Dosen Unpri Siap Laksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi memiliki sejumlah fungsi, mulai dari mendidik untuk melahirkan para calon pemimpin bangsa hingga melakukan gerakan perubahan demi kemajuan bangsa dan negara.

Selasa, 03 Januari 2017 11:26:20 oleh Abednego S. Karo Sekali | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Untitled Document

Perguruan tinggi memiliki sejumlah fungsi, mulai dari mendidik untuk melahirkan para calon pemimpin bangsa hingga melakukan gerakan perubahan demi kemajuan bangsa dan negara.

"Karena itu perguruan tinggi harus mampu berfungsi sebagai tempat untuk mempublikasi sebuah penemuan ataupun penelitian," kata Koordinator Ko-pertis Wilayah I Prof Dr Dian Ar manto.MPd MSc saat menghadiri wisuda lulusan Universitas Prima Indonesia (Unpri), kemarin di Gedung Medan Internasional Convention Center, Jalan Gagak Hitam (Ring-Road) Medan. Disebutkannya, universitas ini mengalami perkembangan pesat dan memiliki dosen yang mampu dan siap melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana diwajibkan pada tri dharma perguruan tinggi.

Dian juga berharap, Unpri harus terus memacu, memotivasi dosen-dosennya untuk mening-katkan kualitasnya. Sebab kunci perguruan tinggi adalah meningkatkan sumberdaya manusia yang disiplin, ramah, rajin dan mampu melakukan manajemen tata kelola. Demikian juga dengan kualitas kegiatan mahasiswa yang harus menulis jurnal, kualitas penelitian dan publikasi ilmiah. "Khusus kepada para lulusan diharapkan agar dapat memanfaatkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh serta mampu menyelesaikan masalah dan ber-tanggung jawab," katanya.

Menurutnya, para dosen harus selalu menjunjung tinggi Tri Dharma perguruan tinggi, yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pe-ngabdian terhadap masyarakat. "Pendidikan yang dimiliki para dosen menjadi sumber ilmu untuk melakukan penelitian dan kemudian diaplikasikan terhadap masyarakat. Sebab, berbagai penelitian yang dihasilkan baik jurnal maupun buku ujungnya dapat meningkatkan karier dan kesejahteraan dosen," bebernya.

Rektor Unpri Prof dr Djakobus Tarigan AAI DAAK menyatakan, pihaknya terus melakukan pem-benahan dan berusaha mening-katkan kualitas, sehingga alumni tidak kalah bersaing dengan universitas yang ada. "Kita terus berupaya untuk menghasilkan lulusan yang ber kualitas dan memiliki kom-petensi sesuai bidang ilmunya," kata rektor.

Acara tersebut dihadiri Pendiri Unpri dr I Nyoman Ehrich Lister MKes Al FM, Ketua BPH Dr Tommy Leonard SH Mkn dan para wakil rektor, dekan dan civitas akademika liannya.


Berita Seputar UNPRI:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: