KUNJUNGAN dr. SOFYAN TAN KE UNPRI

dr. Sofyan Tan Beri Sosialisasi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara di UNPRI

Sabtu, 07 November 2015 13:33:13 oleh Bayu Angga Wijaya | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) /MPR RI Periode 2014-2019 dr. Sofyan Tan memberikan sosialisasi empat pilar berbangsa dan bernegara di Universitas Prima Indonesia (UNPRI). Salah seorang tokoh masyarakat Sumatera Utara (Sumut) yang tengah aktif berkiprah di kancah nasional ini, tampak semangat saat menggelar sosialisasi empat pilar berbangsa dan bernegara dihadapan mahasiswa dan seluruh civitas akademika UNPRI, pada Jumat(9/10) kemarin di Aula Serbaguna lantai 5 Rumah Sakit (RS) Royal Prima Jalan Ayahanda Medan.

Acara tersebut dihadiri Penasehat UNPRI Dr. RE Nainggolan, M.M., Rektor UNPRI Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI., DAAK., beserta jajaran rektorat, para dekan, para dosen dan mahasiswa. Sosialisasi itu berlangsung hangat dan penuh antusias, mengingat materi yang disampaikan oleh tokoh nasional dari Fraksi PDIP-P tersebut sangat penting untuk memberikan pemahaman yang bersidat fundamental, bagi keutuhan berbangsa dan bernegara tentang Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945 (3) NKRI sebagai harga mati dan Bhinneka Tunggal Ika.

Disamping materi inti, Sofyan Tan juga berbagi tentang beragam cerita dan pahit getir pengalaman hidupnya, sebagai seorang anak dari keluarga yang sangat sederhana, dilahirkan di keluarga etnis Tionghoa, namun semua itu tidak menghambat langkahnya untuk menjadi sosok yang bermanfaat dan menebar kebaikan, bagi sesama bahkan hingga dia menjadi salah satu WNI beretnis Tionghoa yang berhasil duduk di Senayan.

Bahkan banyak konstituen dan simpatisannya sebagian besar terdapat di pemukiman masyarakat bawah dan daerah tertinggal, yang notabene masyarakat pribumi.

Sofyan Tan juga menyampaikan bahwa, apa yang dia kerjakan selama berpuluh tahun mengembangkan dunia pendidikan, menyantuni rakyat miskin dan mengadopsi anak asuh adalah bentuk kecintaannya kepada bangsa, tanpa memandang perbedaan latar belakang etnis.

"Mencintai bangsa ini bukan hanya seremonial, tapi harus dengan tindakan nyata yang bisa menyentuh semua lapisan masyarakat", kata pria berkacamata ini meyakinkan.

dr. Sofyan Tan yang juga anggota Komisi X DPR RI menegaskan, mahasiswa UNPRI harus mampu menerapkan empat pilar berbangsa dan bernegara, dalam setiap sendi kehidupan, baik dilingkungan keluarga, kampus dan masyarakat sekitar.

Dia berharap, UNPRI yang terkenal sebagai salah satu kampus yang mengusung konsep multi etnis suatu hari nanti pasti akan menghasilkan pemimpin- pemimpin dimasa depan, yang akan menentukan nasib bangsa ini.

Ungkapan Sofyan Tan direspon positif ditandai dengan banyak munculnya berbagai pertanyaan di sesi tanya jawab bersama mahasiswa/i di penghujung acara. Beberapa mahasiswa/i UNPRI tampak antusias untuk mengikuti motivasi dan keteladanan dari dr. Sofyan Tan untuk dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Acara ditutup dengan penyerahan secara simbolis paket sosialisasi berupa tas dan buku materi kepada mahasiswa kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.

ANGGOTA Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) /MPR RI Periode 2014-2019 dr. Sofyan Tan tampak sedang memberikan sosialisasi empat pilar berbangsa dan bernegara di hadapan mahasiswa/i Universitas Prima Indonesia (UNPRI).


Berita Seputar Universitas:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: