UNPRI FIESTA 2012/2013

Unpri Akan Lahirkan Pemuda Cerdas

Rabu, 21 November 2012 17:03:57 oleh Abdi Dharma | berita sebelumnya | berita selanjutnya

Mantan Sekda Provsu Dr RE Nainggolan yang hadir sebagai undangan, yakin Universitas Prima Indonesia (Unpri) akan melahirkan pemuda - pemuda yang cerdas, handal, dan memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang nantinya dapat membangun bangsa. Demikian diungkapkan RE Nainggolan pada acara Unpri Fiestra National Cultural, Sabtu (13/10) malam di Hermes Palace Polonia Medan.

Pada perayaan ulang tahun Unpri yang ke-11 dan penyambutan mahasiswa/i baru tahun ajaran 2012/2013 tersebut, RE Nainggolan berharap, Unpri dapat mempertahankan keunggulannya didunia pendidikan tinggi. Apalagi, Unpri terkenal dengan universitas multi etnis, yang tidak membeda-bedakan antar suku, agama dan bangsa.

"Mudah-mudahan diusianya yang ke-11 ini Unpri dapat berkembang,"kata RE Nainggolan meyakinkan.

Hadir pada acara itu, Pembina, dr. I. Nyoman Ehrich Lister, M. Kes, AIFM, Ketua BPH Unpri Tommy Leonard SH MKn, Rektor Unpri Prof. dr. Djakobus Tarigan, AAI, DAAK, Wakil Rektor I Bapak Prof. Dr. drg. Monang Panjaitan, MS. MA, Direktur Rumah Sakit Royal Prima, Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut, serta seluruh Dekan di lingkungan Universitas Prima Indonesia, Wakil Dekan, Ketua Program Studi, seluruh dosen, staf, dan seluruh mahasiswa-mahasiswi Unpri.

Pembina, dr. I. Nyoman Ehrich Lister, M. Kes, AIFM, dalam sambutannya menyatakan, akan terus mengembangkan Unpri agar lebih maju. Sehingga, pemuda/i kita bisa menuntut ilmu di kampus tersebut. "Kita semua memahami bahwa pendidikan berkaitan erat dengan masa depan pemuda. Pemuda harus memiliki cita-cita, bila tidak memiliki cita-cita maka saudara tidak lagi masuk dalam kategori pemuda, karena dianggap mati sebelum mati," ucapnya seraya mengatakan, oleh karena itu pemuda harus menggantungkan cita-cita setinggi langit, sebab cita-cita besarlah yang akan menggerakan perubahan besar di negeri ini.

Diungkapkan, I. Nyoman, penelitian menunjukan pendidikan menentukan sikap pemuda melihat masa depan, pemuda yang tidak memperoleh kesempatan melanjutkan ke pendidikan tinggi menganggap masa depan mereka lebih suram, karena SDM yang kurang, merupakan hambatan untuk meraih kesuksesan, sebaliknya bagi pemuda yang berkesempatan melanjutkan pendidikan tinggi, optimis akan masa depan yang lebih baik.

"Oleh karena itu, pendidikan berperan besar membawa bangsa Indonesia menuju masa depan yang cemerlang,"katanya.

Sebagaimana yang kita ketahui, kata I. Nyoman, angka partisipasi kasar pendidikan tinggi di Indonesia sekitar 18,5 persen sampai 25 persen. Data tersebut berbeda dari tim independet dan Kemendikbud, artinya jumlah pemuda masa kuliah sekitar 25 juta jiwa, tetapi pemuda yang memiliki kesempatan kuliah sekitar 4 jutaan jiwa. Menurutnya, hal tersebut memperlambat kemajuan bangsa Indonesia dan merupakan masalah dalam pembangunan menuju negara yang adil dan makmur.

Sekali ini, I. Nyoman berharap, agar para pemuda yang hadir, belajar dengan sungguh-sungguh dan gantungkan cita-cita setinggi-tingginya. Kemudian, optimis, berperilaku baik dan bersyukur, karena telah memperoleh kesempatan menimba ilmu di perguruan tinggi yang merupakan jembatan menuju cita-cita masing-masing.

Unpri Fiesta National Cultural ini juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni, atraksi serta final night Mr. & Ms. Unpri 2012.


Berita Seputar Universitas:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: