FKM UNPRI

Prof. Abu Hassan Ahmad Beri Kuliah Umum di FKM Unpri

Jum'at, 06 November 2015 16:02:00 oleh Bayu Angga Wijaya | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Prof. Abu Hassan Ahmad dari Universiti Sains Malaysia (USM), Senin (8/6) memberikan kuliah umum di Universitas Prima Indonesia (Unpri), dengan Thema 'Pengendalian Nyamuk Aedes Aegypti Penyebab Demam Berdarah Dengue'. Kuliah umum yang berlangsung di Ruang Serba Guna Lantai 5 Rumah Sakit Royal Prima Jalan Ayahanda Medan ini, diselenggarakan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unpri. Tampak hadir pada acara itu, Rektor Unpri Prof. dr. Djakobus Tarigan AAI., DAAK., Dekan FKM Santy Deasy Siregar ,SKM., M.Kes., Dekan FK Unpri dr. Yulitas, Sp. A., Dekan FKK Unpri Chrismis Novalinda Ginting, M.Kes., Wakil Dekan I FH Unpri Theresia Simatupang, S.H., M.Hum., Wakil Dekan I FKM Masryna Siagian, S.P., M.Si., Ketua Program Studi FKM Herbert Wau, SKM., MPH., para dosen Ir. Abdul Wahab, M.Kes., Rapael Ginting , Lenta Purba, Para Dekan Dilingkungan Unpri, dan mahasiswa-mahasiswa FKM Unpri.

Prof. Abu Hassan Ahmad pada kuliah umum itu mengatakan, Penyakit Demam Denggi (DD) dan Demam Denggi Berdarah disebabkan oleh jangkitan virus jenis Flavivirus pembawaAedes Aegyti dan Aedes Albopictus yang menularkan virus penyakit tersebut dari seorang ke seorang melalui gigitannya, "Nyamuk Aedes dan Aedes Albopictus merupakan nyamuk kecil berwarna hitam, mempunyai tanda atau garis-garis putih dibahagian badan dan kaki", kata Prof. Abu Hassan Ahmad.

Disebutkan Prof . Abu Hasan Ahmad, walaupun pelbagai usaha kawalan dan pencegahan telah dijalankan, penyakit ini masih lagi merupakan satu masalah yang serius di seluruh dunia. Menurutnya, penggunaan vaksin merupakan kaedah yang paling berkesan untuk menghapuskan penyakit yang disebabkan oleh virus. Namun begitu, vaksin yang berkesan untuk menghapus penyakit tersebut masih belum lagi ditemui.

Secara umum, katanya, kaedah pencegahan dan pengawalan penyakit secara menyeluruh ini meliputi kaedah pengawalan vektor, pengurusan alam sekitar, kaedah biologi dan kimia serta kaedah penguatan undang-undang terkait. Sementara itu, Dekan FKM Santy Deasy Siregar , SKM., M.Kes., dalam sambutannya menyatakan perlunya pengendalian Nyamuk Aedes Aegypti.

"Penyakit demam berdarah dengue disebabkan oleh virus dengue dan penularannya melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Hingga kini belum ditemukan jenis obat yang dapat mengobati penyakit demam berdarah dengue", kata Santy.

Dalam hal ini, kata Santy, diiperlukan kerja sama yang baik antara pemerintah, masyarakat dan semua elemen yang berkepentingan, agar bisa mengendalikan dan memberantas penyakit DBD. "Disini juga diperlukan surveilans vektor untuk pengamatan terhadap resistensi nyamuk", katanya.

Dikesempatan itu juga, Rektor Unpri Prof. dr. Djakobus Tarigan AAI., DAAK., mengulosi Prof. Abu Hassan Ahmad. Dan diakhir acara Dekan FKM Santy Deasy Siregar, SKM., M.Kes., menyerahkan Plakat dari FKM kepada Prof. Abu Hassan.

Prof. Abu Hassan dari Universiti Sains Malaysia (USM) foto bersama dengan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Santy Deasy Siregar, SKM., M.Kes., para dosen FKM Unpri Ir. Abdul Wahab, M.Kes., Rapael Ginting, Lenta Purba, usai Kuliah Umum yang Diselenggarakan FKM.


Berita Seputar Kesehatan Masyarakat:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: