KEPANITERAAN KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNPRI

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prima Indonesia Luluskan 19 Dokter Gigi Muda

Rabu, 25 April 2012 02:41:57 oleh Abdi Dharma | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Penyerahan Mahasiswa Kepaniteraan Klinik kepada Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Prima (UNPRI) meluluskan 19 dokter muda yang selanjutnya siap untuk mengikuti pembelajaran dalam Pendidikan Kedokteran Gigi (PKG) melalui kepaniteraan klnik atau yang sering disebut KoAS.

Sebanyak 19 mahasiswa kepaniteraan klinik yang merupakan dokter gigi muda FKG UNPRI melaksanakan KoAS di Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut UNPRI. Pada senin (23/03). Diadakan acara serah terima 19 dokter gigi muda FKGUNPRI kepada Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut UNPRI untuk mengikuti KoAS.

Pembimbing ahli kepaniteraan klinik

Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut UNPRI adalah merupakan pusat pendidikan utama FKG UNPRI. Pihaknya juga telah mempersiapkan fasilitas KoAS serta pembimbing ahli (dokter gigi/spesialis pembimbing klinik) guna dalam kelancaran kepaniteraan klinik.

Sejak 2008 di awal berdiri FKG UNPRI menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan terbukti kurikulum tersebut mampu meningkatkan prestaasi mahasiswa FKG UNPRI. Pada wisuda FKG UNPRI 26 April ini, mahasiswa FKG UNPRI untuk pertama kalinya berhasil meraih IPK dengan kategori memuaskan dan sangat memuaskan.

Dekan kedokteran gigi Prof. DR. drg. Monang Panjaitan, MS.,MA mengakui, Indeks Prestasi mahasiswa yang masuk FKG UNPRI cukup tinggi, pembelajaran menggunakan KBK ini dinilai efektif menghasilkan lulusan yang bermutu.

Dengan adanya pembimbing ahli, diharap mereka memiliki kompetensi yang baik dalam membimbing dokter gigi muda yang melakukan KoAS.

Mahasiswa KoAs didampingi pembimbing ahli

Wakil Dekan I FKG UNRPI drg. Suci Erawati, M.Kes menerangkan, para dokter gigi muda tersebut telah memiliki bekal teori yang cukup. Walaupun demikian harus diakui mereka harus masih membutuhkan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu tersebut secara langsung.

Diharapkan melalui kepaniteraan klinik di Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut, para dokter gigi muda dapat berinteraksi dengan pasien dibawah pengawasan dan bimbingan dokter gigi pembimbing klinik. Mahasiswa kepaniteraan klinik akan menjalani KoAS sekitar 1,5 tahun.

Setelah lulus menyelesaikan KoAS nantinya para dokter gigi muda ini siap menjadi sebagai profesi dokter gigi yang selesai pada pertengahan 2013 serta memiliki kompetensi yang siap bersaing secara nasional dan internasional.

Resepsionis Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut


Berita Seputar Kedokteran Gigi:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: