Sukseskan MBKM : UNPRI Laksanakan Sosialisasi Internal

Penerapan Magang MKBM di PT Perkebunan Nusantara IV

Jum'at, 24 Maret 2023 09:55:55 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Sebagai bukti nyata komitmen Universitas Prima Indonesia, untuk menjalankan seluruh program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbud, terkhusus dalam program flagship Magang, UNPRI menghelat sosialisasi internal pada hari Jumat, 24 Maret 2023. Sosialisasi “Penerapan Magang MBKM IV Batch I tahun 2023” ini dilaksanakan secara daring dengan platform zoom meeting.

Sosialisasi internal dihadiri oleh Wakil Rektor 1 UNPRI Bagian Akademik, Abdi Dharma, S.Kom, M.Kom, Pejabat Sementara (Pjs) Pusat Studi Akademik, Friska Ria Sitorus, S.Pd, M.Ed., P.hD, perwakilan Dekan, Kaprodi dan Sekretaris Prodi di lingkungan Universitas Prima Indonesia.

Dalam sambutannya, WR 1 UNPRI menyatakan kekaguman terkait antusiasme mahasiswa UNPRI mengikuti program magang di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV, Sumatra Utara. Hal ini dibuktikan dengan jumlah 200 mahasiswa yang mengikuti sosialisasi zoom meeting tersebut. Abdi Dharma yakin bahwa mahasiswa UNPRI merupakan generasi muda yang unggul, tangguh, dan berkomitmen penuh dalam melaksanakan program MBKM, terkhusus magang. Beliau menambahkan bahwa PTPN merupakan sebuah perusahaan besar yang tersebar di Indonesia, dan mendapat kesempatan magang di PTPN IV merupakan pengalaman yang luar biasa. Program magang di PTPN IV ini adalah program lanjutan dan untuk tahun 2023 ini merupakan batch pertama.

Permendikbud No. 3 Tahun 2022 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi menyatakan poin-poin yang wajib dipenuhi oleh perguruan tinggi, salah satunya adalah hak mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman di luar kampus. Adanya pengalaman langsung di dunia kerja diharapkan mampu memberikan pekerjaan yang layak bagi mahasiswa pasca kelulusan.

Selama proses magang, mahasiswa akan ditempa secara etika, moral, dan yang terpenting adalah etika berkehidupan sosial, interaksi dalam konteks dunia usaha dan industri. Lebih lanjut lagi, setelah proses magang terselesaikan dan mahasiswa mendapatkan sertifikat magang industri, tidak menutup kemungkinan akan direkrut sebagai pegawai tetap.

PTPN IV membuka kuota sebanyak 159 mahasiswa untuk program magang, dengan pembagian kuota sebagai berikut : jurusan teknik (20 mahasiswa), agroteknologi (75), hukum (27), akuntansi (27), dan 10 kuota dari jurusan manajemen/akuntansi, sistem informasi, desain grafis, peternakan, teknik mesin dan teknik pertanian.

Adapun fasilitas-fasilitas yang akan didapatkan mahasiswa selama magang antara lain ; kendaraan dari kantor PTPN IV ke lokasi magang, mentor sesuai bidang, uang saku dan BPJS kesehatan.

Sosialisasi program magang ini ditujukan untuk menarik minat mahasiswa sekaligus memberikan pemahaman sekilas terkait pelaksanaan program. Antusiasime mahasiswa UNPRI mengikuti sosialisasi ini diharapkan menjadi langkah awal bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan pengalaman langsung sebelum terjun ke dunia kerja.




Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: