WORKSHOP FTIK UNPRI

How To Create and Submit the Good Journal

Rabu, 04 November 2015 10:33:41 oleh Bayu Angga Wijaya | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia (FTIK Unpri) kembali menggelar workshop yang bertema “How To Create and Submit the Good Journal”, pada acara tersebut, workshop dosen Fakultas Teknis USU Dr. Eng. Listiani Nurul Huda, M.T sebagai pembicara utama. “Jurnal Ilmiah merupakan salah satu jenis jurnal akademik di mana penulis mempublikasikan artikel ilmiah” demikian ungkap dosen fakultas teknik usu tersebut dalam acara workshop yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Lantai 5 RS Royal Prima Medan. (20/03/2014)

Acara workshop tersebut dihadiri Ketua Pembina Yayasan, dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes., AIFM., Ketua BPH, dr. Tommy Leonard, S.H., M.Kn., Rektor Unpri Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI, DAAK., Wakil Rektor I Unpri, Seno Aji, S.Pd., M. Eng. Prac., Wakil Rektor II Unpri, Ermi Girsang, SKM, M.Kes., Ketua Panitia Fahri Zulmy, S.T., M.T., Dekan Fakultas Teknologi & Ilmu Komputer, Abdi Dharma, S.Kom., M.Kom., Wakil Dekan I Fakultas Teknologi & Ilmu Komputer Chairul Azhar, S.Si., M.Pd., Ketua Program Studi S1 - Teknik Informatika Mawaddah Harahap, S.Kom., M.Kom., Ketua Program Studi S1 - Teknik Elektro Ir. Hendrik Siagian, M.Kom.

Listiani dalam workshop tersebut menyampaikan bahwa untuk memastikan kualitas ilmiah pada artikel yang diterbitkan, suatu artikel biasa diteliti oleh rekan-rekan sejawatnya dan direvisi oleh penulis, hal ini dikenal sebagai peer review (penelaahan sejawat). “Bagi mahasiswa dan dosen, jurnal ilmiah merupakan referensi utama karena jurnal ilmiah adalah publikasi hasil-hasil penelitian/riset atau kajian yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah”, Kata Lesti.

Sementara itu Ketua panitia Fahri Zulmy, S.T., M.T turut mengugkapkan bahwa perguruan Tinggi merupakan suatu tempat di mana seseorang dibentuk secara lebih terarah dan mendalam untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan moral yang berguna bagi dirinya dan juga untuk orang lain. Ilmu pengetahuan dan moral tersebut dibentuk melalui serangkaian proses belajar-mengajar yang panjang sehingga diharapkan seseorang yang telah melewati proses tersebut akan menjadi lebih baik, yang dapat diartikan lebih tahu, lebih bermoral, dan lebih beraktualisasi diri.

“Salah satu proses belajar-mengajar tersebut bagi seorang mahasiswa dan dosen adalah penelitian”, kata Fahri.

Fahri melanjutkan penelitian yang telah dilakukan harus diakui oleh orang lain agar penelitian yang telah dibuat tidak dikatakan “plagiat” atau meniru orang lain. Penelitian yang baik harus dikoreksi secara mendalam melalui reviewer yang berkompeten sesuai dengan bidang penelitian yang dibuat. Pengakuan terhadap penelitian yang telah dikoreksi tersebut dapat melalui sebuah “jurnal”. Jurnal merupakan suatu kumpulan hasil penelitian dalam bentuk tertulis dari beberapa peneliti yang disusun berdasarkan bidang ilmu tertentu yang diakui oleh lembaga/badan/organisasi tertentu.

Sebahagian besar mahasiswa dan dosen masih sedikit pengetahuan tentang bagaimana menulis jurnal yang baik dan men-submit jurnal yang teragreditasi. Oleh karena itu, dalam membuat sebuah jurnal yang baik perlu suatu teknik dan aturan yang jelas serta standar sehingga diharapkan jurnal yang dihasilkan dapat dengan mudah diakui dan diterima, baik lokal, nasional, maupun internasional.

“Berdasarkan kondisi tersebut perlu dilakukan workshop bagi dosen dan mahasiswa sehingga dapat menambah pengetahuan dan keterampilan untuk menghasilkan tulisan berupa jurnal yang baik dan bermutu”, kata Fahri di penghujung kata sambutannya.

Dr. Eng. Listiani Nurul Huda, M.T Foto bersama Dekan FTIK Unpri Abdi Dharma, serta para dosen usai acara workshop.


Berita Seputar Teknologi dan Ilmu Komputer:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: