Teknik Industri Unpri Sukses Selenggarakan Webinar Japan’s 5S

Senin, 21 Desember 2020 11:03:48 oleh Mesrawati | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Prima Indonesia (Unpri) terus melakukan inovasi untuk menunjang kreativitas mahasiswanya.

Kali ini Program Studi Teknik Industri (TI) FTIK, menyelenggarakan kegiatan webinar secara virtual mengangkat tema “Japan’s 5S: The Way to Success”, Sabtu (19/12/2020).

Kegiatan webinar pertama kali Program Teknik Industri ini dibuka Dekan TI FTIK Unpri Mardi Turnip SKom MKom. Tampil sebagai pembicara dari praktisi-praktisi dan trainer di bidang logistik dan manufaktur terkait 5S.

Dekan TI FTIK Unpri Mardi Turnip SKom MKom, dalam sambutannya mengatakan pada Webinar ini memaparkan aplikasi 5S yang diadopsi dari Jepang untuk pengaturan tempat kerja yang lebih baik dan berkelanjutan. Tema ini diangkat sehubungan dengan banyaknya dipakai oleh perusahaan-perusahaan di dunia dalam rangka perbaikan kinerja yang berkelanjutan.

Uniknya, tandas dekan, metode ini juga dapat dipakai oleh masyarakat awam. Webinar kali ini diikuti oleh 250 peserta dari seluruh Indonesia yang terdiri dari dosen, mahasiswa, pengusaha, hingga siswa dan masyarakat umum.

Dalam webinar ini, panitia merupakan gabungan dari dosen dan mahasiswa dengan Ketua Pengarah dari Ketua Program Studi Teknik Industri Anita Christine Sembiring, ST MT dan Ketua Organizing dari mahasiswa Anthony.

Pembicara pertama, Kamaluddin salah seorang praktisi dan trainer di bidang 5S yang menjadi salah satu pembicara, dalam makalahnya memaparkan teori dan aplikasi 5S di bidang manufaktur. Kamaluddin juga pernah mendapatkan pelatihan 5S langsung dari. Dirinyajuga aktif dalam berbagai pelatihan dan memiliki sertifikat profesi di bidang Contractor Safety Management dan Energy Management.

Selain pembicara pertama yang merupakan praktisi 5S di bidang manufaktur, pembicara kedua William memaparkan aplikasi dan tips-tips seputar aplikasi 5S di bidang logistic, terutama di pergudangan.

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan panitia, rata-rata peserta memberikan respon sangat baik. Hal itu dari jawaban-jawaban agar dapat diadakan kembali lebih sering, waktunya lebih penjang, pada pilihan waktu yang berbeda, interaktif, dan pematerinya agar dapat ditambah. Hal tersebut menjadi apresiasi yang sangat spesial bagi seluruh panitia webinar.

Ketua Pengarah Anita Christine Sembiring ST MT berharap dengan kegiatan webinar ini, mahasiswa menjadi lebih percaya diri, dalam mengadakan sebuah webinar yang dihadiri peserta dari seluruh Indonesia. Disamping itu kegiatan ini juga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat umum mengenai aplikasi 5S yang cukup sederhana untuk pengaturan tempat kerja yang lebih baik dan sustainable di masing-masing peserta.

“Kami memang berharap dengan panitia pelaksana dipilih dari mahasiswa, juga dapat memberikan sumbangan kreativitas mereka pada kegiatan yang dilakukan,” ujar Irwan, salah seorang anggota pengarah


Berita Seputar Teknik ilmu Komputer:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: