Pengabdian Kepada Masyarakat

Dosen UNPRI Edukasi Ibu-ibu Lakukan Inovasi Batik Mangrove

Senin, 18 September 2023 10:40:29 oleh Muhammad Aditya Kurnia | berita sebelumnya | berita selanjutnya



TIM Dosen Universitas Prima Indonesia (UNPRI ) Medan melakukan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun 2023 dengan melakukan kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat.

Tim dari Fakultas Ekonomi UNPRI diketuai Rafida Khairani, SEI, MSi, MM, melakukan PKM dengan mengadakan kegiatan pemberdayaan inovasi batik mangrove di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang.Sasaran program dari tim PKM UNPRI yang di dalamnya juga terdiri dari Purnama Yanti, SE , MM dan Herlin Munthe, SPd, MPd adalah Kelompok UMKM Srikandi Bakti Nyata yang selama ini aktif mengelola usaha pengolahan hasil mangrove.

Kegiatan PKM, Sabtu (16/9) diawali sosialisasi dan pembinaan dilanjutkan penyerahan bantuan alat-alat produksi batik mangrove di Dusun Paluh Getah Desa Tanjung Rejo. Rafida Khairani mengatakan, melalui program ini, mereka ingin membantu masyarakat khususnya yang tergabung dalam Kelompok Srikandi untuk meningkatkan ekonominya. “Melalui program ini, terutama dengan bantuan alat-alat produksi, kita berharap kualitas batik mangrove yang diproduksi ibu-ibu kelompok ini bisa meningkat sehingga bisa meningkatkan pemasaran juga,” kata Rafida.

Pada kegiatan tersebut juga diadakan workshop dengan tema entrepreneur dan pemasaran melalui digital marketing disampaikan Ricky Rafii Ritonga SE MM.“Pada era sekarang ini, dengan perkembangan teknologi digital, maka pemasaran melalui media digital atau online sangat berpengaruh,” katanya. Dia pun berharap masyarakat pesisir yang mengelola usaha bisa ikut memanfaatkan teknologi tersebut untuk meningkatkan jangkauan pasarnya. Selain itu, ada workshop dengan tema manajemrn sumber daya manusia disampaikan Purnama Yanti.

“Pentingnya manajemen SDM di satu kelompok. Bagaimana menyatukan cara pandang sehingga tercapai visi misi yg sama,” ucap Purnama. Karena anggota Kelompok Srikandi adalah ibu-ibu rumah tangga, penting pengetahuan memenej waktu, kapan untuk mengurus rumah tangga serta kapan untuk melakukan kegiatan usaha.Acara yang turut dihadiri dosen UNPRI lainnya.Yakni, Yovie Ernanda ,SE, MM dan Rudiyanto, SPd , MPd serta sejumlah mahasiswa, dilanjutkan penyerahan bantuan alat-alat priduksi serta demo pembuatan batik mangrove.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan dari Unpri ini, semoga bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas produk batik mangrove kami,” ucap Ketua Kelompok Srikandi, Syakila. Hal senada dikatakan Ketua Kelompok Tani Hutan Bakti Nyata yang adalah pembina dari kelompok ibu-ibu tersebut.

“Batik produksi Kelompok Srikandi sudah disertakan dalam kegiatan-kegiatan expo atau pameran. Ke depan harapan kami jangkauan pemasarannya bisa lebih luas dengan semakin meningkatnya kualitas dan teknik pemasaran,” kata Salamin Yahya.

Di akhir acara, juga dilakukan penyerahan sertifikat halal MUI untuk sejumlah produk makanan dan minuman olahan mangrove Kelompok Srikandi. “Ini susulan dari program Kosabangsa 2022 yang juga kami lakukan di desa ini. Kita berharap apa yang kami lakukan untuk peningkatan ekonomi masyarakat pesisir ini terus menunjukkan hasil nyata,” ucap Purnama Yanti.


Berita Seputar Fakultas Ekonomi:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: