Seminar Psikologi

Dekan Fakultas Psikologi USU Zulkarnain, Ph.D., Psikolog

Rabu, 08 Mei 2019 14:37:23 oleh Abdi Dharma | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Dekan Fakultas Psikologi Bapak Zulkarnain, Ph.D., Psikolog merupakan pembicara utama dalam seminar peningkatan publikasi Psikologi yang diselenggarakan pada Sabtu, 13 April 2019 dalam rangkaian kegiatan Seminar Prima (Semar Unpri). Beliau memaparkan perihal yang menjadi hambatan dalam riset penelitian maupun pengabdian Psikologi, sekaligus juga membagi pengetahuan tentang upaya yang dapat dilakukan untuk menjawab hambatan tersebut dengan meningkatkan daya saing penelitian. Beliau menyampaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan terjadinya revolusi 4,0 yang selanjutnya menuntun kepada perkembangan kreativitas dan inovasi.

Menurut beliau juga penelitian menjadi kebutuhan pokok serta berperan krusial dan strategis dalam pembentukan kualitas akademik, pencitraan dan reputasi akademik, kebesaran dan keberlanjutan suatu perguruan tinggi dalam percaturan persaingan antar perguruan tinggi.

Permasalahan klasik yang kerap terjadi adalah kesulitan mencari literatur, dana yang terbata, tidak terbiasanya menulis karya ilmiah, serta kurang adanya ketertarikan dalam riset. Secara spesifik hambatan atau kendala-kendala dalam penelitian atau tugas akhir mahasiswa terbagi atas kendala internal dan eksternal. Kendala internal dikarenakan malas, motivasi rendah, takut bertemu dosen pembimbing, serta sulit menyesuaikan diri, dan kendala eksternal disebabkan masalah waktu bimbingan. Secara umum, kendala dalam penelitian adalah karena kebiasaan tidak melakukan penelitian, takut gagal, pesimis, apatis, sudah puas diri, tidak tahu informasi, dan atmosfir akademik yang tidak kondusif.


Berita Seputar Psikologi:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: