WAISAK 2557 BE/2013

Mahasiswa/i Universitas Prima Indonesia merayakan Hari Waisak

Kamis, 27 Juni 2013 17:40:43 oleh Abdi Dharma | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Sabtu, 01 Juni 2013, mahasiswa/i Universitas Prima Indonesia (Unpri) merayakan Hari Waisak 2557 BE / 2013 yang bertemakan "Universal Love", bertempat di Kampus I Jalan Belanga simpag Ayahanda Medan.

Perayaan Waisak 2557 BE / 2013 dihadiri oleh ketua Yayasan Unpri dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes, AIFM, Ketua BPH Tommy Leonard, SH., M.Kn, Rektor Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI, DAAK, seluruh dekan Fakultas Unpri beserta jajarannya, penanggung jawab acara YM. Bhikkhu Aggacitto, narasumber YM. Bhikkhu Pannasami Thera, serta YM. Bhikkhu Candasilo dan seluruh mahasiswa/i Buddhis Unpri.

Waisak merupakan hari raya agama Buddha, untuk itulah sebagai umat Buddha kita wajib untuk turut memperingati dan merayakannya. Waisak 2557 BE / 2013 Unpri kali ini menggunakan tema "Universal Love" yang diangkat karena terinspirasi dari guru agung yakni Sang Buddha yang selalu memancarkan cinta kasihnya kepada semua mahkluk. Ujar Dewi Chyntia selaku Ketua Panitia.

Dalam peringatan Tri Suci Waisak yang merupakan acara tahunan Unpri, Y.M Bhikkhu Aggacitto selaku penanggung jawab acara menambahkan bahwa "Tri Suci Waisak merupakan momen penting dalam agama Buddha, karena dengan adanya Tri Suci Waisak ajaran Buddha muncul dan ada didunia ini. Tri Suci Waisak diperingati umat Buddha bertujuan untuk mengenang tiga peristiwa penting dalam kehidupan Sang Buddha (Kelahiran Bodhisatta di Taman Lumbini pada tahun 623 SM, Perealisasian / pencapaian menjadi Buddha di Buddhagaya pada tahun 588 SM dan Mahaparinibbana / wafatnya Buddha di hutan Kusinara pada tahun 543 SM). Diharapkan khususnya kepada para mahasiswa/i Unpri dan umat Buddha pada umumnya dapat memaknai Waisak tahun ini 2557 BE / 2013 tidak hanya merenungkan kejadian yang telah 26 abad yang lampau saja, melainkan menjadikan momen ini sebagai penyadaran diri akan pentingnya pengaplikasian ajaran Buddha didalam kehidupan sehari - hari untuk meningkatkan nilai - nilai luhur manusia yang memiliki moralitas dan perilaku yang penuh cinta kasih kepada sesamanya", pada kata sambutannya.

Perayaan Hari Waisak Unpri dilaksanakan kegiatan antara lain kebaktian, pembacaan paritta, pelita kedamaian, pemercikan air suci, dhammadesana, perenungan, serta pentas seni yang meliputi acara shou yu (isyarat tangan) oleh panitia KMB Buddhist Unpri, nyanyian lagu Buddhist oleh vokalis Jaya Manggala Group, persaudaraan muda/i ITBC dan Susanti (mahasiswa Fakultas Psikologi Unpri), pertunjukkan sulap oleh Black Axel dan Sultan Hendrick, dance oleh CDC Crew, Pmvmas, dan persaudaraan muda/i DCBC.

Dalam pesan Waisak unpri, Y.M Bhikkhu Pannasami Thera menyampaikan hendaknya kita sebagai umat Buddha bisa menteladani sifat yang dimiliki oleh sang Buddha, yaitu bisa mempraktekan kasih tanpa batas "Universal Love/ Metta" kepada siapapun dan kepada makhluk apapun, karena dengan penanaman sifat yang demikian akan dapat mampu mengikis sifat - sifat pendiskriminasian baik antar suku, agama, dan ras, terlebih juga dapat membantu mengikis sifat - sifat kebencian dan permusuhan sehingga kedamaian dan ketenangan yang menjadi suatu harapan akan senantiasa selalu terjaga di dalam diri masing - masing. Pengembangan cinta kasih yang demikian juga bisa memberikan vibrasi positif didalam pola pikir seseorang, karena cinta kasih yang universal tanpa membeda - bedakan akan menghilangkan kekisruhan didalam diri. Dengan demikian pula keharmonisan dalam diri maupun antar umat bergama akan dapat terwujud.

Pada akhir acara, pembawa acara mewakili segenap Panitia dan keluarga besar mahasiswa/i Buddhist Universitas Prima Indonesia mengucapkan, selamat memperingati hari Tri Suci Waisak 2557 BE/ 2013, semoga semuanya berbahagia dan maju didalam dhamma.


Berita Seputar Universitas:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: