KULIAH UMUM DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNPRI

Professor Takashi Yashiro MD PhD Kuliah Umum di FK Unpri

Selasa, 10 April 2012 07:17:04 | berita sebelumnya | berita selanjutnya

MEDAN : Ahli Anatomi terkenal asal Jepang Professor Takashi Yashiro MD PhD, memberikan kuliah umum pada mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Prima Indonesia (Unpri) Jalan Sekip Medan, Selasa (3/4).

Pada kuliah umum tersebut, Professor Takashi Yashiro memaparkan mengenai ''Funcional Celluler and Struktural Morpholoy of Endocrine Organs' and 'Morphological Methods For Cell and Tissue Observation- Confocal Leser Microscopy and Electron Microscopy'.

Pada kesempatan itu, Professor Takashi Yashiro menjelaskan tentang kemajuan-kemajuan terakhir ilmu-ilmu dasar kedokteran yang sangat erat hubungannya dengan ilmu-ilmu klinik.

Dia melihat bagaimana fungsi ilmu anatomi yang sangat penting diketahui untuk pekerjaan-pekerjaan di Klinik. Dari fungsi anatomi yang dilihat, katanya, sangat menentukan pengobatan klinik. "Jadi dasar pengetahuan anatomi ini sangat penting untuk menentukan pengobatan,"tegasnya lagi.

Menurutnya, ilmu anatomi itu tidaklah sulit untuk dipelajari. Sepanjang ada kemauan. Bedanya, di Jepang sudah memakai teknologi yang lebih maju.

Dia menjelaskan bagaimana fakultas kedokteran di Jepang yang sangat terbuka untuk mahasiswa Unpri untuk mendapatkan mahasiswa di fakultas kedokteran. Sehubungan dengan ini, Professor Takashi Yashiro memberikan kesempatan kepada mahasiswa Unpri untuk bisa melanjutkan pendidikan ke Jepang dengan syarat harus fasih berbahasa Inggris.

Disela-sela kuliah umum tersebut, Professor Takashi Yashiro menyatakan, FK Unpri sangat menjanjikan. Dia juga melihat bahwa FK Unpri mempunyai beberapa fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung. Dan, dia menyebutkan, akan melihat langsung Rumah Sakit (RS) yang sedang dibangun Unpri.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Unpri Firman Sitepu Sp A, mengatakan, kuliah umum tersebut merupakan dorongan atau semangat bagi mahasiswa Unpri untuk belajar lebih giat lagi.

Diantara dosen-dosen FK Unpri, ada yang sudah diterima kuliah di Jepang. "Untuk saat ini sudah dua dosen yang kami kirim belajar ke Jepang. Dan, dua kandidat lagi akan menyusul," katanya meyakinkan.

Dia menambahkan, di FK Unpri ini juga sudah ada ahli anatomi.

Dikesempatan yang sama pula, Firman Sitepu mengharapkan, agar mahasiswa FK Unpri terpacu semangatnya untuk belajar, bukan saja di dalam negeri, tapi belajar ke luar negeri. Dengan demikian mutu dokter yang dihasilkan akan lebih baik.

Pada kuliah umum itu juga, turut hadir Prof. Edison Munaf atase pendidikan di Jepang. Kedatangannya ke Unpri bersama rombongan dua Professor dari Jepang.

Dihadapan mahasiswa FK Unpri Prof. Edison Munaf memberikan semangat giat belajar. Dia menyebutkan, untuk belajar ke luar negeri harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Professor Takashi Yashiro MD PhD sedang memberikan kuliah umum pada puluhan mahasiswa FK Unpri di Jalan Sekip Medan, Selasa (3/4)


Berita Seputar Kedokteran:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: