UNPRI Dorong Mahasiswa Menjadi Wirausaha Muda

Workshop Wirausaha Pembinaan Program Mahasiswa Wirausaha Merdeka 2024

Selasa, 13 Agustus 2024 12:16:00 oleh Elhaiza Gq Situmeang | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Medan – Dalam upaya mendorong mahasiswa menjadi Wirausaha Muda, dan menumbuhkan minat kelompok mahasiswa mengikuti dan memenangkan program P2MW (Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha) oleh Kemenristekdikti, UNPRI Creative menggelar Workshop Kewirausahaan, Rabu (7/8/2024) di Kampus UNPRI Jln. Sampul No 3 Medan.

Workshop kewirausahaan merupakan program pelatihan yang dirancang untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan kepada peserta tentang bagaimana memulai dan mengelola bisnis.

Dalam workshop ini, peserta belajar tentang konsep dasar kewirausahaan, strategi bisnis, perencanaan keuangan, pemasaran, serta inovasi. Workshop ini sering kali melibatkan sesi praktis, di mana peserta dapat berlatih membuat rencana bisnis, menganalisis peluang pasar, dan memecahkan masalah yang mungkin dihadapi oleh seorang wirausahawan.

Pada kesempatan tersebut, langsung diperkenalan produk wirausaha lilin aromaterapi. Kepada para peserta dijelaskan latarbelakang munculnya ide, kemudian dijelaskan bagaimana proses pembuatan lilin aromaterapi, dijelaskan bagaimana cara memasarkannya dan mempromosikan produk tersebut.

Seperti kita ketahui, Unpri Creative (UC) adalah salah satu organisasi yang dimiliki Universitas Prima Indonesia, yang bertujuan untuk membangun, mengembangkan, dan meningkatkan talenta dan kreativitas mahasiswa/i dengan mengadakan kegiatan-kegiatan dan extra kurikuler. Sedangkan P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha, melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW.

Adapun kategori usaha dalam program tersebut antara lain Usaha Makanan dan Minuman (Makanan dan minuman merupakan produk makanan dan minuman baik dari bahan mentah menjadi setengah jadi maupun bahan setengah jadi diolah menjadi produk akhir).

Kategori Budi Daya (Proses budidaya bidang agrokomplek (tanaman pangan, hortikultura, kehutanan, perkebunan, peternakan, dan perikanan).

Kategori Industri Kreatif, Seni, dan Budaya. Kategori Jasa, Pariwisata dan Perdagangan (Jasa, Pariwisata, & Perdagangan meliputi aktivitas jual beli produk berupa barang (bahan baku, barang setengah jadi maupun barang jadi) jasa, dan pariwisata).

Kategori Manufaktur dan Teknologi Terapan (Usaha manufaktur merupakan aktivitas usaha yang dimulai dari pembelian bahan baku, proses produksi dengan mesin secara massal, sehingga tercipta barang jadi.

Workshop kewirausahaan tersebut dihadiri oleh Kepala Unit Kemahasiswaan Dr. Windania Purba, S.Kom.,M.Kom, Kepala CDC Tiara Aulia, S. Psi.,M.Psi, Praktisi Dina Anggriani S.Ak.,M.Ak dan mahasiswa/i Universitas Prima Indonesia.


Berita Seputar Unpri Creative:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: