Peran Aktif UNPRI dalam Tridharma Perguruan Tinggi : LPPM UNPRI Selenggarakan Sosialisasi Internal

Sosialisasi Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2023 (BIMA)

Selasa, 21 Maret 2023 10:24:34 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya





Sebagai bukti peran nyata Universitas Prima Indonesia (UNPRI) dalam mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi, terkhusus dalam hal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNPRI menyelenggarakan sosialisasi internal pada hari Selasa, 21 Maret 2023. Acara “Sosialisasi Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2023 (BIMA) tersebut digelar secara virtual melalui zoom meeting dan dipandu oleh Ketua LPPM UNPRI, Edy Fachrial, S.Si., M.Si., CIQAR. Acara dihadiri oleh perwakilan Dekan, Kepala Prodi, Kepala Biro/Lembaga, dan dosen tetap di Lingkungan Universitas Prima Indonesia.

Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu bagian tidak terpisahkan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional Pasal 20.

Penelitian di Perguruan Tinggi bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan meningkatkan kesejahteraan dan daya saing bangsa. Kemudian, Pengabdian kepada masyarakat di perguruan tinggi merupakan kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu, pengetahuan, teknologi untuk memajukan kesejahter- aan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dalam pemaparannya, Fachrial menjelaskan bahwa Jenis hibah penelitian merujuk kepada Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT), tingkat kondisi kematangan atau kesiapterapan hasil penelitian dan pengembangan teknologi yang diukur secara sistematis agar dapat digunakan oleh pengguna. Kemudian, untuk mempersiapkan akun dan proposal penelitian, peneliti wajib lebih dahulu melakukan sinkronisasi akun SINTA dan BIMA dan akan dipandu oleh tim LPPM.

Beranjak kepada skema Pengabdian Masyarakat (PKM), terdapat beberapa model skema penelitian hibah yakni pemberdayaan kemitraan masyarakat, skema pemberdayaan berbasis kewirausahaan, skema pemberdayaan berbasis wilayah dan skema pemberdayaan mitra vokasi. Penelitian ini diharapkan melibatkan tim peneliti yang multidisiplin dan kontribusi aktif mahasiswa.


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: