DEKAN FASILKOM TI USU PAPARKAN PERKEMBANGAN IT DI UNPRI

Kuliah Umum oleh Prof. Dr. Muhammad Zarlis

Kamis, 18 Juli 2013 07:05:08 oleh Abdi Dharma | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Dr. Muhammad Zarlis memaparkan "Implementasi Cloud Computing (komputasi awan) pada Pengolahan Data Global". Pemaparan itu disampaikan pada kuliah umum di Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Prima Indonesia (Unpri), Senin, 24 Juni 2013 di Rumah Sakit Gigi & Mulut Jl. Pabrik Tenun No. 103 Medan.

Disebutkannya, cloud computing mengacu baik kepada aplikasi yang disediakan sebagai layanan melalui internet, serta perangkat keras, sistem perangkat keras, dan sistem perangkat lunak pada pusat data (data center) yang menyediakan layanan tersebut.

Cloud computing ini juga, katanya, merupakan layanan komputasi melalui internet. Mencakup layanan aplikasi, penyimpanan data hingga infra struktur. Dan, layanan komputasi scalable terhadap kebutuhan pengguna dan dapat disesuaikan dengan cepat. "Pengguna hanya membayar layanan yang digunakannya saja," ucapnya lagi.

Dia memaparkan, berdasarkan model implementasinya (NIST 2009), yakni komputasi awan swasta dan awan komunitas. Awan swasta umumnya merupakan infrastruktur awan yang dioperasikan khusus untuk suatu organisasi. Sedangkan awan komunitas infrastruktur awan yang digunakan bersama oleh beberapa organisasi dan mendukung suatu komunitas yang memiliki perhatian atau minat yang sama.

Penyerahan cendera mata oleh Rektor Unpri Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI, DAAK, kepada Dekan Fasilkom TI USU Prof. Dr. Muhammad Zarlis

Guru besar dari Universitas Sumatera Utara (USU) ini juga memberikan banyak sekali informasi mengenai pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi yang pada saat ini sedang berkembang terutama perkembangan tentang hardware dan software. Kuliah umum tersebut dihadiri Rektor Universitas Prima Indonesia, Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI, DAAK, Rektor Universitas Sutomo, H. Ramli J. Marpaung, SH., MM, Dekan FTIK Unpri Abdi Dharma, S. Kom, Wakil Dekan I FTIK Unpri, Chairul Azhar, S.Si. ,M.Pd, Ketua Program Studi Sistem Informasi FTIK Unpri Safrian Aswati, M.Kom, Ketua Program Studi Teknik Informatika FTIK Unpri, Hendra Pasaribu, M.Kom, dan Ketua Pelaksana Kuliah Umum, Allwin M. Simarmata, M.Kom.

Sementara itu, Dekan FTIK Unpri Abdi Dharma, S.Kom dalam sambutannya menambahkan, seperti yang kita ketahui, cloud computing adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menunjuk kepada berbagai konsep - konsep komputasi yang mencakup kumpulan - kumpulan komputer, dalam skala yang sangat besar dan terkoneksi terus menerus (real time), dalam sebuah jaringan komunikasi, dan umumnya jaringan yang dipakai adalah jaringan internet.


Berita Seputar Teknologi dan Ilmu Komputer:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: