Universitas Prima Indonesia dan Taiwan Education Center Indonesia Jalin Kerjasama

Partnership terkait Studi dan Magang di Taiwan

Sabtu, 03 Desember 2022 08:51:05 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya





Pada hari Jumat, 2 Desember 2022 Universitas Prima Indonesia dan Taiwan Education Center (TEC) Indonesia menjalin kerjasama dengan mengadakan Seminar Beasiswa “Studi & Magang di Taiwan Tahun 2023” yang diadakan di kampus utama UNPRI, jalan Sampul 4 Medan.

Acara seminar mengundang pemakalah Manajer TEC, Tirta Amerta Effendi dan Asisten Manajer TEC, Putri Kartika Dewi untuk memaparkan mekanisme dan jenis-jenis beasiswa yang ditawarkan bagi mahasiswa Indonesia dari level sarjana, magister, dan doktoral. .

Acara diawali dengan kata sambutan dari Wakil Rektor III UNPRI, Said Rizal, SHi, MA. Dalam sambutannya, Said menyampaikan bahwa UNPRI merupakan universitas yang berkembang sangat pesat dan telah memiliki 8 Fakultas dengan 40 Program Studi. Dalam tahun ajaran 2022/2023, Said memaparkan bahwa UNPRI memperoleh 16.000 mahasiswa baru sehingga menunjukkan kemajuan yang membanggakan. Terkait perkembangan UNPRI di masa depan, Said mencanangkan agar UNPRI dapat menjalin kerjasama terkait international networking, secara khusus tersedianya beasiswa internasional bagi mahasiswa UNPRI.

Seluruh dekan maupun perwakilan wakil dekan dari delapan Fakultas di UNPRI menghadiri acara seminar, beserta perwakilan dari rektorat, kepala biro dan civitas akademica.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata dari TEC kepada UNPRI yang diwakili oleh WR III dan diteruskan dengan sesi foto bersama antara TEC dan perwakilan rektorat dan dekan di UNPRI.

Melalui pemaparan dalam acara seminar ini, Tirta menyampaikan bahwa TEC merupakan lembaga yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan (Ministry of Education/MOE) Taiwan, secara khusus bagian Taipei Economic and Trade Office (TETO) dengan Gedung pusat di Jakarta, Indonesia. TEC sendiri telah mempunyai 3 kantor cabang di Universitas Negeri Jakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan Universitas Airlangga, Surabaya. TEC merupakan organisasi non-profit yang mempromosikan berbagai program untuk studi di Taiwan, baik program dari MOE Taiwan maupun universitas secara khusus.

Perkuliahan maupun kegiatan magang/internship di Taiwan, tutur Putri menawarkan berbagai keuntungan, diantaranya kualitas akademik yang setara dengan negara Barat dengan harga yang lebih terjangkau, program bilingual yakni pemaparan materi dalam Bahasa Inggris dan/atau Mandarin dan fakta bahwa Taiwan merupakan pionir di bidang teknologi yang menawarkan banyak kesempatan kerja serta peluang untuk mengambil studi lanjut.

Lebih lanjut, pemilihan Taiwan sebagai destinasi untuk melanjutkan studi antara lain dikarenakan biaya hidup yang relatif terjangkau, universitas yang menyediakan asrama untuk mahasiswa dan pengalaman lintas budaya.

“Pada survei tahun 2022 ini tercatat ada 13.805 mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Taiwan,” ujar Putri

Melalui pemaparannya, Tirta mengemukakan beberapa peluang beasiswa baik bagi mahasiswa S1, S2 maupun S3 yang ditawarkan Kementerian Pendidikan Taiwan maupun universitas-universitas. Beberapa program tersebut antara lain: Taiwan Scholarship MOE program dengan pengantar Bahasa Inggris dan/atau Mandarin; Huayu Enrichment Scholarship, 6 bulan mempelajari Bahasa Mandarin secara langsung di Taiwan; Taiwan Experience Education Program (TEEP), program magang profesional jangka pendek dan juga program ICDF (International Cooperation and Development Fund) untuk mahasiswa Magister dan Doktoral.

Sesi pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada mahasiswa dan dosen UNPRI untuk mengetahui lebih lanjut informasi terkait beasiswa kuliah dan magang di Taiwan.

Setelah sesi foto bersama dengan seluruh peserta seminar, pihak TEC melanjutkan rangkaian acara melalui pertemuan dengan Rektor UNPRI, Prof. Dr. Chrismis Novalinda Ginting M.Kes dan founder UNPRI, Dr dr I Nyoman E.L MKes AIFM,


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: