UNPRI FIESTA 2014

Wagubsu: Unpri Segera Menjadi Universitas Terbaik Di Indonesia

Senin, 02 November 2015 16:07:04 oleh Bayu Angga Wijaya | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 Universitas Prima Indonesia (Unpri) yang dibalut dalam sebuah acara Unpri Fiesta 2014 yang dilaksanakan di Gedung Regale Convention Center, Medan, Minggu (19/10), berlangsung sangat meriah dengan opening show Kolaborasi Drum Percussion, Barongsai, serta tarian berbagai etnis dari Sabang sampai Merauke. Kemeriahan itu semakin terasa saat puncak acara Grand Final Pemilihan Mr dan Ms Unpri 2014.

Dalam acara Unpri Fiesta 2014 dengan tema ‘Bersama Unpri Menuju Sumut Pintar’ tersebut, juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si dan Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si., sebagai Tokoh Peduli Pendidikan di Sumut oleh Ketua Pembina Unpri dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes., AIFM didampingi Ketua BPH Unpri DR. Tommy Leonard, S.H., M.Kn, serta Rektor Unpri Prof. Dr. Djakobus Tarigan. AAI., DAAK., Penasehat Unpri dr. Sofian Wijaya, M.H.A., dan Prof. Sanwani Nasution, S.H.

Kemeriahan acara itu disaksikan ribuan mahasiswa/I baru Unpri tahun akademik 2014/2015, civitas akademika Unpri, serta para tamu undangan di antaranya anggota DPRD Sumut Brilian Moktar, S.E., M.M, Ikrimah Hamidy, S.T., M.M., Sopar Siburian, S.H., M.H., M.Kn, Sekretaris Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Drs. Rudy K Nababan, M.Si, anggota DPRD Medan Wong Chun Sen, S.E, Ketua PSMTI Sumut Eddy Djuandi, Direktur Royal Prima Hospital dr. Deli Theo, Sp.PK., Mars., Direktur RSGM Unpri drg. Melissa Sim dan lainnya.

Wagubsu H.T. Erry Nuradi mengucapkan selamat kepada Unpri yang telah berusia 13 tahun dan berharap Unpri ke depan semakin lebih baik lagi. “Mudah-mudahan sesuai dengan namanya, Universitas Prima menjadi universitas yang betul-betul prima di Indonesia dan dapat meraih prestasi yang setinggi-tingginya”, ujarnya.

Dia menyebutkan, saat ini terdapat 20 besar universitas terbaik di Indonesia, di antaranya terdapat universitas-universitas swasta yang memang sudah lama berdiri dan terkenal. “Namun saya yakin, di bawah manajemen yang baik Ketua Pembina Unpri dr. I Nyoman Ehrich Lister dan seluruh civitas akademika Unpri, saya yakin tidak akan terlalu lama Unpri menjadi universitas yang terbaik di Indonesia”, kata Wagubsu yang disambut tepuk tangan meriah para pengunjung.

Erry Nuradi menyampaikan, tahun depan akan masuk pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yaitu memasuki persaingan global kawasan Asean, yang dimungkinkan dari luar negeri akan masuk membuat universitas di sini. “Tentunya universitas dalam negeri yang sudah ada harus lebih siap lagi, jangan sampai universitas luar negeri lebih diminati masyarakat, tetapi kita harus bisa menjadi tuan di negara sendiri”, ujarnya.

Oleh karenanya, Unpri yang sudah memiliki 10 fakultas dan lebih dari 8.000 mahasiswa, serta memiliki rumah sakit dan fasilitas-fasilitasnya, harus terus meningkatkan akreditasinya di berbagai bidang, sehingga seluruh fakultas mendapatkan akreditasi yang paling baik.

Wagubsu yang telah mendapatkan berbagai penghargaan sebagai Tokoh Peduli Pendidikan di Sumut ini, mempunyai target dalam meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam mendapatkan pendidikan tinggi, yakni angkanya mencapai 35 persen.

“Kalau kita bicara masalah pendidikan tinggi, di Sumut ini tingkat angka partisipasi masyarakat mendapatkan pendidikan tinggi baru mencapai 30,24 persen. Namun itu akan terus kita tingkatkan mencapai 35 persen lebih. Oleh karenanya, saya mengharapkan perguruan tinggi-perguruan tinggi di Sumut termasuk Unpri untuk dapat meningkatkan kualitas SDM masyarakat Sumut”, ujar Wagubsu.

Erry Nuradi juga menyebutkan, saat ini ada beberapa pemerintah kabupaten/kota di Sumut salah satunya Nias Selatan, yang telah menitipkan 60 orang mahasiswanya di Unpri yang dibiayai oleh Pemda Nias Selatan. Bahkan mahasiswa di Unpri tidak hanya dari Sumut tetapi juga ada yang dari Papua, bahkan negara Timor Leste. Dia juga berharap Pemko Medan bisa memberikan beasiswa kepada mahasiswa Kota Medan baik yang ada di Unpri maupun perguruan tinggi lainnya di Sumut.

Pilar Pembangunan Pendidikan

Sementara itu, Walikota Medan HT Dzulmi Eldin menyampaikan, Unpri bisa dikatakan sebagai universitas yang masih muda, namun justru telah cukup dikenal sebagai universitas dengan fasilitas dan kualitas pendidikan yang terbaik. “Dalam HUT ke-13 ini, saya berharap Unpri bisa menjadi pilar kekuatan pembangunan pendidikan dan kesehatan secara regional maupun nasional. Saya juga mengucapkan terimakasih atas penghargaannya sebagai Tokoh Peduli Pendidikan”, ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi atas kegiatan Unpri Fiesta 2014 dengan tema ‘Bersama Unpri Menuju Sumut Pintar’. “Saya berharap kegiatan ini dapat melahirkan kreasi dan inovasi untuk membangun Sumut khususnya Kota Medan yang semakin Pintar, Modern, Cerdas, Inovatif, Kreatif dan berdaya saing tinggi dengan dukungan teknologi informasi”, ujar Walikota Medan yang selalu mengajak generasi muda untuk terus mengembangkan bakatnya dan selalu berkreasi dan berinovasi di berbagai bidang.

Dzulmi Eldin mengatakan, Kota Medan saat ini menjadi salah satu barometer pendidikan dan kesehatan regional bahkan nasional. “Karena Medan diharapkan menjadi Kota Pendidikan dan Kota Wisata Kesehatan, juga sebagai salah satu ikon pembangunan yang sedang kita usung. Sebab itu, sinergi antara pemerintah Kota Medan dengan dunia pendidikan dan kesehatan akan terus kita jaga, kita bangun dan kita tingkatkan kualitasnya demi mewujudkan Medan semakin sejahtera, dan mandiri dan makin berdaya saing di masa mendatang”, harapnya.

Sekretaris Kopertis Wilayah I Sumut, Drs. Rudy K Nababan, M.Si., dalam sambutannya mengatakan, Kopertis selalu memantau perkembangan perguruan tinggi swasta yang ada di Sumut, dan Unpri merupakan salah satu perguruan tinggi yang The Best. “Semoga ke depan Unpri selalu memberikan yang terbaik sesuai dengan ketentuan berlaku, sehingga menjadi idola bagi masyarakat Sumut dan memberikan suport kepada pembangunan nasional dalam bidang pendidikan. Kami juga berharap lulusan-lulusan Unpri bukan hanya sekedar kuantitas, tetapi juga kualitas yang lebih baik”, ujarnya.

“Semoga ke depan Unpri selalu memberikan yang terbaik sesuai dengan ketentuan berlaku, sehingga menjadi idola bagi masyarakat Sumut dan memberikan suport kepada pembangunan nasional dalam bidang pendidikan. Kami juga berharap lulusan-lulusan Unpri bukan hanya sekedar kuantitas, tetapi juga kualitas yang lebih baik”, ujarnya. Sebelumnya, Rektor Unpri Prof. Djakobus Tarigan, AAI., DAAK., menyampaikan terimakasih atas kehadiran Wagubsu dan Walikota Medan, Kopertis, anggota DPRD Sumut dalam acara tersebut. Menurutnya, kehadiran tersebut memberikan inspirasi yang sangat berharga dan memotivasi civitas akademika Unpri untuk terus semangat memajukan pendidikan tinggi di Sumut.

Mr Dan Ms Unpri 2014

Sementara itu, dalam pemilihan Mr dan Ms Unpri 2014 terdapat 10 peserta yang masuk dalam Grand Final untuk memperebutkan Mr dan Ms Unpri 2014, yakni Muhammad Azmir Aljabbar (FKM), Albert Alyono (F Psikologi), Alexander Leo Yehuda (FE), Anneyza Azzaulina (FE), Fanny Tjandra (FH), Daniel (FE), Clara Vanessa (FE), Putri Mentari Sitanggang (FK), Riko Satria (F Kom), dan Shella Silvia Putri (FE).

Dalam puncak acara Grand Final Mr dan Mis Unpri 2014 tersebut, masing-masing peserta menunjukkan bakatnya seperti akting dan menyanyi, memainkan saxofone, gitaris, Tari Chacha, Balet, Light Drum, Sulap, Dance, Tarian Korea (K-Pop).

Setelah melalui proses audisi yang panjang dan menunjukkan bakatnya di hadapan juri dan para penonton, akhirnya Muhammad Azmir Aljabbar terpilih sebagai Mr Unpri 2014 dan Putri Mentari Sitanggang sebagai Ms Unpri 2014. Sedangkan peraih Categori Intellegence Fanny Tjandra, Categori Talent diraih Rico Satria, dan Categori Photogenic diraih Clara Vanessa. Pemenang Mr dan Ms Unpri 2014 masing-masing mendapatkan beasiswa sebesar Rp 5 juta, tabungan masing-masing Rp3 juta, serta laptop. Sedangkan untuk pemenang kategori masing-masing mendapatkan tabungan sebesar Rp 1.250.000.

Secara simbolis penyerahan tropy dan beasiswa kepada para pemenang diserahkan oleh Ketua Pembina Unpri dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes., AIFM., Ketua BPH Unpri DR. Tommy Leonard, S.H., M.Kn, serta Rektor Unpri Prof Dr Djakobus Tarigan AAI DAAK. Acara diakhiri foto bersama seluruh civitas akademika Unpri dengan para finalis Mr dan Ms Unpri 2014.

Ketua Pembina Unpri dr. I Nyoman Ehrich Lister, M.Kes., AIFM., bersama Wagubsu Ir. H. T Erry Nuradi, M.Si., dan Wali Kota Medan Drs. H. T Dzulmi Eldin, S.MSi., serta Sekretaris Kopertis Wilayah I Sumut Rudy K Nababan melakukan pemukulan gendang pembukaan Unpri Fiesta 2014.


Berita Seputar Universitas:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: