TZU CHING UNPRI

Acara Peresmian Perkumpulan Mahasiswa/i Tzu Chi Universitas Prima Indonesia

Senin, 24 Agustus 2015 17:18:52 oleh Abdi Dharma | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Pada hari Sabtu, 11 April 2015, Perkumpulan Mahasiswa/i Tzu Chi Universitas Prima Indonesia atau yang disebut dengan Tzu Ching UNPRI diresmikan. Dimana mahasiswa/i yang sudah bergabung menjadi barisan pertama Tzu Ching UNPRI terdiri dari 16 orang. Adapun pembentukan Tzu Ching UNPRI diawali oleh beberapa mahasiswa/i Universitas Prima Indonesia yang ingin membentuk sebuah wadah bagi mahasiswa/i di Universitas Prima Indonesia untuk mengembangkan karakter dan kepedulian terhadap bumi maupun sesama. Selain itu, pembentukan komunitas Tzu Ching UNPRI juga merupakan sebuah langkah awal Tzu Ching Medan sudah berkembang hingga ke lingkungan Perguruan Tinggi.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UNPRI dan Mars Tzu Ching

Adapun acara peresmian Tzu Ching UNPRI dimulai pada pukul 17.30 yang dihadiri oleh Perwakilan dari Universitas Prima Indonesia, yakni Bapak Hendry, S.E., M.M. dan Bapak Abdi Dharma S.Kom., M.Kom., Bapak Mujianto selaku ketua Tzu Chi Medan, perwakilan dari berbagai klub yang ada di Universitas Prima Indonesia, pembina Tzu Ching Medan, beserta teman-teman dari Tzu Ching Medan. Acara dibuka oleh Prayugo sebagai MC dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UNPRI, dan Mars Tzu Ching.

Seusai menyanyikan ketiga lagu tersebut, disusul dengan kata sambutan dari perwakilan Universitas Prima Indonesia, yakni Bapak Abdi Dharma S.Kom., M.Kom. dimana beliau mengatakan bahwa Visi Misi Universitas Prima Indonesia dan Visi Misi Tzu Ching UNPRI tidaklah berbeda. Berdirinya Rumah Sakit Royal Prima merupakan simbolisasi dari pendirinya bahwa beliau peduli pada bidang kesehatan dan berdirinya Universitas Prima Indonesia merupakan simbolisasi akan kepedulian terhadap bidang pendidikan. Beliau berharap bahwa Tzu Ching UNPRI bisa maju dan berkembang seiiring waktu.

Selanjutnya merupakan kata sambutan dari Bapak Mujianto selaku sebagai perwakilan dari Tzu Chi Medan. Beliau berterima kasih kepada Universitas Prima Indonesia yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i UNPRI untuk mendirikan sebuah komunitas yang lintas ras, suku dan agama. Beliau berbagi tentang pengalamannya di Tzu Chi dan berharap bahwa generasi muda tidak menyia-nyiakan waktu mereka dan terus melakukan kebajikan. Beliau mengambil sebuah kata perenungan dari Master Cheng Yen yaitu, “Ada dua hal yang tidak bisa ditunda dalam kehidupan yaitu berbakti kepada orang tua, dan melakukan kebajikan“.

Acara dilanjutkan oleh Livi selaku Ketua Tzu Ching Medan memberikan kata sambutan dan sedikit pengalamannya saat bergabung di Tzu Ching untuk pertama kalinya. Selain itu, beliau juga sharing asal mula terbentuknya Tzu Ching hingga ada di Medan bahkan ada di Universitas Prima Indonesia . Awal terbentuknya Tzu Ching dimulai dari Taiwan yang terdiri dari beberapa mahasiswa/i yang sangat antusias dalam melakukan misi amal dan ingin bergabung dalam barisan relawan. Melihat antusiasme dari sekelompok mahasiswa/i tersebut akhirnya Master memberikan doa restu untuk membentuk komunitas yang disebut dengan Tzu Ching, dimana komunitas ini terdiri dari muda-mudi yang sedang kuliah. Kemudian pada tahun 2003, untuk pertama kalinya Tzu Ching resmi didirikan di kota Jakarta, hingga pada tahun 2010 Tzu Ching sudah resmi terbentuk di kota Medan. Setelah 5 tahun Tzu Ching Medan berdiri, sekarang Tzu Ching Medan sudah berkembang hingga ke lingkungan Perguruan Tinggi.

Barisan Pertama Tzu Ching UNPRI

Sesi selanjutnya dibawakan oleh Diana selaku Ketua Tzu Ching UNPRI memberikan kata sambutan dan pengenalan tentang Tzu Ching UNPRI yang dimulai dari Visi , Misi, Program Kerja dan Struktur kepengurusan periode 2015-2016. Adapun visi Tzu Ching UNPRI adalah “Dengan hati yang welas asih, bahagia dan mau memberi, menumbuhkan pengetahuan nurani dan meningkatkan kemampuan nurani serta membina generasi muda masa kini, dan misi Tzu Ching UNPRI adalah disekolah tekun belajar, dirumah berbakti pada orang tua dan memanfaatkan waktu luang untuk giat bersumbangsih pada masyarakat". Program Kerja yang diutamakan Tzu Ching UNPRI adalah Pelestarian Lingkungan yakni mensosialisasikan ke mahasiswa/i, para dosen maupun masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga bumi dan lingkungan sekitar serta bagaimana cara mengurangi efek dari pemanasan global selain mensosialisasikan tentang pelestarian lingkungan Tzu Ching UNPRI juga melakukan praktek langsung yaitu membuat depo mini dikampus sebagai tempat pemilahan barang-barang daur ulang serta kegiatan pelestarian lingkungan lainnya.

Penyerahan Surat Keputusan Oleh Bapak Hendry, S.E., M.M.

Penyerahan Bendera Tzu Ching UNPRI Oleh Bapak Mujianto

Seusai berbagi tentang Tzu Ching UNPRI, Diana pun memperkenalkan struktur kepengurusan yang dilanjutkan dengan sesi pelantikan dan peresmian Tzu Ching UNPRI dengan menyerahkan surat keputusan oleh perwakilan Universitas Prima Indonesia , dilanjutkan dengan penyerahan Bendera Tzu Ching UNPRI yang berlogokan Tzu Ching dan bertuliskan Tzu Ching UNPRI sebagai Tongkat Estafet oleh perwakilan Tzu Chi Medan yaitu Bapak Mujianto. Acara dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng oleh perwakilan Universitas Prima Indonesia dengan menyerahkan potongan tumpeng tersebut kepada ketua Tzu Ching UNPRI ( Diana ) sebagai langkah awal dalam menjalankan sebuah tanggung jawab. Setelah selesai , dilanjutkan dengan foto bersama.

Pemotongan tumpeng Oleh Bapak Abdi Dharma S.Kom., M.Kom.

Penyerahan potongan Tumpeng kepada ketua Tzu Ching UNPRI , Diana

Acara peresmian ditutup dengan diiringi penampilan isyarat tangan lagu Satu Keluarga, pembagian souvernir dari Ketua Tzu Ching UNPRI (Diana) kepada perwakilan dari Universitas Prima Indonesia serta tamu undangan lainnya dan yang terakhir adalah makan bersama.


Berita Seputar Tzuching Unpri:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: