FE UNPRI Gelar Seminar Nasional ke-18 : Writing a Scopus Standard Journal

Seminar untuk Meningkatkan Publikasi Dosen

Jum'at, 21 Oktober 2022 14:19:30 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia (FE UNPRI) kembali mengadakan seminar nasional. Seminar Nasional Ke-18 kali ini mengangkat tema, “Writing a SCOPUS Standard Journal”, bertempat di Hall Kampus Utama UNPRI Lantai 10 Jalan Sampul Medan, Sabtu (27/8/2022).

Dalam Seminar Nasional Ke-18 ini, FE UNPRI menghadirkan dua keynote speakers dari dalam dan luar negeri. Pembicara pertama adalah Matondang Elsa Siburian Dosen STAN yang juga aktif sebagai peneliti sedangkan pembicara kedua adalah Dr. Norliza Hamir Basah BIBM (Hons),MBA,Ph.D.Dip (PGDHELT), peneliti dan dosen Universitas Utara Malaysia. Seminar nasional ini dipandu Kaprodi S1 Manajemen, Yeni Ariesta, S.E, MSi sebagai moderator.

Dr. Matondang Elsa Siburian selaku pembicara pertama menyampaikan tips & trick kepada mahasiswa Prodi S1,S2,S3 dan dosen FE UNPRI terkait tata cara publikasi karya tulis ilmiah di jurnal terindeks scopus.“Jurnal akademis akademis harus evidence base, present argument, memberikan informasi dan harus ada yang mereview, menggunakan bahasa formal, berikan fakta, jelas, singkat”,tuturnya.

Dr. Matondang Elsa Siburian dengan latar belakang pendidikan 10 tahun belajar di Tokyo, Jepang melanjutkan bahwa yang paling mendasar dari sebuah karya penelitian adalah KISS(keep it short-simple-sexy). Faktor mental turut menjadi aspek penting yang mendukung penelitian, sebagaimana pemaparan beliau. “Kemudian harus enjoy ketika menulis, kalau tidak ,santai dulu. Kalau bad mood jalan dulu ke mall, habis itu lebih fresh dan enjoy. Ingat, DIY (do it yourself), don’t be shy, addiction”

Selanjutnya, introduction atau latar belakang sebuah tulisan harus menarik, kita harus mengemukakan apa faktor-faktor yang melandasi sebuah penelitian untuk dilakukan, objectives (apa tujuan penelitian ini), novelty (ada unsur kebaruan) dan harus memiliki struktur argumentasi yang logis dan koheren (apa isi bab 1, bab 2 dst), literatur review dari jurnal-jurnal terkini dan metodologi penelitian yang jelas.

“Kemukakan conclusion yang menarik. Sering sekali reviwer hanya membaca introduction dan conclusion, karena banyak paper yang harus dikoreksinya. Read, write, teach (baca paper/buku/majalah maka kita akan paham. Kemudian tuliskanlah apa yang kita baca itu, dan kemudian ajarkanlah apa yang kita tulis itu. Kalau ditolak itu biasa, makanya upgrade dan kirim ke jurnal lain. Kalau kita jatuh 7 kali tapi bangkit 8 kali, itu kan bagus, berarti kita tidak tenggela m, kita mampu bangkit”, pungkasnya.

Dr.Norliza Hamir Basah BIBM (Hons),MBA,PhD.Dip (PGDHELT) menyampaikan materi dengan jalan pemikiran yang senada dengan yang dipaparkan oleh Dr.Matondang Elsa Siburian. Dr.N orliza menekankan soal originalitas artikel, kemudian novelty atau kebaruan dan keistimewaan artikel dibandingkan dengan artikel dari orang lain, serta bagaimana menghindari jurnal predatory.

Seminar Nasional ke-18 kali ini dihadiri 500an peserta, terdiri dari dosen dan mahasiswa FE UNPRI

Di hadapan kurang lebih 500 peserta seminar, Dekan FE UNPRI, Cut Fitri Rostina S.E, M.Si mengatakan bahwa di tengah keterbatasan tatap muka selama ini, kita patut bersyukur bisa hari ini dilakukan seminar nasional secara luring.

“Tulisan yang dipublish di jurnal terindeks scopus menjadi impian semua orang, banyak benefit yang diperoleh peneliti, dosen dan mahasiswa. “Tetaplah melakukan penelitian, semoga kita bisa mengambil manfaat dari seminar ini”, ujarnya.

Sebelumnya Wakil Rektor III Unpri, Said Rizal SHI,MA membuka Seminar Nasional ke-18 FE UNPRI. Mewakili Rektor UNPRI, Said Rizal berharap usai seminar kali ini ada penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa yang yang dipublish di jurnal terindeks scopus.

“Semoga Seminar Nasional ke-18 yang digelar FE UNPRI ini berjalan dengan baik dan lancar. Semoga usai seminar ini semakin banyak dosen FE UNPRI yang melahirkan karya-karya terbaik. Semoga ada penelitian kolaborasi dosen dan mahasiswa yang yang dipublish di jurnal terindeks scopus”,ujarnya.

sumberberita: kampusmedan.com


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: