UNPRI Kembali Gelar Sosialisasi Internal : Dukungan Penuh terhadap Program MBKM

Pembekalan Mahasiswa PMM 3 Outbound UNPRI

Jum'at, 24 Maret 2023 14:10:52 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Dalam upaya mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pemerintah dan memberikan fasilitas untuk peningkatan soft skill dan hard skill bagi mahasiswa, Universitas Prima Indonesia (UNPRI) mengadakan sosialisasi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM 3). Kegiatan dilaksanakan secara online melalui platform Zoom Meeting, pada hari Jumat, 24 Maret 2023. Acara diselenggarakan oleh Pusat Studi Akademik, suatu lembaga di lingkungan UNPRI yang menaungi program MBKM dari Kementerian.

Sosialisasi “Pembekalan Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 Outbound Universitas Prima Indonesia" dihadiri oleh Wakil Rektor 1 UNPRI Bagian Akademik dan koordinator PT Kampus Mengajar, Abdi Dharma, S.Kom, M.Kom, Pejabat Sementara (Pjs) Pusat Studi Akademik, Friska Ria Sitorus, S.Pd, M.Ed., P.hD, dan dihadiri oleh perwakilan Dekan, Kepala Program Studi, Sekretaris Prodi, dan sekitar 600 mahasiswa UNPRI yang dengan antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir.

Terkait rekam jejak UNPRI, pada PMM 1 UNPRI menjadi PT inbound dan menerima 36 Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang menjalankan kegiatan selama 3 bulan. Kemudian, sebanyak 131 orang mahasiswa Universitas Prima Indonesia telah mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 2 secara luring dan menyelesaikan proses pembelajaran selama 1 (satu) semester dengan 20 SKS melalui perkuliahan di luar universitas asal.

Untuk persyaratan PMM 3 yang harus dipersiapkan oleh para mahasiswa aktif adalah mahasiswa semester 4, melengkapi 36 poin pertanyaan pada platform PMM, melengkapi dan upload 6 dokumen wajib, minimal IPK 3.0 dan akun telegram agar selalu terupdate informasi-informasi terkini. Universitas Prima Indonesia siap mengirimkan mahasiswa-mahasiswa untuk belajar di 204 Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Acara sosialisasi mengundang dua pembicara mahasiswa yang mengikuti program PMM 2, Mida Uli Hutagalung dan Rosari Ratna Cempaka Simangungsong, mahasiswa Fakultas Psikologi yang keduanya mengikuti kegiatan PMM 2 di Universitas Nusa Cendana Kupang.

"Menurut saya, kegiatan PMM merupakan kegiatan sangat luar biasa yang bisa diikuti mahasiswa UNPRI/dan mahasiswa seluruh indonesia. Mahasiswa, seperti saya akan mendapatkan pengalaman luas, saya baru pertama kali naik pesawat, pergi ke tempat jauh, Nusa Tenggara Timur dan merasakan wisata dan kuliah di Nusa Cendana Kupang. Saya mendapatkan info PMN ini dari kawan saya, tujuan untuk belajar di luar pulau dan kita bisa merasakan perbedaan antara PT asal kita dengan PT penerima kita," papar Uli.

Relasi dan pertemanan lintas pulau, lintas etnis merupakan pengalaman tidak terlupakan dari PMM, sebagaimana dikemukakan Uli dan Rosari.

"Untuk benefit yang kita terima, banyak hal-hal positif dari program PMM ini. Yang pertama, kita mendapatkan kawan dari Sabang dampai Merauke, dari universitas-universitas dari Jawa, Sulawesi, Kalimantan. Kita merupakan mahasiswa dari kampus swasta dan kita mendapatkan kesempatan belajar di PTN, salah satu PTN terbaik di Nusa Tenggara Timur," sambung Rosari, "ini merupakan pengalaman tidak terlupakan dari saya, banyak kegiatan dan kuliah praktek. Di lingkungan kampus kita (Kupang) kita berkontribusi langsung bagi masyarakat di sana. Kita juga menemukan bimbingan dari para mentor dan dosen-dosen pengampu Modul Nusantara."

"Paling penting adalah belajar dan memahami budaya, budaya di Nusa Tenggara Timur merupakan hal yang sangat berbeda dengan saya yang berasal dari Sumatra. "Memang benar 'Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya'", mungkin di Medan kita kulturnya keras, kita belajar memahami orang dengan budaya yang berbeda dengan kita. Kita juga menikmati keindahan alam Indonesia melalui modul nusantara, kita sangat disambut oleh masyarakat melalui pertunjukan budaya", ujar Rosari mengakhiri testimoninya.

Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan salah satu unggulan dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang menjadi penanggung jawab penuh dalam pelaksanaan program ini.

Wujud dari PMM adalah pertukaran Mahasiswa dalam Negeri antar Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta selama satu semester dari satu klaster pulau ke klaster pulau lainnya. Program flagship MBKM ini menawarkan banyak keuntungan bagi mahasiswa, antara lain : konversi SKS hingga 20 SKS, berbagai bantuan biaya hidup, BPJS, hingga adanya kegiatan kontribusi sosial dan pengenalan budaya lokal melalui aktivitas Modul Nusantara.




Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: