Dosen dan Mahasiswa FE UNPRI Gelar Pengabdian ke Panti Asuhan Pelita Harapan

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Selasa, 30 Mei 2023 08:27:54 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya





Sejumlah Dosen Tetap Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ke Panti Asuhan Yayasan Pelita Harapan di Jln.Cangkir Medan, Kecamatan Medan Petisah, Minggu (28/5/2023).

Dosen Tetap FE UNPRI tersebut terdiri dari dua kelompok. Kelompok I terdiri dari Winda Sri Astuti Doloksaribu, SE, MSi NIDN: 0103028105 (Ketua) dengan anggota antara lain Purnama Yanti Purba, SE, M.M (0107118403), Esther Praja Anggriany Panggabean, SE, MSi (0111068201), Maisara Batubara, SE, MSi (0106058805), Devi Alvionita Alindra, S.S, M.Si (0101089101) dan Mangasi Butarbutar, SE, M.M (0101016316). Kelompok I ini menggelar PKM dengan tema “Sosialisasi Pengembangan Softskill”.

Mewakili Kelompok I, Mangasi Butarbutar SE,MM meminta kepada anak-anak penghuni Panti Asuhan Yayasan Pelita Harapan bahwa untuk sukses nanti kedepan tidak cukup hanya mengandalkan ijazah saja.

“Adek-adek harus menambah softskill atau kompetensi tambahan, seperti jujur, disiplin, bertanggungjawab, mampu bekerjasama dalam tim, kreatif, punya inisiatif, berpikir out of the box, berpikir kritis dan termasuk menguasai bahasa asing”,ujarnya.

Sementara itu, Esther Praja Anggriany Panggabean, SE, MSi, memberikan pelatihan kepada anak-anak Panti Asuhan Yayasan Pelita Harapan. Anak-anak dilatih bidang kerajinan, yaitu mendaur ulang botol bekas air minum mineral menjadi tempat pensil dan celengan yang menarik, bahkan bisa dijual untuk menambah jajan dan membeli peralatan sekolah lainnya.

Sambil melatih anak-anak membuat kerajinan tempat pensil dan celengan, Esther juga memberikan edukasi kepada anak-anak soal penggunaan benda tajam seperti gunting dan cutter, supaya ditemani dan diawasi anak remaja yang lebih dewasa.

Sementara itu, Kelompok II terdiri dari Rahmat Alamsyah SP.MSi (Ketua), dengan anggota Ninta Katharina SE M.Si (0122087801), Agus Tina,S.Ak.,M.Ak.,BKP. (0128088303), Lidya Natalia Pasaribu,S.Ak.,M.M (0118109401), Kristi Endah Ndilosa Ginting, SE., MM (0108038903) dan Afriza Amir, S.E.,M.Si (0115109001). Kelompok II ini menggelar PKM dengan tema “Sosialisasi Penggunaan Gadget”.

Mewakili Kelompok II, Kristi Endah Ndilosa Ginting, SE., MM meminta anak-anak Panti Asuhan Yayasan Pelita Harapan agar cerdas dan tetap berhati-hati menggunakan gadget.“Penggunaan gadget itu punya dampak positif dan negatif. Pelajari penggunaan gadget untuk digitalisasi yang positif misalnya untuk pembelajaran dan Iptek, gunakan untuk berkomunikasi dengan baik sesuai koridor, sesuai batas-batas yang wajar. Hindari penggunaan negatif gadget, seperti bully membuly, hoaks, ujaran kebenciandan fitnah. Jangan sampai melanggar UU ITE”,tegasnya.

Selain menggelar sosialisasi pengembangan softskill dan gadget, kedua kelompok dosen dimaksud juga memberikan bantuan sembako kepada anak-anak Panti Asuhan Yayasan Pelita Harapan, yang diwakili Pemimpin Panti Asuhan April Giawa.

Di sela-sela PKM dua kelompok Dosen tetap FE UNPRI tersebut, sejumlah mahasiswa FE UNPRI yang tergabung dalam Spreading Happiness bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) juga menggelar MBKM Proyek Kemanusiaan.Kelompok mahasiswa MBKM tersebut memberikan bantuan sembako berupa beras, gula, minyak goreng, kue-kuean, telur, mie instan, pakaian bekas layak pakai dan sumbangan lainnya.

Usai makan siang bersama, mahasiswa MBKM ini juga mengajak anak-anak panti bernyanyi bersama serta bermain games, diantaranya tebak gambar, tebak objek, susun kata, dongeng bertajuk “Harimau dan Kancil”.

“Selain memberikan bantuan sembako, kami ingin menyebarkan kegembiraan kepada anak-anak panti ini lewat nyanyi bersama dan main games. Bahkan mereka juga menghibur kami mahasiswa dan dosen lainnya dengan lagu-lagu persembahan dari mereka. Kami senang anak-anak panti ini menyambut kehadiran kita dengan sukacita”,ujar Calvin Hutagalung sebagai coordinator mahasiswa MBKM.

Di akhir acara, Pimpinan Panti Asuhan Yayasan Pelita Harapan, April Giawa, menyampaikan terimakasih kepada dosen dan mahasiswa yang sudah datang dan memberikan bantuan.

“Selama ini komunitas masyarakat yang datang ke tempat ini hanya memberikan bantuan, dan jarang menghibur anak-anak kami ini seperti bermain games dan melatih kerajinan tangan. Semoga bapak ibu dan mahasiswa MBKM FE Unpri Medan diberikan kesehatan, kelancaran dan kesuksesan. Tuhan memberkati segala apa yang bapak ibu kerjakan”,pungkasnya.



Berita disadur dari : kampusmedan.com


Berita Seputar Ekonomi:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: