dr. Willy Sunjaya Raih The Best Presenter di Lampung Family Medicine Forum

Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer UNPRI

Rabu, 14 Agustus 2024 09:22:52 oleh Elhaiza Gq Situmeang | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Medan, Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer UNPRI, yaitu dr. Willy Sunjaya, berhasil meraih Best Presenter di Acara Rakernas PDKI (Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia) dan LFMF (Lampung Family Medicine Forum) yang digelar di Hotel Novotel Bandar Lampung, 25-27 Juli 2024. Dengan tema seminar “Filling The Primary care Gap: The Role of Family Doctor in Catasstrophic Disease yang dibuka secara resmi oleh Pj.Gubernur lampung, Samsudin, dr.Willy Sunjaya berhasil mengungguli 483 peserta lainnya yang mengikuti rakernas dan seminar tersebut, dengan mengangkat topik dampak dari penyakit katastrofik di Indonesia.



Menurut dr.Willy Sunjaya, persiapan dimulai dengan mencari judul manuskrip, melakukan diskusi dan bimbingan, mengumpulkan data hingga menghasilkan sebuah manuskrip yang bisa dibawa tampil di kegiatan acara. “Terkait proses presentasi sewaktu hari H, materi saya bawakan dalam bentuk ppt di hadapan kedua penguji dan peserta lain, diberikan waktu presentasi 8 menit, ditambah 2 menit tanya jawab seputar dengan materi yang dibawakan. Inti materi yang saya bawa membahas mengenai dampak dari penyakit katastrofik di Indonesia sesuai dengan tema acara yaitu Filling the Primary Care Gap: The Role of Family Doctor in Catastrophic Disease”, jelasnya.

Dr.Willy Sunjaya menambahkan, tujuan dari materi yang dipresentasikannya adalah membahas tentang beban penyakit dan finansial dari penyakit katastrofik di Indonesia, tren dan perkembangannya, serta faktor resiko yang terkait sekaligus memberikan masukan terhadap strategi bagi dokter keluarga untuk mengurangi permasalahan ini.

Ketika membuka rakernas dan seminar, Pj.Gubernur Lampung, Samsudin, Rakernas PDKI dan Seminar Lampung Family Medicine Forum sangat penting untuk kesinambungan pengelolaan organisasi dan masa depan profesi dokter keluarga layanan primer. Apalagi saat ini Indonesia berfokus pada transformasi pelayanan kesehatan di layanan primer, dan telah dibukanya beberapa Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis KKLP.

“Seminar ini memiliki makna yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan, khususnya dalam pelayanan penyakit kritis, seperti kanker, penyait jantung dan penyakit pernafasan kronis. Dokter keluarga merupakan garda terdepan dalam sistem kesehatan, yang tidak hanya memberikan perawatan medis, tetapi juga mendampingi pasien dalam jangka panjang. Mereka punya kemampuan untuk mendeteksi dini, memberikan perawatan yang tepat, dan memastikan bahwa pasien mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan”, ujar Samsudin.

Samsudin mengapresiasi terselenggaranya seminar tersebut, yang memperkuat peran dokter keluarga dalam mengisi kesenjangan pelayanan kesehatan di tingkat primer. “Saya yakin, melalui diskusi yang mendalam dan berbagi pengetahuan yang akan kita lakukan hari ini, kita dapat menemukan solusi inovatif untuk meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat kita”, tandasnya.

Samsudin juga menyampaikan terima kasih kepada para pembicara yang telah bersedia meluangkan waktu untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Juga menyampaikan apresiasi yang sama kepada para peserta seminar, atas antusiasme dan dedikasinya dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan.

“Saya berharap rakernas dan seminar ini dapat menghasilkan rekomendasi yang bermanfaat, dan dapat diimplementasikan dalam sistem kesehatan kita. Marilah kita bekerjasama untuk menciptakan layanan kesehatan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya, dan masyarakat Lampung pada khususnya”, harap Samsudin selaku Pj. Gubernur Lampung mengakhiri sambutannya.




Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: