Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Ilmu Kesehatan UNPRI Merupakan Universitas Swasta Pertama di Pulau Sumatera yang dipercaya Pemerintah Menyelenggarakan Pendidikan Dokter Spesialis

Program Studi Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer

Sabtu, 10 Desember 2022 10:19:37 oleh Abdi Dharma | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Universitas Prima Indonesia (UNPRI) telah mendapat izin penyelenggaraan Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer (Family Medicine) yang sangat dibutuhkan saat ini di negara Indonesia. Di negara lain seperti Amerika, Kanada, dan Australia, konsep Family Medicine telah berkembang sejak tahun 1950-an dan sangat berperan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Ketua Badan Pelaksana Harian Yayasan Perguruan Tinggi Prima Indonesia, Dr. Tommy Leonard, S.H., M.Kn, menyatakan bahwa UNPRI sangat berkomitmen mendukung dan siap menjadi bagian dari program pemerintah dalam penguatan dan peningkatan pelayanan kesehatan untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia, terutama di Sumatera Utara, dan pembukaan Pendidikan Dokter Spesialis ini merupakan wujud nyata dari dukungan tersebut.

Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Ilmu Kesehatan (FKKGIK) UNPRI selama ini telah dipercaya oleh pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan Sarjana, Profesi Dokter, Magister bidang Kedokteran, dan Doktor Ilmu Kedokteran, serta telah mendapatkan akreditasi Unggul untuk penyelenggaraan pendidikan mulai dari pendidikan Sarjana sampai Doktor. FKKGIK UNPRI telah mendapat akreditasi A untuk Program Studi Sarjana kedokteran dan Program Studi Profesi dokter pada tahun 2020 serta Pada tahun 2022, Program Studi Magister Kedokteran Klinis (MKK) dan Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran mendapatakan akreditasi Unggul dari LamPTKes. FKKGIK UNPRI juga memiliki Rumah Sakit Pendidikan milik sendiri, yaitu Rumah Sakit Umum Royal Prima Medan dan Rumah Sakit Umum Royal Prima Marelan sehingga sangat layak utk menyelenggarakan Pendidikan Dokter Spesialis baik University based maupun hospital based. Selain pembukaan Pendidikan Dokter Spesialis KKLP (Family Medicine), di tahun depan FKKGIK UNPRI juga akan membuka beberapa Program Pendidikan Dokter Spesialis lainnya, hal ini disampaikan oleh Rektor Universitas Prima Indonesia, Prof. Dr. Chrismis Novalinda Ginting, M.Kes.

Dekan FKKGIK UNPRI, Prof. Dr. dr. H. Gusbakti Rusip, M.Sc, PKK, AIFM, AIFO-K, Sp.KKLP, menyatakan Pendidikan Dokter Spesialis KKLP (Family Medicine) dibentuk untuk mengatasi kesenjangan dalam pelayanan kesehatan. Pendidikan Dokter Spesialis KKLP (Family Medicine) akan berlangsung selama 7 Semester (3,5 tahun) pada wahana pendidikan milik Universitas Prima Indonesia dan fasilitas kesehatan lainnya.

Dengan adanya Pendidikan Dokter Spesialis KKLP (Family Medicine) di UNPRI ini diharapkan dapat menghasilkan dokter spesialis KKLP (Family Medicine) yang mampu memberikan pelayanan yang terintegrasi dan kolaboratif untuk masyarakat di fasilitas kesehatan primer di Indonesia guna mendorong percepatan pencapaian sasaran pembangunan kesehatan nasional.


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: