Kuliah Umum di UNPRI, Erick Thohir Minta Mahasiswa Adaptasi Era Society 5.0

Kuliah Umum oleh Menteri BUMN RI

Kamis, 09 Juni 2022 11:28:17 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya



Menteri BUMN Erick Thohir berikan kuliah umum di Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan dengan topic “Peluang dan Tantangan SDM di Era Society 5.0”, Jumat (20/5/2022) di Hall Kampus Utama Jln. Sampul Medan, dihadiri ribuan mahasiswa dan dosen.

Menurut Erick Thohir, tantangan Era Society 5.0 antara lain hilangnya sejumlah pekerjaan, seperti tenaga penyiapan makanan, tenaga administrasi kantor, tenaga jasa transportasi, tenaga produksi manufaktur non auto, tenaga kerja di bidang jasa kontruksi dan tenaga kerja di traditional farming.

Namun ia mengungkapkan, bahwa Era Society 5.0 juga membuka lapangan kerja baru, seperti Data Scientist & Analist, Artificial intelligence Expert, software & game developer, analis big data, Blck Chain developer, market research, biotechnology dan digital content.

“Oleh sebab itu, pada 3rd wave sekarang ini saya minta mahasiswa/i UNPRI harus segera melakukan adaptasi, jangan hanya menghindar dari masalah tapi harus terlibat memecahkan masalah. Kita butuh generasi muda yang mampu mengantisipasi perubahan teknologi. Jangan sampai lapangan kerja sekarang ini di Indonesia dimanfaatkan generasi muda negara lain. Kalau kalian tak mau berubah, tak mau beradaptasi, hanya menghindar dari masalah, maka rusaklah Indonesia,” tegasnya.

Erick Thohir menegaskan, saatnya knowledge base economy, yaitu kondisi ekonomi yang diisi oleh skill labor, diisi digitalization dan infrastruktur. “Indonesia telat membangun infrastruktur. Baru di era pemerintahan Jokowi infrastruktur dibangun secara masif,” ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini lapangan kerja diisi 4 juta tenaga ASN dan 1,6 juta pegawai BUMN. ”Tidak mungkin negara ini dibangun hanya oleh 5,6 juta orang tersebut. Secara total ada 17 juta lapangan kerja, maka Anda mahasiswa UNPRI selaku generasi penerus harus mengambil peran. Kami dari Kementerian BUMN mendorong lahirnya talent-talent digital di BUMN,” katanya.

Sebelumnya, Rektor UNPRI Prof Dr Chrismis Novalinda Ginting MKes menyampaikan Kampus UNPRI yang terus tumbuh dan berkembang lewat pembangunan sarana dan prasarana, apalagi di Era Society 5.0 dimana teknologi menjadi bagian dari hidup, pihaknya akan berkomitmen menjalankan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Untuk itu kami dari UNPRI memohon kesediaan Menteri BUMN menjalin kerjasama supaya mahasiswa UNPRI bisa menjalankan program Magang Bersertifikat di perusahaan-perusahaan BUMN,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pendiri UNPRI Prof Dr dr I Nyoman Ehrich Lister MKes AIFM, Komisaris Utama PT Royal Prima Tbk. Dr Heriyanti SH MKn, Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn, Koordinator Sekolah Global Prima Dr.Willy Tanjaya SH MKn, tokoh masyarakat Sumut yang juga Pembina UNPRI Dr.RE. Nainggolan MM, dosen, mahasiswa dan undangan lainnya.

Sementara itu, Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn menyampaikan terimakasih atas dorongan dan semangat yang diberikan Menteri BUMN Erick Thohir kepada mahasiswa UNPRI pada Kuliah Umum di UNPRI.

“Semoga, apa yang disampaikan oleh Menteri BUMN dapat dipahami dan diterapkan oleh mahasiswa UNPRI,” kata doktor muda ini meyakinkan.

Sumber berita : Waspada.id


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: