Profesor University Kentucky AS Kuliah Umum di FTIK Unpri

Rabu, 11 Januari 2017 14:26:11 oleh Abednego S. Karo Sekali | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Untitled Document

Profesor di bidang komputer dari University of Kentucky, USA, Prof Raphael Finkel memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa Fakultas Teknologi & Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia (Unpri). Kuliah umum itu juga dihadiri Rektor Unpri Prof dr Djakobus Tarigan AAI DAAK, Dekan Fakultas Teknologi & Ilmu Komputer Abdi Dharma S.Kom M.Kom, Ketua Program Studi S1-Teknik Informatika Mawaddah Harahap S.Kom M.Kom, Ketua Program Studi S1-Teknik Industri Fahri Zulmy ST MT, Sekretaris Program Studi S1-Sistem Informasi Siti Aisyah S.Kom M.Kom, Refi Ikhtiari PhD (Lembaga Penjaminan Mutu Unpri) dan Teng Sauh Hwee SE M.Si (koordinator kerjasama).

Pada kuliah umum itu, Prof Raphael Finkel menyampaikan dua topik perkuliahan. Pada sesi pertama, Prof Raphael Finkel membahas tentang bahasa pemrograman, dengan memperkenalkan bahasa pemrograman fungsional yang namanya ML dan bahasa pemrograman logik dengan nama Prolog. Kemudian, pada sesi kedua, Prof Raphael Finkel menyampaikan tentang 10 Algoritma yang wajib diketahui oleh seorang mahasiswa/i yang belajar ilmu komputer.

Prof Raphael Finkel memaparkan bahwa Algoritma memiliki arti sebuah alat untuk memecahkan masalah komputasional yang spesifik. Dalam Algortima harus terdapat input sebagai bahan yang digunakan, langkah-langkah prosedural untuk memetakan input menjadi output dan tentu harus memiliki output sebagai hasil komputasi.

Dikatakannya, beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam menganalisis sebuah Algoritma adalah Correctness (Kebenaran). Kebenaran yang dimaksud adalah output yang dihasilkan Algoritma sesuai dengan apa yang diinginkan atau sesuai dengan fakta yang sesuai dengan perhitungan komputasi. Kebenaran berkaitan dengan akurasi dan presisi Penyajian Algoritma pun dapat dilakukan dalam beberapa bentuk, sesuai dengan objek sasaran penyajian.

Algoritma juga berkaitan dengan struktur data. Pentingnya struktur data untuk mengorganisir penyimpanan data di memori. Salah satu permasalahan komputasi adalah keterbatasan sumber daya, salah satunya memori. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa penelitian paling awal Prof Raphael Finkel adalah menciptakan versi pertama dari Jargon File.


Berita Seputar :

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: