LULUS 100 PERSEN

Mahasiswa Angkatan Pertama Fakultas Kedokteran Unpri Berhasil Dilantik Menjadi Dokter

Sabtu, 13 Juni 2015 17:14:14 oleh Abdi Dharma | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Terpancar kebahagiaan di wajah tujuh orang lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia (Unpri). Cita - cita dan harapan keluarga yang dinantikan telah diraihnya setelah mereka resmi dilantik sebagai dokter oleh Dekan Fakultas kedokteran Universitas Prima Indonesia (FK Unpri) dr. H Yulitas Bachtiar, Sp.A., di Aula Rumah Sakit Royal Prima, jalan Ayahanda Medan, Selasa, 30 September 2015.

Tujuh orang dokter yang dilantik dan telah mengambil sumpah sebagai dokter tersebut adalah:

  1. dr. Hotmauli Sinaga;
  2. dr. Yanita Dame Eirene;
  3. dr. Prisca Sembiring;
  4. dr. Muhammad Arief;
  5. dr. Anggi Yantomi;
  6. dr. Jumiyem;
  7. dr. Lidya Kriestiantie.
  8. Kebahagiaan juga dirasakan seluruh civitas akademika Unpri, bahwa dengan dilantiknya tujuh orang dokter tersebut, maka FK Unpri telah meluluskan 100 persen mahasiswa angkatan pertama tahun 2008 sebanyak 16 orang. Dan menjadi suatu kebanggaan tersendiri, dimana di antara fakultas - fakultas kedokteran swasta yang tahun berdirinya sama dan sama - sama menerima mahasiswa, baru FK Unpri yang telah berhasil meluluskan dan melantik 100 persen mahasiswa angkatan pertamanya menjadi dokter.

    Pelantikan ketujuh dokter lulusan FK Unpri tersebut dihadiri Pembina Unpri, dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes., AIFM, Ketua BPH Unpri, Dr. Tommy Leonard, S.H., M.Kn., Penasehat Unpri, dr. Sofian Wijaya, M.H.A., dan Prof. Sanwani Nasution, S.H., Rektor Unpri, Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI, DAAK, Wakil Rektor II, Ermi Girsang, SKM, M.Kes., Ketua Medical Education Unit (MEU) dr. Ali Napiah Nasution, Rektor Universitas Sutomo, Ramli J. Marpaung, SH, M.M., para dosen FK Unpri, Prof. dr. Nerseri Barus, M.P.H., dr. Yuliani Lubis, Sp.THT-KL, dr. Oliviti Natali, M.Ked(KK), Sp.KK, serta para orangtua dokter.

    Dalam pelantikan tersebut, Dekan FK Unpri dr. H. Yulitas Bachtiar, Sp.A., mengatakan, Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia, merupakan satu - satunya Fakultas Kedokteran Swasta di Sumatera Utara yang memiliki Rumah Sakit Pendidikan milik sendiri (mandiri), telah melahirkan dokter - dokter yang siap terjun untuk mengabdi di masyarakat dan sudah bisa melayani pasien sesuai ketentuan yang berlaku.

    Sampai saat ini FK Unpri telah melantik sebanyak 16 orang dokter sejak tahun 2013 hingga tahun 2014. “Pelantikan dan sumpah dokter ini, merupakan hari yang sangat berbahagia bagi anak yang dilantik beserta orangtua. Hari yang telah dinantikan, setelah menjalani perjuangan yang berliku-liku sejak memasuki FK Unpri”, ujarnya.

    Yulitas mengingatkan, bahwa perjuangan mereka belum selesai. Karena setelah dilantik, para dokter tersebut harus mengikuti Program Internship dengan waktu sekitar satu tahun. Program Internship tersebut untuk mendapatkan Sertifikat Internship dan mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) yang permanen, sehingga mereka bisa berdiri sendiri, atau akan melanjutkan pendidikan ke program spesialis, atau juga melanjutkan program studi lainnya, atau mau menjadi pegawai negeri maupun swasta.

    “Dengan dilantiknya dan disumpahnya saudara sebagai dokter, maka sudah bisa melayani dan mengobati pasien, namun masih dalam batas - batas sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yaitu melalui Program Internship. Setelah mengikuti Program Internship barulah bisa menentukan program selanjutnya”, ujar Dekan FK Unpri, seraya mengingatkan, selama mengikuti Program Internship yang akan ditempatkan di rumah sakit maupun puskesmas, jagalah nama baik FK Unpri, bekerjalah dengan sebaik - baiknya.

    Sementara itu, dr. Yanita Dame Eirene mewakili para dokter yang dilantik dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pihak Yayasan Unpri yang memberikan kesempatan untuk belajar di Unpri yang banyak memberikan wahana pembelajaran. “Karena tanpa hal itu, kami bukanlah siapa - siapa”, ujarnya.

    Begitu juga, disampaikan ucapan terimakasih kepada dekan dan seluruh dosen di FK Unpri. “Dari mereka kami dididik, diajarkan, dan ditanamkan kecintaan, serta tanggungjawab yang besar terhadap kedokteran dan profesi dokter. Begitu juga dengan staf yang dengan sabar memberikan pelayanan kepada kami, serta orangtua yang mendukung melalui doa dan biaya sehingga kami berhasil”, ujarnya.

    Sedangkan dr. Muhammad Arief usai pelantikan saat diminta kesan - kesannya di Unpri mengatakan, banyak mendapatkan teman, ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama di FK Unpri, apalagi FK Unpri diajarkan oleh dosen - dosen yang profesional di bidangnya masing - masing dan diajarkan oleh ahlinya dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sangat memadai, serta didukung rumah sakit pendidikan sendiri.

    FK Unpri dalam melahirkan dokter - dokter lulusannya dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan dan keahlian. Apalagi FK Unpri sangat didukung pengajar yang ahli di bidangnya baik dari dalam negeri maupun luar negeri, bahkan fasilitas - fasilitas pengajaran di kampus sangat memadai dan sudah memiliki Rumah Sakit Pendidikan milik sendiri di Rumah Sakit Royal Prima yang telah diresmikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Ir. H. Tengku Erry Nuradi M.Si., pada tanggal 16 Februari 2014 lalu.

    Rumah Sakit Pendidikan bertaraf internasional dengan 13 lantai tersebut berkapasitas 250 bed, dengan fasilitas lengkap, seperti 6 Ruang Operasi, Ruang ICU, Ruang ICCU, Ruang NICU, Ruang HDU, Radiologi (CT Scan 128 slices, Digital X-Ray, Mammography, Mobile X-Ray, USG 4D, Echo Cardiography), Hemodialisa, Cath Lab, IGD, Ruang Bersalin, Ruang Bayi Sehat, Ruang Bayi Sakit, Endoscopy, Cardiac Stress Test, Ruang Anak, 32 Poliklinik Spesialis dan Sub Spesialis, Fasilitas Rehab Medik, Apotik, Cafetaria, Laboratorium, Perpustakaan Mahasiswa, Ruang Seminar, Ruang Pertemuan Dokter, Ruang COASS, Helipad (landasan heli-kopter), dan 24 Kamar Penginapan.

    Rumah sakit pendidikan ini menjadi rumah sakit utama tempat CoAss mahasiswa FK Unpri yang bertaraf internasional. Rumah sakit pendidikan tersebut berfungsi penuh sebagai rumah sakit Pendidikan, Pelayanan masyarakat, dan Penelitian.


    Berita Seputar Kedokteran:

    Berita Lain:

    Berita Halaman Depan: