PANGKOSTRAD BERI KULIAH UMUM KEBANGSAAN DAN BELA NEGARA

Pangkostrad Motivasi Mahasiswa UNPRI Untuk Jangan Pernah Menyerah

Rabu, 06 Januari 2016 15:04:39 oleh Bayu Angga Wijaya | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Panglima Komando Strategi Cadangan Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjend. TNI Edy Rahmayadi, memotivasi ribuan mahasiswa dari Universitas Prima Indonesia (UNPRI), Universitas Sutomo, STIE A&BI, siswa Global Prima dan siswa Swasta Pangeran Antasari, agar jangan pernah menyerah.

Hal tersebut disampaikan Pangkostrad pada Kuliah Umum Tentang Kebangsaan & Bela Negara yang diselenggarakan UNPRI dan Universitas Sutomo Medan, Sabtu (28/11) di Aula Kampus Universitas Sutomo Lantai 7 Jalan Sutomo, Medan.

Kuliah umum itu dihadiri, Dandim 0201/Bediri Sendiri Letkol Inf Maulana Ridwan, Ketua BPH UNPRI Dr. Tommy Leonard, S.H., M.Kn., Rektor UNPRI Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI., DAAK, Rektor Universitas Sutomo H. Ramli J Marpaung, S.H., Ketua STIE A&BI Hendry, S.E., M.M., Wakil Rektor I UNPRI Seno Aji, S.Pd., M.Eng. Prac, Koordinator Global Prima Dr. Willy Tanjaya, S.H., S.Kom., M.Kn, Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) HIPAKAD Yusriando, S.H., M.H., tokoh pemuda Arjoni Munir.

Pangkostrad, menyatakan senang dan bahagia diundang UNPRI, untuk memberikan kuliah umum tentang Kebangsaan & Bela Negara. Pangkostrad juga mengajak para mahasiswa untuk berjuang membangun Sumut. Motivasi yang diberikan tersebut dibarengi dengan penanyangan film singkat.

Disela-sela tayangan tersebut, Pangkostrad memaparkan bahwa, nilai-nilai kebangsaan pada hakekatnya merupakan nilai yang disepakati dan dipandang baik, yang melekat pada diri setiap warga negara Indonesia, berupa norma-norma dan etika kebaikan, yang terkandung dan menjadi ciri kepribadian bangsa yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa, yakni nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, negara kesatuan dan Bhineka Tunggal Ika.

Pria kelahiran Sabang ini juga mempertunjukan tayangan potret bangsa, sembari mengajak mahasiswa bersama-sama menyanyikan lagu Ibu Pertiwi. "Konsepsi kebangsaan harus terus ditumbuhkan pada masyarakat, bangsa dan dikembangkan secara berstruktur, yaitu berturut-turut pada tingkat kesadarannya,"kata pria kelahiran tahun 1961 ini meyakinkan.

Pada kesempatan yang sama juga, Pangkostrad membahas tentang kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kemajuan bangsa. Kemajuan bangsa dimasa depan ditentukan oleh melimpahnya Sumber Daya Alam (SDA). Berbicara soal Wawasan Kebangsaan, kata Pangkostrad sama saja membicarakan Wawasan Nusantara kita yang merupakan wawasan nasional.

"Wawasan nasional Indonesia ini, merupakan kristalisasi nilai-nilai luhur kehodupan bersama, yang terbangun dan terpetakan pada zamannya, dalam konsep-konsep yang melatarbelakangi perikehidupan bangsa Indonesiaā€¯, katanya.

Selain Kuliah Umum, Pangkostrad juga menyaksikan penandatanganan Kerjasama Hukum LBH HIPAKAD dengan UNPRI, STIE A&BI dan Universitas Sutomo. Sebelumnya, Pangkostrad diulosi dan menerima cinderamata.


Berita Seputar Universitas:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: