkan serangkaian pendekatan psikologis berupa terapi bermain untuk anak-anak, konseling dan terapi Emotional Freedom Technique (EFT).

Hiburan awal yang diadakan berupa pertunjukan sulap, dilanjutkan dengan terapi bermain dengan permainan tradisional seperti menangkap anak ayam, puzzle dari koran, serta tes grafis untuk pengungsi anak-anak. Konseling serta terapi EFT yang diberikan kepada pengungsi dewasa yang membutuhkan dengan maksud dapat meringankan beban psikologis yang dialami. Anak-anak terlihat begitu antusias dalam mengikuti dari setiap permainan yang telah dipersiapkan, senyum dan tawa juga terlihat pada wajah orang tua dan anak-anak.

Di akhir kegiatan, dalam menyambut perayaan natal mahasiswa/i FPSI UNPRI menghadirkan Santa Klaus untuk membagikan hadiah kepada anak-anak korban bencana erupsi Gunung Sinabung.


Berita Seputar Psikologi:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: