TRY OUT AKBAR UN SE-KABUPATEN LANGKAT

Jadikan Try Out UN Sebagai Barometer Mengukur Kemampuan dalam Menghadapi UN 2013

Selasa, 26 Februari 2013 17:15:13 oleh Abdi Dharma | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Setelah sukses menggelar try out Ujian Nasional (UN) di Kota Binjai pada awal Desember 2012 yang lalu, kini Universitas Prima Indonesia (Unpri) kembali sukses melaksanakan Try Out UN secara gratis di Kabupaten Langkat. Try out kali ini benar - benar luar biasa. Kenapa tidak, karena jumlah pesertanya mencapai 6.633 siswa, yang digelar di tiga lokasi. Ketua Panitia Drs. H. Hilman Haidir, M.Pd. yang juga sebagai Dekan FKIP Universitas Prima Indonesia menyatakan bahwa:

  • Lokasi 1 meliputi Langkat Hilir dipusatkan di Gedung Olahraga Stabat yang diikuti 25 sekolah dengan jumlah peserta 3.558 orang.
  • Lokasi 2 yang meliputi sekolah-sekolah yang berada di Langkat Hulu dan dipusatkan di SMA Negeri Kuala yang diikuti 20 sekolah dengan jumlah 1.525 orang.
  • Sedangkan lokasi 3 meliputi SMA/SMK/MA di Teluk Aru yang dipusatkan di SMA Dharma Patra Pangkalan Brandan yang diikuti 17 sekolah dengan jumlah peserta 1.550.

Dengan demikian total pesertanya berjumlah 6.633 orang.

Try out Ujian Nasional di Kabupaten Langkat dibuka oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Bapak Sekretaris Dinas Pendidikan, yaitu Drs. Salam Syahputra, M.Pd. Dalam kata sambutannya, Drs. Salam Syahputra, M.Pd. mengharapkan agar try out ini benar - benar dapat dimanfaatkan dengan sebaik - baiknya. Try out ini diharapkan dapat dijadikan sebagai ajang untuk mengukur kemampun Anda. Sampai dimana sudah persiapan siswa dalam menghadapi UN pada semester 2 tahun 2013 yang akan datang. Oleh karena itu kerjakan soal ini dengan baik. Jadikan try out ini sebagai barometer untuk menguji sampai dimana sudah persiapan yang Anda miliki dalam menghadapi ujian nasional yang akan datang. Jika hasilnya nanti masih jauh dari apa yang diharapkan, maka anak-anak Bapak harus berupaya sekuat tenaga untuk mengejarnya. Mumpung masih ada waktu, manfaatkan waktu tersebut dengan baik. Jangan asyik bermain, lalai dengan waktu, akhirnya rugi nanti di waktu mengikuti Ujian Nasional. Oleh karena itu, benar - benarlah berlatih dalam try out ini.

Lebih lanjut Drs.Salam neyampaikan rasa terima kasihnya kepada Universitas Prima Indonesia yang telah berkenan mensponsori try out ini. Kami dari Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat, ungkap Drs. Salam, sangat mendukung usaha - usaha yang dilakukan siapa saja yang sifatnya memajukan pendidikan di Kabupaten Langkat ini.

Ketua Panitia, Drs. H. Hilman Haidir, M.Pd. menjelaskan bahwa materi try out ini dirancang dari materi yang sering keluar dalam Ujian Nasional. Dengan demikian, try out ini benar - benar memberikan gambaran kepada siswa tentang materi ujian nasional nantinya. Dan yang lebih spesifiknya lagi, ungkap Hilman bahwa soal dalam try out ini dikemas dalam bentuk 20 paket, yang antara paket satu dengan paket lainnya tidak ada soal yang sama, tetapi tetap didesain dengan tingkat kesukaran yang setara. Dengan demikian, walaupun siswa duduk berdekatan dan tidak diawasi 2 orang pengawas, hal tersebut tidak menjadi masalah sebab soal mereka tidak ada yang sama. Soal 20 paket ini sengaja kita buat untuk memberikan gambaran kepada siswa, sebab Ujian Nasional Tahun 2013 kemungkinan besar didesain dalam bentuk 20 paket.

Sasana ujian semakin semarak pada akhir pelaksanaan try out, sebab Bapak Drs. Salam Syahputra, M.Pd. memberikan kuis, dan setiap pertanyaan diberikan hadiah berupa uang tunai. Suara gegap gempita pun membahana menyelubungi GOR. Kesempatan ini bernar - benar dimanfaatkan siswa. Pertanyaan yang diberikan Bapak Sekretaris Dinas Pendidikan adalah pertanyaan yang ada di lingkungan siswa. Misalnya, menanyakan nama Bapak Menteri Pendidikan, nama Bapak Bupati Langkat, nama Bapak Kepala Dinas Pendidikan Langkat, Nama Bapak Camat di mana siswa bertempat tinggal, dan seputar materi bimbingan dan arahan yang diberikan Bapak Sekretaris sebelumnya. Oleh karena keterbatasan waktu, maka pada kesempatan itu hanya 5 orang siswa yang berhasil mendapat kesempatan dan sekaligus membawa pulang uang dari Bapak Drs. Salam Syahputra, M.Pd.


Berita Seputar Universitas:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: