RUMAH SAKIT ROYAL PRIMA

Rumah Sakit Pendidikan Milik Sendiri (Mandiri) Tempat Praktek Mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia

Minggu, 07 April 2013 23:57:05 oleh Abdi Dharma | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Rumah Sakit Pendidikan Royal Prima

"Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia merupakan Fakultas Kedokteran swasta satu - satunya di Sumatera Utara yang memiliki rumah sakit pendidikan milik sendiri (mandiri)", hal ini disampaikan oleh Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Prima Indonesia (Unpri) dr. Yahwardiah Siregar, PhD.

Dekan FK Unpri dr. Yahwardiah Siregar, PhD, mengatakan bahwa Rumah Sakit Pendidikan FK UNPRI yang berdiri satu area tepatnya disamping gedung FK Unpri ini, dengan tinggi 14 lantai, berkapasitas 250 bed, dengan fasilitas 6 Ruang Operasi, Ruang I.C.U, Ruang I.C.C.U, Ruang N.I.C.U, Ruang P.I.C.U, Ruang H.D.U, Radiologi (CT Scan 128 slices, Digital X-Ray, Mammography, Mobile X-Ray, USG 4D, Echo Cardiography), Hemodialisa, Cath Lab, IGD, Ruang Bersalin, Ruang Bayi Sehat, Ruang Bayi Sakit, Endoscopy, Cardiac Stress Test, Ruang Anak, 32 Poliklinik Spesialis dan Sub Spesialis, Fasilitas Rehabmedik, Apotik, Cafetaria, Laboratorium, Perpustakaan Mahasiswa, Ruang seminar, Ruang COASS, Helipad (Landasan Helikopter), dan 24 Kamar penginapan (Wisma Tamu).

Dengan fasilitas yang sangat lengkap, Rumah Sakit Pendidikan FK UNPRI akan menjadi rumah sakit utama tempat praktek mahasiswa/i FK Unpri dan menjadi Fakultas Kedokteran swasta pertama di Sumatera Utara yang mendirikan rumah sakit pendidikan bertaraf internasional, dr. Yahwardiah Siregar, PhD, menambahkan, "Rumah sakit ini akan berfungsi penuh sebagai rumah sakit pendidikan, pelayanan masyarakat, dan penelitian".

Hal senada disampaikan oleh direktur Rumah Sakit Pendidikan FK Unpri (RS Royal Prima) dr. Deli Theo, SpPK, MARS, bahwa dengan berdirinya Rumah Sakit Pendidikan FK UNPRI akan menciptakan lulusan dokter yang bermutu dan memiliki ketrampilan yang tinggi, karena mahasiswa/i FK Unpri dididik dengan metode "early clinical exposure", salah satu metode pembelajaran dimana mahasiswa dikenalkan pada kondisi klinik secara dini sesuai blok dan materi yang sedang dijalankan, dan sistem pembelajaran yang komprehensif antara teori dan praktek.

Dari sisi akademis dr. Yahwardiah Siregar, PhD, menyampaikan FK Unpri memfokuskan pada penyakit tropis, khususnya infeksi jamur sistemik yang pendeteksian/pembuktiannya dilakukan melalui analisa DNA.

Infeksi jamur yang sifatnya sistemik pada organ - organ tubuh manusia (bukan infeksi di kulit), tidak mudah diketahui karena ada kalanya gejalanya tidak spesisfik, tetapi bisa dibuktikan dengan metode laboratorium terhadap DNA/RNA dari jamur tersebut.

Dengan demikian para mahasiswa/i akan diberi pemahaman bagaimana peran teknologi masa kini yaitu, membuktikan penyakit (Evident Based) dari DNA atau RNA, dan melaksanakan praktikum tentang hal tersebut.

dr. Yahwardiah Siregar, PhD, menambahkan keunggulan FK Unpri adalah lokasi kampus yang strategis, ruang Kelas, dan ruang diskusi yang dilengkapi dengan AC, dan proyektor setiap ruangnya. FK Unpri memiliki perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap, laboratium komputer, laboratorium bahasa, dan memiliki berbagai laboratorium antara lain: Laboratorium Ilmu Kedokteran Dasar (Anatomi, Histologi, Patologi Anatomi, Fisiologi, Mikrobiologi, Parasitologi, Biokimia, Patologi Klinik), dan Laboratorium Keterampilan Klinik (Clinical Skill Lab). Fakultas Kedokteran Unpri telah Terakreditasi BAN-PT dan saat ini telah bekerjasama dengan Kaohsiung Veterans General Hospital Taiwan sehingga lulusan FK Unpri dapat dikirim ke rumah sakit tersebut untuk melanjutkan pendidikan spesialis. Tahun 2013 FK Unpri akan menghasilkan alumni dokter sebanyak 20 orang.

Dan lanjut Yahwardiah, "FK Unpri telah membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru T.A 2013/2014 melalui dua jalur, yaitu jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) serta jalur Reguler, tempat pendaftaran dilaksanakan di Kampus I Unpri jalan Ayahanda nomor 68 A Medan".


Berita Seputar Kedokteran:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: