Dandim 0201/BS : Perlu Koordinasi Semua Pihak Perangi Narkoba

Komandan Komando Distrik Militer atau Kodim (Dandim) 0201/BS Kota Medan Kolonel Inf Maulana Ridwan SH bersama seluruh civitas akademika Universitas Prima Indonesia (UNPRI) membuat gerakan melawan narkoba, serta siap perang terhadap narkoba.

Selasa, 03 Januari 2017 08:57:50 oleh Abednego S. Karo Sekali | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Untitled Document

Hal tersebut dituangkan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepahaman bersama yang dilakukan antara Dandim 0201/BS Kol Inf Maulana Ridwan SH dan Badan Pengurus Harian (BPH) UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn yang juga Dekan Fakultas Hukum UNPRI, disaksikan Rektor Prof Djacobus Tangan, Wakil Rektor, Camat Medan Petisah Rahmat Harahap, para dosen, dan mahasiswa, dalam kuliah umum tentang Wawasan Kebangsaan, di ruang serba guna Rumah Sakit Royal Prima, Jalan Ayahanda Medan, Jumat (15/4).

"Kami dari jajaran komando kewilayahan TNI Angkatan Darat dan sebagal Dandim Kota Medan ikut turut serta dalam penanganan bahaya narkoba ini. Ini sesuai dengan arahan dari Presiden RI yang sudah menyatakan perang terhadap narkoba," katanya. "Di dalam menyampaikan kuliah umum tentang wawasan kebangsaan ini, di dalamnya ada tentang bahaya narkoba. Kenapa demikian? Karena apabila masyarakat kita terpengaruh dengan narkoba, itu akan merusak dari jiwa itu sendiri. Ke depan akan jadi apa negara ini, apabila rakyatnya terpengaruh dengan narkoba ataupun menggunakan narkoba." sebutnya.

Apalagi, katanya, bahaya narkoba ini bisa merusak organ tubuh pemakainya, terutama otak. Otak manusia akan berfungsi tidak baik bila terpengaruh narkoba, sehingga menjadi perilaku yang sangat jauh dari kehidupan bermasyarakat semestinya. "Untuk itu, saya mengimbau, terutama kepada Unpri dan mahasiswa Unpri jangan dekati narkoba, tapi jauhi narkoba. Apabila mahasiswa menjadi kader pemberantasan narkoba dan mengetahui bahayanya, mudah-mudahan bisa mengajak teman-temannya untuk tidak terlibat narkoba," ujarnya.

Selain itu, katanya, dalam pemberantasan narkoba ini, perlu ada koordinasi dan kerjasama di semua pihak, baik pemerintah daerah, BNN, Kepolisian dan TNI AD, serta masyarakat, bagaimana melakukan pencegahan, supaya masyarakat tidak terlibat dan tidak terpengaruh terhadap narkoba. Sementara itu. Dekan
FH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn dalam sambutan kuliah umum Wawasan Kebangsaan tersebut menyampaikan, berbicara mengenai wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila. UUD 1945. Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

"Menyikapi perkembangan teknologi dan lajunya pergeseran paradigma berpikir dan era globalisasi, kita perlu mempersiapkan diri dalam menyikapi setiap perubahan Mengelola perubahan harus dilakukan secara arif dan bijaksana agar tidak terjadi penyimpangan dalam tatanan bermasyarakat dan bernegara," ujarnya.


Berita Seputar UNPRI:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: