Prof Taruna Ikrar Harapkan UNPRI Medan Cetak Peneliti Dunia

Kuliah Umum oleh Ketua Konsil Kedokteran Indonesia

Kamis, 20 Oktober 2022 14:11:52 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022, Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi & Ilmu Kesehatan UNPRI telah menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Miracles of Human Brain, Current & Future Direction of Neurosciences di Hall Kampus Utama UNPRI Jalan Sampul Medan.

Fungsi otak begitu kompleks sehingga kajian terhadap otak dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya harus melalui pendekatan lintas ilmu dan holistik, misalnya, kesehatan, psikologi, ekonomi, sosial, budaya, politik, teknologi, dan lain sebagainya. Sehubungan dengan kompleksitas dan dinamika dalam perkembangan ilmu neurosciences, kuliah umum Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi & Ilmu Kesehatan ini menghadirkan Narasumber pakar dan moderator yang berpengalaman serta memiliki kompetensi maupun kualifikasi di bidangnya. Kuliah umum ini dipresentasikan oleh Prof. Taruna Ikrar, M.D.,Biomed, Ph.D, Ketua Konsil Kedokteran Indonesia dan Director of the Members-at-Large IAMRA (International Association of Medical Regulatory Authorities dengan Dr. dr. Irza Haicha Pratama, M.K.M, AIFO-K, Sekretaris Prodi Sarjana Pendidikan Dokter dan Profesi Dokter di FKKGIK UNPRI lulusan angkatan pertama Prodi Doktor Ilmu Kedokteran UNPRI sebagai moderator dan Muhammad Aditya Kurnia, SKM, MPH, Ketua Pusat Studi Akademik UNPRI selaku MC.

Prof. Taruna Ikrar berpendapat bahwa di era kontemporer ini, perkembangan Ilmu Neurosciences sangatlah pesat, bahkan dapat dikatakan bahwa Neurosciences merupakan ilmu terdepan yang menunjukkan keunggulan suatu bangsa. Ketua Konsil Kedokteran Indonesia ini turut menyampaikan harapannya bahwa UNPRI, dengan segala prasarana fasilitas maupun sumber daya manusia dapat berkembang menjadi institusi yang menghasilkan peneliti kelas dunia atau world-class.Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa UNPRI telah memiliki sumber daya fasilitas rumah sakit dan laboratorium maupun puluhan ribu alumni yang telah berkarya baik di Indonesia maupun luar negeri, serta ribuan staf pengajar dan tenaga pendidik.

Prof. Taruna Ikrar mencanangkan bahwa sudah waktunya UNPRI, sebagai universitas dengan Akreditasi Unggul atau A untuk mengembangkan center of excellent, atau keunggulan specifik seperti Neurosciences. Pusat keunggulan tersebut, hemat beliau, dapat mengembangkan penelitian terkait uji klinis penyakit otak degenerative hingga terapi dan uji klinis berbagai pengobatan penyakit otak degeneratif. Lebih lanjut lagi, pusat keunggulan tersebut dapat menghasilkan output berupa Hak Paten, Hibah Penelitian, Publikasi Ilmiah, hingga royalti pengobatan penyakit otak sebagai keunggulan kompetitif UNPRI dalam upaya menuju World Class University. Beliau melanjutkan bahwa suatu perguruan tinggi bertaraf internasional memiliki karakteristik yang mengaju pada kinerja, faktor, dan luaran sehingga institusi perlu mencanangkan strategi dan target.

Acara dihadiri Pendiri UNPRI Prof. Dr. dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes, AIFM-K, Sp.KKLP., Ketua BPH UNPRI Dr. Tommy Leonard S.H., M.Kn., Rektor UNPRI Prof. Dr. Chrismis Novalinda Ginting M. Kes, Wakil Rektor (WR I) UNPRI Abdi Dharma MKom, WR II Prof.Dr Ermi Girsang MKes, WR III Said Rizal SHI, MA, WR IV Dr dr Ali Napiah Nasution MKT, para Dekan seluruh Fakultas di UNPRI.

Sumber berita :upeks.co.id


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: