Komitmen Terjaga : Peran Aktif UNPRI dalam MBKM Kampus Mengajar

Sosialisasi Internal Kampus Mengajar 6

Selasa, 09 Mei 2023 15:50:19 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Universitas Prima Indonesia (UNPRI) menunjukkan komitmen penuh dalam menjalankan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), secara khusus partisipasi aktif dalam program Kampus Mengajar yang telah mencapai 6 angkatan. Komitmen ini terlihat dari keseriusan dan dedikasi yang ditunjukkan oleh UNPRI dalam mendukung serta melaksanakan program ini secara efektif. Program MBKM Kampus Mengajar memiliki potensi besar untuk memberikan manfaat yang signifikan bagi mahasiswa, masyarakat, dan pendidikan di Indonesia. Dengan komitmen penuh, UNPRI berupaya untuk memastikan kesuksesan program ini dengan melibatkan semua pihak terkait di lingkungan kampus.

Pada tanggal 9 Mei 2023, Universitas Prima Indonesia mengadakan acara sosialisasi Program MBKM Kampus Mengajar 6 melalui virtual meeting Zoom. Acara tersebut diselenggarakan oleh Pusat Studi Akademik dan dipandu oleh Penanggung Jawab Sementara (PjS) Friska Ria Sitorus, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Dalam acara tersebut, sekitar 350 civitas akademika dari 8 Fakultas dan 43 Program Studi di Universitas Prima Indonesia ikut berpartisipasi secara daring.

Kampus Mengajar adalah sebuah inisiatif pendidikan yang dirancang untuk mendorong mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah-daerah terpencil atau kurang berkembang. Program ini merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh selama kuliah dalam konteks nyata. Mereka dapat membantu meningkatkan pembelajaran di sekolah dengan memberikan bantuan dalam mengajar, mengembangkan materi pembelajaran, atau mendukung kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, mahasiswa juga dapat berperan sebagai mentor atau pembimbing bagi siswa di daerah tersebut.

Kampus Mengajar 6 memberikan peluang bagi sekitar 21.500 mahasiswa dari level D3, D4/Sarjana Terapan dan S1/Sarjana dan 2150 Dosen sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Berbeda dari Kampus Mengajar sebelumnya, pada angkatan kali ini mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) selain SD dan SMP. Masa Pendaftaran dibuka sejak tanggal 8 sampai 28 Mei 2023 untuk mahasiswa semester 4 dan semester (akselerasi di UNPRI). Mahasiswa yang mengikuti KM 6 ini akan mendapat konversi 20 SKS.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari perwakilan mahasiswa ataupun dosen yang secara antusias mengikuti jalannya acara hingga selesai.


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: