FKKGIK UNPRI Pengabdian Masyarakat Sosialisasi E-SISMAL di Puskesmas Labuhanbatu

Pengelolaan Surveilans Malaria dengan Aplikasi E-SISMAL

Jum'at, 21 Oktober 2022 14:09:16 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan (FKKGIK) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Program Studi (Prodi) Magister Kesehatan Masyarakat (MKM) menggelar pengabdian masyarakat Sosialisasi Pengelolaan Aplikasi Elektronik Sistem Informasi Surveilans Malaria (E-Sismal) kepada petugas kesehatan di Dinas Kesehatan Labuhanbatu.

Kegiatan dibuka Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Rahmat Hasibuan, SKM di Ruang Rapat Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu, H. Kamal Ilham,SKM, MM, pejabat fungsional Dinas Kesehatan, pengelola program malaria dari puskesmas se-Kabupaten Labuhanbatu serta narasumber Mastiur Nainggolan, SKM dan Lamhot Horasmantua Sigiro dari Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu dan dosen pembimbing dari FKKGIK UNPRI dr. Sri Lestari Ramadhani Nasution, M.K.M, M. Biomed.

Kepala Bidang P2P Dinkes Kabupaten Labuhanbatu Rahmat Hasibuan menjelaskan, tujuan kegiatan tersebut merupakan bagian implementasi nilai Tridarma Perguruan Tinggi dan salah satu bentuk dukungan dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan petugas malaria dalam pengelolaan surveilans malaria dengan menggunakan aplikasi e-SISMAL.

“Sebagai informasi, Sistem Informasi Malaria (SISMAL) merupakan sistem informasi malaria yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan. E-SISMAL adalah sistem pelaporan penderita malaria yang dikelola oleh Puskesmas dan Rumah Sakit kemudian dilaporkan ke Kementerian Kesehatan setiap bulannya melalui website sismal.malaria.id,” katanya.

Manajemen elektronik data malaria adalah bagian dari manajemen sumber daya informasi mengenai malaria yang mencakup semua kegiatan pengendalian data malaria secara akurat, mutakhir, aman dan tersedia untuk pengguna/provider, pemerintah, stakeholder dan masyarakat.

Dikatakannya, sistem pencatatan dan perekaman data penyakit malaria meliputi penemuan secara rutin dan khusus. Sumber data adalah hasil kegiatan penemuan penderita pasif case detection (PCD) dan penemuan secara akif, active case detection (ACD).

Selanjutnya Kadinkes H. Kamal Ilham menyatakan, kegiatan ini sangat memberikan manfaat bagi peningkatan dan kemampuan petugas malaria di puskesmas dalam melakukan pelaporan penderita malaria di wilayah kerja puskesmas masing-masing sehingga dari data yang diperoleh dapat diambil langkah, tindakan dan kebijakan untuk menanggulangi permasalahan malaria.

Lanjutnya, setiap laporan malaria yang menggunakan e-Sismal akan termonitor secara valid dan juga menjamin keakurasian data malaria. Angka kasus malaria (API) di Kabupaten Labuhanbatu pada tahun 2021 mencapai 0.42 per 1000 penduduk.

Kaprodi Magister Kesehatan Masyarakat FKKGIK UNPRI Prof Dr Ermi Girsang M.Kes, Biomed, AIFO menambahkan, kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti 30 mahasiswa dan 6 dosen pembimbing.

sumber berita : mimbarumum.co.id


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: