FK & FKG UNPRI BEKERJASAMA DENGAN KAOHSIUNG VETERANS GENERAL HOSPITAL TAIWAN & ASIA PACIFIC DENTAL FEDERATION

Studium Generale UNPRI-I: Bahas Berbagai Jenis Penyakit, UNPRI Hadirkan Tujuh Dokter Pakar dari Taiwan, Singapura dan Indonesia.

Senin, 11 Maret 2013 07:59:29 oleh Abdi Dharma | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Pembina, dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes, AIFM; Ketua BPH UNPRI, Tommy Leonard, SH, MKn; Rektor UNPRI, Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI, DAAK; Dekan FK UNPRI, dr. Yahwardiah Siregar, PhD; dr. Fioni, dan drg. Floren Ly, MHSM, MPH foto bersama dengan dokter pakar dari Kaohsiung Veterans General Hospital Taiwan dan Secretary General Asia Pacific Dental Federation / Asia Pacific Regional Organisation (APDF/APRO), Dr. Oliver Hennedige.

Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) menghadirkan tujuh dokter pakar dibidangnya dalam acara Studium Generale UNPRI-I untuk membahas perkembangan ilmu di bidang Kedokteran dan Kedokteran Gigi di dunia saat ini dan masa mendatang. Acara dilaksanakan pada hari minggu, 10 Maret 2013, dibuka langsung oleh Dekan FK-UNPRI, dr. Yahwardiah Siregar, PhD. Turut hadir dalam acara tersebut, Pembina, dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes, AIFM; Ketua BPH UNPRI, Tommy Leonard, SH, MKn; Direktur Hubungan Internasional, dr. Fioni; Direktur Pengembangan dan Aliansi, drg. Floren Ly, MHSM, MPH; Rektor UNPRI, Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI, DAAK; Wakil Rektor II, Ermi Girsang, SKM, M.Kes; Kepala Humas UNPRI; dan Ketua panitia acara, drg. Molek, MM.

Setelah acara pembukaan, Pembina, dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes, AIFM, menyerahkan plakat apresiasi kepada Superintendent Kaohsiung Veterans General Hospital Taiwan, Dr. Huang Jung-King, MD, PhD, yang diwakili oleh Prof. Albert Hsieh, DDS, atas dukungan dan kerjasama yang baik selama ini.

Diskusi pertama dimulai oleh dokter spesialis anak dengan sub spesialisasi bedah jantung anak, Dr. Hsieh Kai-Sheng, dari Kaohsiung Veterans General Hospital Taiwan. Beliau membahas tentang “Therapeutic Interventional Cardiac Catheterization in Children Structural Heart Disease”.

Dilanjutkan oleh dokter spesialis jantung dari rumah sakit yang sama, Dr. Chiou Chun-Wang, menyampaikan tentang “Management of Hypertension – an Update”. Dr. Chiou memaparkan guideline terapi obat untuk penatalaksanaan tekanan darah tinggi dan penanganan alternative penyakit kronis yang banyak diderita masyarakat saat ini.

Selanjutnya, Dr. Oliver Hennedige, Secretary General Asia Pacific Dental Federation / Asia Pacific Regional Organisation (APDF/APRO) yang juga merupakan Executive Director International College of Continuing Dental Education (ICCDE) dan Diplomat International Academy of Mini Dental Implants, membawakan topik “Mini Implants in Dentistry”. Beliau membahas perkembangan pesat dibidang mini implants dan diskusi kasus-kasus yang dapat ditangani dengan mini implants dalam bidang kedokteran gigi.

Prof. Dr. Albert Hsieh, dokter spesialis bidang implant, periodontics dan prosthodontics Kaohsiung Veterans General Hospital Taiwan, melanjutkan pembahasan dibidang implant dengan topic “Implantation from Single to Complicate, from Esthetic to Fully Function”. Beliau memaparkan penanganan kasus bedah implant dengan berbagai teknik penyederhanaan namun berpegang pada standar operasional yang seharusnya dikuasai para dokter gigi yang berminat melakukan implantasi gigi terhadap pasiennya.

Pada acara tersebut, Dr. dr. Umar Zein, DTM&H, SpPD, yang juga menjabat ketua MEU FK-UNPRI menyampaikan isu - isu terbaru tentang sosialisasi dan penanggulangan HIV/AIDS dengan topik “Current Issues in HIV/AIDS”. Beliau memulai dengan pemaparan epidemiologi penyakit tersebut di Sumatera Utara, khususnya di kota Medan yang diperkirakan mencapai dua ribu lebih penderita. Usia penderita berkisar antara 19 – 40 tahun, dengan persentase lebih tinggi pada jender laki-laki. Terdapat kecenderungan peningkatan incidence ratio pada gender perempuan dalam dekade ini. Risiko penularan melalui hubungan seksual dan penggunaan jarum suntik pada pengguna narkoba. Beliau juga membahas tentang perbandingan pola penanganan penyakit tersebut di berbagai negara termasuk di Indonesia, serta pentingnya penanganan dini untuk mencegah penularan penyakit infeksi tersebut. Diperlukan pemeriksaan rutin dan kerjasama yang baik sehingga penanggulangan penyakit terlaksana dengan efisien dan tepat waktu.

Sesi berikutnya dibawakan oleh Dr. Liou Wen-Shiung, Director of Cancer Center dari Kaohsiung Veterans General Hospital Taiwan yang berdiskusi tentang perkembangan perawatan kanker ovarium pada wanita. Beliau membawakan topik menarik yang banyak ditemui pada wanita dewasa, “Recent Advances in Ovarian Cancer Treatment”.

Diakhir acara studium generale ini, Dr. Tony Wu, ahli bedah dari Kaohsiung Veterans General Hospital Taiwan membahas kanker prostat yang diderita laki-laki, dengan topik “Benign Prostate Hyperplasia & Prostate Cancer”. Beliau membeberkan prosedur diagnosa dan perawatan dari benign prostate hyperplasia dan adenocarcinoma of prostate secara detail sampai opsi perawatan dan prosedur pembedahan.

Acara ini ditutup oleh Dekan FKG-UNPRI, Prof. Dr. drg. Monang Panjaitan, MS, MA dan diakhiri dengan foto bersama dokter pakar, didampingi para moderator, Prof. dr. Anthony Tan, MPH dan drg. Mellisa, serta panitia acara studium generale ini.


Berita Seputar Kedokteran, Kedokteran Gigi:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: