Dukung Penuh MBKM, UNPRI - BPJS Ketenagakerjaan Resmi Jalin Kerjasama

Pelaksanaan Magang Bersertifikat

Kamis, 23 Februari 2023 14:47:56 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Sebagai upaya mencetak lulusan berkompeten, berdaya saing tinggi di industri, dan sebagai bukti konsistensi Universitas Prima Indonesia dalam menjalankan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), UNPRI kembali menambah kerjasama kemitraan, yaitu dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan membuka peluang Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau magang dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa UNPRI. Peluang tersebut semakin terbuka dengan adanya kerja sama antara UNPRI dengan BPJS Ketenagakerjaan melalui penandatanganan MoU yang berlangsung pada hari Rabu, 23 Februari 2023 di Seis Cafe & Public Space, Jalan Sei Silau 89c, Kota Medan.

Penandatanganan MoU ini terkait dengan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi di dalam pendidikan, penelitian terkait ketenagakerjaan, terutama melalui pengalaman langsung yang didapatkan mahasiswa sebagai calon pekerja yang masih menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Program magang merupakan salah satu langkah pengenalan awal mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja. Selain itu, magang diperlukan bagi mahasiswa untuk menambah portofolio yang diharapkan sehingga dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa mengenai situasi dan dunia kerja secara nyata. Praktik Kerja Lapangan turut menjadi salah satu kegiatan self-assessment bagi para mahasiswa untuk dapat mengukur kemampuan diri yang dicerminkan dari hasil penilaian selama berproses dalam magang.

Adapun pihak yang menghadiri acara dari pihak BPJS Ketenagakerjaan Medan Utara adalah:

1. Raden Harry Agung Cahya, selaku kepala kantor cabang BPJS Ketenagaraan Medan Utara.

2. Evi Wirdaningsih, selaku kepala bidang kepersertaan BPJS Ketenagaraan Medan Utara.

3. Risniar Aritonang, selaku account representative khusus BPJS Medan Utara

Sedangkan perwakilan rektorat Universitas Prima Indonesia adalah:

1. Dr. dr Ali Napiah Nasution, MKT,MKM,SpKKLP selalu Wakil Rektor IV UNPRI

2. Biro Kerjasama Universitas Prima Indonesia

Wakil Rektor IV UNPRI mengemukakan bahwa UNPRI mendukung penuh Program Perlindungan Jaminan Sosial bagi mahasiswa magang.

"Karena itu, dengan terjalinnya kerjasama antara BPJamsostek dengan Universitas Prima Indonesia, maka kami berkomitmen untuk memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi mahasiswa magang yang akan beraktifitas dimana pun lokasi mereka bekerja/magang," katanya, Selasa (21/3/2023).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Medan Utara, Raden Harry Agung Cahya, menjelaskan, Perjanjian Kerjasama ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian BPJamsostek dan Universitas Prima Indonesia dalam memberikan perlindungan sosial bagi para mahasiswa magang.

Adapun nantinya mahasiswa magang akan didaftarkan ke dalam dua program BPJamsostek yakni Perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

"Program Jaminan Kecelakaan Kerja ini, akan memberikan perlindungan kepada mahasiswa magang mulai dari pergi sampai dengan pulang dan beraktifitas di lokasi atau tempat kerja magang, serta memberikan santunan kematian pada saat risiko kerja bagi mahasiswa magang yang aktif," jelas Harry.

Harry pun berharap, sinergitas maupun kerjasama yang telah terbangun dengan baik dapat lebih ditingkatkan lagi di masa yang akan datang.

Berita disadur dari : https://medanbisnisdaily.com/


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: