UNPRI Gelar Pelantikan & Pengambilan Sumpah Dokter Gigi Mahasiswa Program Studi Profesi Dokter Gigi Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan

Sumpah Dokter

Rabu, 25 September 2024 15:46:37 oleh Elhaiza Gq Situmeang | berita sebelumnya | berita selanjutnya



Medan – Universitas Prima Indonesia (UNPRI) menggelar Pelantikan & Pengambilan Sumpah Dokter Gigi Mahasiswa Program Studi Profesi Dokter Gigi Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan, Sabtu (21/9/2024) di Mini Hall Lantai 10 Kampus Utama UNPRI Jln. Sampul No 3 Medan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dokter gigi kepada 8 dokter gigi yang telah dinyatakan lulus dari hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG), dan berhak menyandang gelar drg, dimana prosesi acara dilantik oleh dekan dan disaksikan oleh para pemuka agama dari agama yang dianut lulusan.

Semua peserta mengikuti acara sampai selesai dengan penuh ucapan syukur dan sukacita. Dengan digelarnya acara ini semoga para lulusan dokter gigi Universitas Prima Indonesia bisa mengabdikan diri di berbagai wilayah di Indonesia.

Dekan Prof. Dr. dr. H. Gusbakti Rusip, M.Sc., Sp.KKLP(K)., PKK., AIFM., AIFO(K), dalam sambutannya mengatakan bahwa UNPRI terus meningkatkan uji kompetensi bagi dokter atau dokter gigi yang ingin buka praktek untuk mendapatkan STR dari KKI.

“Tentunya kurikulum sudah sesuai SK DGI yang 5 tahun sekali update sesuai dengan perkembangan IPTEKDOK yang sangat berkembang pesat, serta perlu mengasah skill dan kognitif dengan mengikuti konferensi dan workshop yang selalu ada. Tentunya dengan adanya PP No 53 Thn 2023 banyak perubahan untuk sistem pendidikan dr dan drg”, ujarnya.

Untuk hal ini UNPRI sudah mempersiapkan diri dengan visi nya dengan Sociotechnopreneurships dengan output (lulusan) yang mandiri dan professional, inovasi dan adaptif yang diimplementasikan ke masyarakat dan pemerintah.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi kami, bahwa FKKGIK UNPRI menghasilkan lulusan-lulusan dokter gigi yang berkualitas. Karena kami sadari bahwa untuk menjadi seorang dokter gigi bukanlah hal yang mudah. Dimana harus melewati dua tahapan. Dari mulai proses akademik S1 (Pendidikan Dokter Gigi) selama 7 semester dalam kurun waktu 3,5 tahun. Dilanjutkan lagi dengan proses akademik profesi (profesi dokter gigi) selama 4 semester dalam kurun waktu 2 tahun. Dan setelah itu masih harus mengikuti tahap ujian nasional yaitu Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG), yang sesuai PP 53 akademik 4 semester dan profesi minimum 2 semester”, tegasnya.

Dalam kesempatan, dekan juga menyampaikan bahwa sesuai dengan keputusan lembaga akreditasi mandiri perguruan tinggi kesehatan tertanggal 15 Juli 2022, Program Studi Kedokteran Gigi telah mendapatkan akreditasi “Baik Sekali” untuk Program Studi Sarjana Pendidikan Dokter Gigi dan Profesi Dokter Gigi. “Kalian patut berbangga hati menjadi alumni FKKGIK UNPRI”, tambahnya.

Salah seorang lulusan menyampaikan kesan, bahwa hari pelantikan dan pengambilan sumpah bagi mereka sangat bersejarah dalam perjalanan hidup mereka. “Insya Allah akan kami catat dan kami kenang sepanjang hidup kami. Kami menyadari, hari ini di acara pengambilan sumpah dokter gigi, kami merasakan sebuah akhir dari proses pendidikan yang cukup melelahkan, hingga dapat menyandang gelar profesi dokter gigi. Namun pada saat yang bersamaan kami juga memahami bahwa ini adalah awal dari masa pengabdian yang panjang”, ujar drg. Yogie Setiawan.

Ia menyebut bahwa sebagai lulusan UNPRI mereka tidak boleh sembarangan dalam menggunakan profesi mereka. “Kami harus taat pada etika dan aturan dalam mengabdikan diri kepada masyarakat sebagaimana ikrar sumpah kami pada hari ini dimana kami berkomitmen tentang kebersamaan dalam kesejawatan, misi kemanusiaan, dan amanah keprofesian”, tambahnya.

Ia memberikan pesan kepada mahasiswa yang masih aktif saat ini, untuk manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya semasa kuliah, karena sejatinya waktu berjalan sangat cepat dan selalu diburu oleh berbagai tugas.

“Mumpung masih mahasiswa, jalinlah persaudaraan dengan sesama mahasiswa baik dalam satu keluarga fakultas maupun yang lebih luas lagi. Hormati para dosen, karena didikan sekeras apapun, niatnya adalah untuk membuat kita lebih kuat dan semakin tinggi tingkat keilmuannya”, jelasnya.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter Gigi Mahasiswa Program Studi Profesi Dokter Gigi Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan UNPRI tersebut dihadiri Dekan Prof. Dr. dr. H. Gusbakti Rusip, M.Sc., Sp.KKLP(K)., PKK., AIFM., AIFO(K), Wakil Dekan I Dr. dr. Linda Chiuman, M.K.M., M.Biomed, Wakil Dekan II Dr. dr. Maya Sari Mutia, M.K.M., M.Biomed, Wakil Dekan III Dr. Santy Deasy Siregar, SKM., M.Kes, Wakil Dekan IV drg. Susanto, M.Kes, Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Dr. drg. Florenly, MHSM., MPH., MDSc, Kaprodi drg. Cindy Denhara Wijaya, M.Biomed, tiga orang rohaniawan (rohaniawan agama Islam, rohaniawan agama Kristen Protestan, rohaniawan agama Buddha). Acara tersebut dipandu oleh Laurencia Kasih Putri Hulu dan Verawati Sinaga.


Berita Seputar FKKGIK:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: