FK UNPRI YUDISIUM

Sebanyak 98 Sarjana Kedokteran Unpri Diyudisium

Rabu, 04 November 2015 10:11:59 oleh Bayu Angga Wijaya | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Wajah-wajah ceria tampak menghiasi raut muka 98 peserta yudisium Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Prima Indonesia (Unpri), Rabu (8/4) yang merupakan yudisium profesi dokter angkatan ke-IV. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Serba Guna Lantai 5, Rumah Sakit Royal Prima Jalan Ayahanda Medan.

Acara Yudisium Sarjana Kedokteran Angkatan IV FK Unpri tersebut, dihadiri Ketua Pembina Unpri, dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes., AIFM., Ketua BPH Unpri, Dr.Tommy Leonard, S.H., M.Kn., Rektor Unpri, Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI., DAAK., Dekan FK Unpri, dr. H. Yulitas Bachtiar, Sp.A, Wakil Dekan I FK Unpri dr. Ali Napiah Nasution, Pembantu Rektor II, Ermi Girsang, SKM, M.Kes., dan para dosen FK Unpri.

Ketua Pembina Unpri, dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes., AIFM, menyampaikan selamat kepada para dokter muda, yang baru dilantik dan terima kasih pada rektor dan jajarannya yang telah bekerja sama, yang ikut membantu kelancaran proses belajar mengajar di FK Unpri.

dr. I Nyoman mengatakan, 98 Sarjana Kedokteran ini, akan dikirim ke empat RS yakni ke RS Bayangkara, RS Jiwa, RS Zulham Binjai dan RS Royal Prima, untuk mengikuti Koas (Pendidikan Profesi Dokter Umum). Perlu diketahui, di tahap Koas, yang paling diutamakan adalah etika.

Pada kesempatan yang sama, dr. I Nyoman berpesan, agar dokter muda yang ditempatkan di RS tersebut, dalam menjalani Koas harus menjaga sopan santun dan etika, serta menjaga nama baik FK Unpri.

Disebutkan dr. I Nyoman juga, bahwa FK Unpri, satu-satunya Fakultas Kedokteran Swasta di Sumut yang memiliki Rumah Sakit Pendidikan milik sendiri (mandiri) yang terus melahirkan sarjana - sarjana kedokteran yang siap terjun mengabdi di masyarakat.

"Semua apa yang dilakukan saat koas, harus berada dibawah supervisi dokter pembimbing. Namun dibalik itu dokter muda pun dituntut untuk memiliki profesionalisme layaknya dokter mandiri", ucapnya, seraya berpesan, agar para dokter muda juga berhati-hati saat menyuntik pasien, agar jarum suntik tidak mengenai tangan.

Sementara itu, Dekan FK Unpri dr. H. Yulitas Bachtiar, Sp.A menambahkan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui ketika seorang mahasiswa kedokteran ingin menyelesaikan studinya untuk mendapatkan gelar dokter.

Tahap yang pertama kata dr. Yulitas adalah tahap penyesaian Strata 1, Sarjana Kedokteran. Kemudian tahapan kedua adalah tahapan Kepaniteraan Klinik di Rumah Sakit Pendidikan, untuk mendapatkan gelar profesi dokter. "Mudah-mudahan para dokter muda yang disematkan pada hari ini, dapat menjadi dokter-dokter yang berdedikasi dan penuh tanggung jawab kelak dan dapat mengharumkan nama FK Unpri", katanya.

Rektor Unpri Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI., DAAK., saat memberikan kata sambutan dalam acara yudisium Fakultas Kedokteran Unpri.


Berita Seputar Kedokteran:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: