Kerjasama dengan Kementrian BUMN

UNPRI sukses gelar BUMN Goes to Campus

Selasa, 31 Januari 2023 08:40:09 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya









Pada hari Senin, 31 Januari 2023, UNPRI bekerjasama dengan Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan PT Jasamarga sukses menggelar Acara "BUMN Goes to Campus" di kampus utama UNPRI, Jalan Sampul 4, Kota Medan.

Milenial adalah calon generasi pemimpin bangsa. Tangan-tangan mereka akan menjadi penentu masa depan Indonesia ke depannya. Fakta ini menjadi dasar Kementrian BUMN menyelenggarakan acara BUMN Goes to Campus untuk mendorong generasi muda, kaum milenial untuk turut berkontribusi membangun dan memajukan negeri dengan menjadi bagian dari insan BUMN.

Kementerian BUMN berupaya merancang program BGTC yang menarik dan sesuai dengan minat serta pengembangan bakat para mahasiswa. Beragam program atraktif turut dihadirkan seperti Inspring Talk dari Staf Khusus Menteri BUMN, CEO Talks, Magang & Vokasi Bersertifikasi, dan Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN. BUMN Goes to Campus bertujuan untuk memperkenalkan aktivitas dan transformasi Kementerian BUMN kepada mahasiswa, dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkarya di BUMN

Program BUMN Goes to Kampus selama ini lebih banyak dilaksanakan di kampus BUMN diseperti PLN/Pertamina/Telkom University dan BUMN mulai menjalin kerjasama dengan PTN maupun PTS di seluruh Indonesia, yang ditahun ini diawali di Provinsi Sumatera Utara, Kota Medan, di kampus Universitas Prima Indonesia.

Adapun BUMN Goes to Kampus di UNPRI dihadiri langsung oleh Arya Sinulingga (Staf Khusus III Menteri BUMN RI), Thomas Dwiatmanto (Direktur Utama PT Jasamarga Kualanamu Tol), LIeke Roosdianti (Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia), Mirza Nurul Handayani (Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya), Marshal Pribadi (CEO Privy Founder) dan Para Pimpinan dari 10 BUMN

Sedangkan jajaran Rektorat dan Direksi UNPRI yang menghadiri acara adalah Prof. Dr. dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes., AIFO-K.,AIFM.,Sp.KLLP, (founder UNPRI), Dr. Tommy Leonard, S.H.,M.Kn (Ketua BPH Yayasan Perguruan Tinggi Universitas Prima Indonesia), Rektor UNPRI, Prof Dr, Chrismis Novalinda Ginting, M.Kes, Penasehat UNPRI Prof. Dr. dr. Farhat, M.Ked (ORL-HNS), Sp. THT-KL (K) FICS, Para Wakil Dekan, Ketua Lembaga dan Kepala Biro, Para Dekan beserta seluruh jajarannya, dan civitas akademika UNPRI.

Adapun 10 Perusahaan BUMN yang hadir dan membuka booth di Universitas Prima Indonesia adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Kawasan Industri Medan, PT Angkasa Pura II, PT Indonesia Asahan Alumunium dan PT Pegadaian Perum Jasa Tirta I

Sekitar 1.200 mahasiswa menjadi peserta dalam kegiatan yang juga menyajikan 10 booth BUMN dan informasi tentang lowongan kerja itu.

Acara diawali dengan sambutan dari Rektor UNPRI,Prof Dr, Chrismis Novalinda Ginting, M.Kes. Dalam sambutannya, Chrismis menggarisbawahi bahwa di era digital ini, globalisasi dan kemajuan teknologi telah mendisrupsi nilai bisnis tenaga kerja dan digital supply bisnis sehingga dibutuhkan SDM yang kompeten. Untuk mempersiapkan dan memastikan kualitas lulusan yang inovatif dan bersaing, UNPRi terus berupaya inovatif dan menjawab tentangan melalui terciptanya kultur akademik, kolaborasi riset, kerjasama stakeholder dan pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan berwirausaha.

“Kami sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada UNPRI dan berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti ketika acara berakhir, tapi juga berharap dapat melaksanakan kerjasama dengan Perusahaan BUMN yang ikut berpartisipasi di kegiatan ini,” kata Rektor UNPRI Prof Dr Chrismis Novalinda Ginting M.Kes,

Sedangkan sesi inspiring Talk dengan pembicara Arya Sinulingga memaparkan prospek dan potensi kerja bagi kaum milenial dan fresh graduate di BUMN. Arya menjelaskan bahwa BUMN telah mewajibkan 10 % dari dewan direksi berasal dari kalangan millenial dengan 25 % prosentase karyawan adalah perempuan. Fenomena ini menegaskan komitmen BUMN untuk memberikan kesempatan dan kepemimpinan yang setara bagi kaum perempuan. Holding BUMN turut memberikan akses pendataan dan pendampingan UMKM ekonomi kerakyatan sesuai dengan visi ekonomi kreatif.

"Seperti UNPRI, rektornya perempuan, perempuan juga mampu memimpin dan mengelola sebuah institusi," tegas Arya

Lanjut lagi, selama ini masih terdapat stigma bahwa yang bisa berkarya di BUMN hanyalah lulusan dari fakultas ekonomi, walaupun kenyataannya BUMN mempunyai diversifikasi usaha seperti rumah sakit BUMN Pertamedika yang mengakomodasi lulusan dari Fakultas Kedokteran maupun Keperawatan.

Mengakhiri sesi sharing, Arya membicarakan bagaimana Indonesia di tahun 2045 harus siap menghadapi lima tren disrupsi global, yakni permasalahan geo-ekonomi, perubahan demografis, isu lingkungan, teknologi (non-konvensional) dan kesehatan. BUMN sendiri mempersiapkan kesempatan studi lanjut bagi 3500 karyawannya melalui kerjasama LPDP baik ke dalam maupun ke luar negeri

"Mahasiswa harus kompetitif, mampu bersaing, mampu melebihi yang lain, IPK tinggi dan kepintaran tidak menjamin. Mahasiswa harus punya karakter kuat dan kapasitas dalam hal tertentu. Kamampuan itu ada hard skill dan soft skill, soft skill seperti kemampuan kerjasama, komunikasi sosial, manajemen waktu dan networking adalah kunci kesuksesan," tips Arya kepada para mahasiswa UNPRI yang dengan antusias mengikuti sesi sharing.

Sedangkan sesi kedua BUMN goes to Campus adalah CEO talk yang mengundang direktur eksekutif FHCI, direktur utama PT Cinere Serpong Jaya dan CEO/Founder Privy. Acara dimoderatori oleh Ega Alami, S.Pd,M.Ak, tim stafsus menteri BUMN dan internal communication PT Bank Syariah Indonesia.Sesi CEO talk mengulas bagaimana proses seleksi di BUMN, tips dan trick untuk menjadi insan BUMN, sekaligus pengenalan dari tiap-tiap perusahaan yang dikelola oleh para pemateri.

Fokus dalam Forum Human Capital Indonesia adalah mengembangkan SDM bagi calon-calon karyawan/insan BUMN sesuai dengan visi AKHLAK (Amanah, Kompeten. Humanis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) yang dcanangkan Menteri BUMN, Erick Thohir. BUMN sendiri mempunyai 2 program unggulan untuk merekrut karyawan baru yakni (1) rekrutmen BUMN bersama pada bulan April 2023 dan (2) Program Magang Generasi sebagai salah satu program MBKM. BUMN mencanangkan salah satu core value adalah pengembangan karyawan dan pemberdayaan perempuan, dengan 29 % total karyawan adalah kaum perempuan dan 39 % merupakan milenial (dibawah 42 tahun)

"Salah satu bukti komitmen BUMN terhadap core value ini adalah persentasi karyawan muda sebagai direksi, program talent mobility dan kompetensi digital leadership," ujar Nurul

Sesi tanya jawab dilanjutkan dengan pemberian beasiswa dari PT Jasa Marga kepada Mahasiswa/i Berprestasi Universitas Prima Indonesia, yakni :

1. Yestinus Saragih (Sarjana Psikologi/Start Up Bimbel dan Galeri Lukisan)

2. Leni Wati Nazara (Sarjana Teknik Informatika/Start Up Chocolate Banana Crispy)

3. Ade Yowana Putri SP (Sarjana Manajemen/Start Up Rental Studio dan Makeup Room)

Acara BUMN goes to Campus dilanjutkan dengan kunjungan para mahasiswa ke masing-masing Booth dari 10 BUMN yang mengikuti acara di kampus UNPRI untuk menanyakan mekanisme lebih lanjut terkait proses rekruitmen BUMN.

Seorang mahasiswa UNPRI Fakultas Ekonomi, Frans Pardede mengatakan bahwa mahasiswa sangat memperoleh manfaat dari acara BUMN Goes to Kampus ini.

"Kami sebagai mahasiswa sangat terbuka wawasan tentang apa itu BUMN, apalagi banyak minat mahasiswa setelah menamatkan kuliah ingin bekerja di BUMN. Pastinya akan menambah banyak informasi tentang lowongan pekerjaan dan BUMN mana yang cocok dan sesuai dengan ilmu yang kami miliki. Semoga ke depannya saya bisa bekerja di BUMN," ucap Frans.

Di tempat terpisah Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn mengapresiasi Kementerian BUMN yang telah mengadakan Goes To Campus, yang berguna bagi seluruh sivitas akademika karena telah mendapatkan ilmu pengetahuan, sehingga membuka wawasan berpikir mengenai transformasi dan holding BUMN.

Ke depan, Tommy berharap UNPRI dapat membina kerjasama dengan berbagai perusahaan BUMN. “Kita sangat mendukung kegiatan ini dan yayasan terus mendorong agar UNPRI bisa melahirkan lulusan yang memiliki SDM berkualitas, berdaya saing dan berkompeten,” harap Tommy.


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: