Merawat Memori Kebudayaan dalam Dinamika Global

FKIP UNPRI Rutin Selenggarakan Rabu Budaya

Selasa, 10 Januari 2023 14:00:16 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Dewasa ini, pengaruh besar dari globalisasi tidak dapat dipungkiri telah mempengaruhi masyarakat baik dalam tata cara berbicara, perilaku sosial dan salah satu perubahan yang paling kentara adalah soal penampilan atau gaya berpakaian. Globalisasi merupakan suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari perubahan yang dialami oleh masyarakat global. Gaya pakaian menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi citra seseorang dalam dinamika globalisasi yang lintas batas ini.

Tekanan globalisasi sebagaimana telah dipaparkan sebelumnya dalam perubahan cara berpakaian memudarkan memori komunal kebudayaan bahwa pakaian adat merupakan sebuah penanda kunci corak tradisi yang seyogyanya diwariskan secara turun temurun. Warisan budaya dimaknai sebagai sumber informasi yang membawa pesan masa lampau dan menginformasikan bentuk-bentuk tinggalan budaya yang berupa perangkat, simbol dan lambang. Seorang filsuf, Elie Wisel pernah mengemukakan bahwa tanpa memori, tidak ada budaya. Tanpa ingatan, tidak akan ada peradaban, tidak ada masyarakat dan tidak ada masa depan.

Di tengah bauran berbagai kebudayaan global, merawat kebudayaan lokal merupakan satu dari banyak cara untuk mempersiapkan generasi yang militan dan mencintai jati diri bangsanya. Atas dasar itu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Prima Indonesia menginisiasi *Rabu Budaya* sebagai salah satu aktivitas kebudayaan untuk memupuk kesadaran berbudaya segenap masyarakat akademiknya.

Setiap Rabu, seluruh civitas akademika FKIP UNPRI diutamakan untuk mengenakan busana bertema kebudayaan lokal selama beraktivitas di lingkungan kampus. Gagasan ini didukung penuh oleh pimpinan Universitas Prima Indonesia dan segenap mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan.

Unity in Diversity! Mari, bergerak bersama untuk melestarikan kebudayaan melalui pakaian adat!


Berita Seputar FKIP:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: