Badan Bahasa Kemendikbud Jalin Kerja Sama dengan Universitas Prima Indonesia

Selasa, 02 Maret 2021 12:08:30 oleh Mesrawati | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Universitas Prima Indonesia secara resmi telah bekerja sama dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Desember tahun lalu. Sebagai bentuk implementasi kerja sama tersebut, pada Selasa, 23/2/2021 diadakan pertemuan sekaligus temu ramah antara Universitas Prima Indonesia dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Acara temu ramah itu berlangsung hangat, dihadiri oleh Wakil Rektor IV Universitas Prima Indonesia, Dr. dr. Ali Napiah Nst, M.KT., M.KM., Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. E. Aminudin Aziz, M. A., Ph.D., Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara, Dr. Maryanto, M.Hum., Kepala Balai Bahasa Kendari, serta beberapa jajaran BBSU.

Melalui Wakil Rektor IV, Dr. dr. Ali Napiah Nst, M.KT., M.KM., disampaikan bahwa Universitas Prima Indonesia, sebagai satu-satunya universitas yang dikunjungi oleh Kepala Badan Bahasa, sangat antusias dan mendukung penuh implementasi kerja sama kedua belah pihak. Antusiasme tersebut disambut Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D., yang juga mendukung penuh Universitas Prima Indonesia untuk meningkatkan kemampuan kebahasaan segenap mahasiswa dan civitas akademika melalui kerja sama dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Beliau menegaskan tiga prinsip kerja sama yang diharapkan akan terbangun, yaitu; 1. Kesetaraan (Equality), 2. Saling menghormati (mutual respect), dan 3. Saling menguntungkan (Benefit).

Kerja sama yang terjalin ini, tentu sangat potensial bagi pengembangan kompetensi mahasiswa, terutama dengan adanya kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Tidak hanya bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, tetapi seluruh mahasiswa dari seluruh program studi yang ada di Universitas Prima Indonesia. Beberapa kegiatan yang dapat dilaksanakan bersama antara lain: magang, pelestarian bahasa dan sastra daerah pembinaan dan pengembangan bahasa, mobilisasi mahasiswa bahasa untuk perluasan wawasan dan peningkatan kompetensi, serta pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka yang setara dengan IELTS/TOEFL.

Tindak lanjut dari nota kesepahaman tersebut, akan dilahirkan Perjanjian Kerja Sama (Memorandum of Agreement) antara FKIP UNPRI dengan Badan Bahasa Kemendikbud, naskah perjanjian kerja sama saat ini sedang dimatangkan di Badan Bahasa, begitu yang disampaikan oleh Dekan FKIP, Dian Syahfitri, S.S., M.Hum. Sejumlah rencana strategis terkait pengembangan kompetensi mahasiswa dalam bidang kebahasaan telah diperbincangkan. Semoga dapat direalisasikan dengan maksimal.


Berita Seputar Keguruan Ilmu Pendidikan:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: