WAGUBSU AJAK MAHASISWA PERSIAPKAN DIRI HADAPI MEA 2015

Kuliah Umum Fakultas Ekonomi Unpri

Rabu, 10 Desember 2014 19:21:32 oleh Abdi Dharma | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si., memberikan kuliah umum di Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Prima Indonesia (Unpri) dan mengajak mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada 2015 mendatang.

Kehadiran Wagubsu untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa FE Unpri disambut oleh Ketua Pembina Yayasan Perguruan Tinggi Prima Indonesia, dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes., AIFM, Ketua Badan Pelaksana Harian, Dr.Tommy Leonard, S.H., M.Kn., Penasehat Unpri, dr. Sofian Wijaya, M.H.A., Direktur Rumah Sakit Royal Prima, dr. Deli Theo, Sp.PK, MARS, Rektor Unpri, Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI, DAAK, Wakil Rektor I Unpri, Prof. Dr. drg. Monang Panjaitan, M.S., M.A., Wakil Rektor II Unpri, Ermi Girsang, SKM, M.Kes., Dekan FE Unpri, Cut Fitri Rostina, S.E., M.M., Wakil Dekan I FE Unpri, Hendry, S.E., M.M., dan lainnya di Aula Rumah Sakit Royal Prima, jalan Ayahanda, Medan, Rabu, 4 Juni 2014.

Dalam kuliah umum dengan tema "Perkembangan Realisasi Investasi di Sumatera Utara 2009-2013", Wagubsu mengatakan, investasi merupakan salah satu pendorong roda perekonomian suatu daerah.

Di Sumatera Utara, katanya, memiliki potensi investasi yang sangat luar biasa, banyak potensi di Sumut yang bisa dikembangkan, seperti perkebunan kelapa sawit terbesar kedua di Indonesia, karet, tembakau deli, coklat, kemudian potensi di bidang pertanian sebagai daerah swasembada beras, potensi pariwisata, dan lainnya.

Universitas Prima Indonesia juga telah melakukan investasi di bidang pendidikan maupun rumah sakit guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Sumut. Hal tersebut sebagai salah satu upaya turut membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat.

"Kita memiliki sumber daya alam yang baik, kita juga harus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk bisa memanfaatkan potensi sumber daya alam yang besar tersebut. Inilah gunanya mahasiswa belajar untuk meningkatkan kualitas SDM. Apalagi jauh - jauh hari sudah disepakati, pada 2015 akan ada pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)", ujarnya.

Wagubsu mengatakan, nantinya tidak ada batasan lagi, dimana orang Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura dan lainnya boleh berusaha di Indonesia, dokter - dokter mereka bisa membuka praktek di sini.

"Kalau mereka bisa memberikan pelayanan lebih baik, maka masyarakat akan lebih memilih ke sana dan kita hanya akan jadi penonton. Oleh karena itu, kita harus tingkatkan SDM kita. Jadi, mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan meningkatkan kualitas SDM - nya. Kalau tidak mau belajar, maka akan jadi penonton pada MEA 2015", ujarnya.

Selain itu, katanya, sejak adanya Bandara Internasional Kualanamu, jumlah kunjungan wisatawan manca negara mengalami peningkatan sebesar 15 persen. Dengan adanya penambahan wisatawan tersebut, tentunya bisa menjadi peluang bagi mahasiswa, khususnya Fakultas Ekonomi Unpri untuk menciptakan peluang - peluang usaha yang dapat ditawarkan kepada wisatawan asing.

"Dalam bidang pariwisata sangat banyak ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan, sehingga itu bisa menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan bagi mahasiswa FE Unpri", ujarnya.

Dalam kuliah umum tersebut, Wagubsu juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa maupun dosen untuk melakukan tanya jawab seputar perkembangan investasi yang ada di Sumatera Utara.

Bahkan, di akhir kuliah umumnya, Wagubsu menyampaikan sebuah pantun yang berbunyi:

Memintal Benang Dari Emas,
Benang Dirajut Menjadi Baju,
Tingkatkan Prestasi dan Kualitas
Mudah - mudahan Universitas Prima Menjadi Maju

Wagubsu, Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si., menerima cenderamata dari Pembina Yayasan Perguruan Tinggi Prima Indonesia, dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes., AIFM, didampingi Ketua BPH Unpri, Dr.Tommy Leonard, S.H. M.Kn., Penasehat Unpri, dr. Sofian Wijaya, M.H.A, Rektor Unpri, Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI, DAAK.

Wagubsu, Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si., foto bersama Pembina Yayasan Perguruan Tinggi Prima Indonesia, dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes., AIFM, Ketua Badan Pelaksana Harian, Dr. Tommy Leonard, S.H., M.Kn., Penasehat Unpri, dr. Sofian Wijaya, M.H.A., Rektor Unpri, Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI, DAAK, Wakil Rektor I Unpri, Prof. Dr. drg. Monang Panjaitan, M.S., M.A., serta para penari.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unpri saat mengajukan pertanyaan kepada Wagubsu.

Wagubsu, Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si., saat memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa Fakultas Ekonomi Unpri, di Aula Rumah Sakit Royal Prima Medan.

Wagubsu, Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si., melakukan tepak sirih pada Tarian Persembahan sebelum acara dimulai.


Berita Seputar Ekonomi:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: