GEBYAR BAHASA DAN SASTRA 2016

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Selasa, 30 Mei 2017 16:56:36 oleh Albert Alyono | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Globalisasi telah menembus batas-batas ruang dan waktu. Dinamika yang demikian cepat di bidang teknologi dan informasi menuntut tindakan antisipasi dan adaptasi yang cepat. Perkembangan sosial budaya, pengetahuan, dan teknologi telah membawa kehidupan siswa pada tahapan yang lebih cepat dari usianya. Ibarat tubuh agar tahan terhadap berbagai penyakit haruslah daya imunitasnya ditingkatkan, satu di antara upayanya melalui vaksinasi. Dalam perspektif sosial kemasyarakatan ada tiga penyakit sosial yang sangat besar dampak negatifnya yaitu kemiskinan, ketidaktahuan, dan keterbelakangan peradaban.

Bagaimana cara meningkatkan daya tahan (imunitas) sosial agar terhindar dari ketiga penyakit tersebut? Jawabannya adalah pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan dapat menjadi vaksin sosial.

Selain sebagai vaksin sosial, pendidikan juga merupakan elevator sosial untuk dapat meningkatkan status sosial. Dua hal tersebut yang melatarbelakangi even Gebyar Bahasa dan Sastra 2016 dengan tema “Inovasi Pendidikan dalam Menyongsong Generasi Emas Indonesia”, yang dilaksanakan pada hari Selasa 15 Maret 2017 di Suara Naviri Convention Hall Medan.

Kita memerlukan vaksin dan elevator sosial itu sehingga terhindar dari ketiga penyakit tersebut dan mampu meningkatkan status sosial sekaligus sebagai wujud nyata.

Dalam menyongsong generasi emas Indonesia 2045 yang merupakan mile stone 100 tahun NKRI. Tema tersebut merupakan refleksi dari jawaban terhadap tantangan, persoalan, dan harapan masyarakat dalam menyiapkan generasi bangsa yang lebih baik.

Maka seluruh elemen bangsa, terutama para pendidikan harus berkolaborasi meningkatkan kompetensi diri, determinasi, dan berinovasi meningkatkan kompetensi diri, determinasi, dan berinovasi agar bonus demografi memberikan kontribusi bagi negeri, yakni Golden Generation Indonesia 2045.

Gebyar Bahasa dan Sastra 2016 terdiri atas beberapa kegiatan di antaranya: 1.) pementasan drama tingkat SMA/SMK/MAN se-Sumut, 2) pidato Bahasa Inggris tingkat SMA/SMK/MAN se-Sumut, yang memperebutkan Piala Gubernur Sumut, 3) pidato Bahasa Inggris tingkat Mahasiswa Universitas Prima Indonesia, 4) musikalisasi puisi tingkat mahasiwa Universitas Prima Indonesia (15/3) di Universitas Prima Indonesia, Jalan Sekip Simpang Sikambing Medan.

Selain perlombaan tersebut, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Prima Indonesia melaksanakan Seminar Nasional dengan pembicara Dr. Rohmadi, M.Hum. (Dosen Universitas Negeri Surakarta-Praktisi Pendidikan) dan Drs. Zulkifli Simatupang, M.Pd., CET.
(Praktisi pendidikan) yang dihadiri oleh Ketua Pembina Dr. dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes., AIFM, Ketua Badan Pelaksana Harian Dr. Tommy Leonard, S.H., M.Kn., dan Rektor Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI, DAAK beserta Civitas Akademika Universitas Prima Indonesia


Berita Seputar Keguruan dan Ilmu Pendidikan:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: