PERESMIAN PUSAT PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PRIMA

Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi & Mulut FKG UNPRI Akan Dijadikan Pusat Rujukan di Kota Medan

Senin, 19 Maret 2012 13:20:10 | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Wali Kota Medan Rahudman Harahap menyambut baik dibukanya Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Prima sebagai Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Prima Indonesia (Unpri), dan diharapkan ke depan bisa menjadi pusat rujukan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang terbaik di Kota Medan.

Hal tersebut dikatakan Wali Kota Medan dalam sambutannya yang dibacakan drg. Johanna S, M.Kes dari Dinas Kesehatan Kota Medan dalam acara Soft Opening Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut FKG Unpri di Jl. Pabrik Tenun Medan, Senin (5/3). Hadir dalam acara terebut Pembina, dr. I Nyoman Ehrich Lister, MKes, AIFM, Ketua BPH Unpri Tommy Leonard, SH, MKn, Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI, DAAK, Dekan FKG Prof. drg. Monang Panjaitan, MS, Dekan Fakultas Kedokteran Unpri dr. Firman Sitepu, SpA, Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut-Aceh Prof. Ir. M Nawawiy Loebis, M.Phil, PhD, Dekan FKG USU Prof. drg. Nazruddin, SpOR, PhD, Sekretaris Dinkes Sumut drg. Wahid Khusairi, MM, dan para undangan lainnya.

Wali kota juga mengatakan, selain menjadi pusat rujukan pelayanan kesehatan gigi dan mulut bagi puskesmas yang ada di Medan, Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Prima ini dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat luas. Begitu juga bagi dunia pendidikan, klinik tersebut dapat dimanfaatkan bagi mahasiswa FKG Unpri sendiri sebagai tempat belajar dan tempat praktek.

Direktur Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut FKG Unpri drg. Mellisa Sim mengatakan, tempat tersebut nantinya akan dijadikan sebagai pusat pendidikan, penelitian, pelayanan dan pengabdian masyarakat, serta mampu mengembangkan kemandirian ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi agar dapat bersaing di era globalisasi. "Selain itu juga untuk meningkatkan kompetensi dari para lulusan kedokteran gigi Unpri," ujarnya.

Ke depannya, kata Mellisa Sim, pusat pelayanan tersebut akan dikembangkan menjadi rumah sakit gigi dan mulut. Saat ini pihaknya sedang mengadakan kerjasama-kerjasama dengan lembaga kesehatan lain baik di dalam negeri dengan beragai organisasi profesi dengan membuat seminar atau program pendidikan berkelanjutan, maupun di luar negeri seperti dengan Taiwan.

Sementara itu, Dekan FKG Unpri Prof. Monang Panjaitan mengatakan, dibukanya Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Prima ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat tentang pelayanan kesehatan gigi dan mulut. "Berdasarkan survei bahwa 80-85 persen, masyarakat di Kota Medan maupun Sumut menderita gigi berlubang. Dengan adanya pusat pelayanan kesehatan gigi dan mulut ini, berarti turut membantu pemerintah meningkatkan kesehatan masyarakat terutama gigi dan mulut," ujarnya.

Prof. Monang mengatakan, pusat pelayanan tersebut bisa menjadi rujukan bagi puskesmas maupun praktek-praktek pribadi, karena Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Prima memiliki pelayanan spesialistik dengan peralatan yang lengkap dan modern seperti alat rongent, dokter spesialis lengkap seperti spesialis gigi dan mulut, spesialis bedah, spesialis anak, spesialis ortodonti, spesialis penambalan gigi dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut-Aceh Prof. Nawawiy Loebis mengaku bangga dengan Unpri yang memiliki komitmen dalam menambah fasilitas kampus. Hal ini, katanya, akan semakin menguatkan kualitas Fakultas Kedokteran Gigi Unpri dan juga lulusan dari perguruan tinggi tersebut. P10

drg. Johanna S dari Dinkes Kota Medan mewakili wali kota didampingi Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut-Aceh dan Pembina, meninjau salah satu ruangan pemeriksaan kesehatan gigi di Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Prima, di Jl. Pabrik Tenun Medan, Senin (5/3).


Berita Seputar Kedokteran Gigi:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: