UNPRI dan APINDO Sumut Kerja Sama

Sosialisasi Magang UMKM Merdeka

Rabu, 29 Mei 2024 14:15:40 oleh Kristiawan Indriyanto | berita sebelumnya



Universitas Prima Indonesia (UNPRI) resmi menjadi salah satu perguruan tinggi mitra kerja sama dalam program Magang UMKM Merdeka yang diinisiasi oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumatera Utara. Pada hari Rabu, 28 Mei 2024, Apindo Sumut menggelar sosialisasi Skema Magang Bersertifikat Mahasiswa untuk Akselerasi Kontribusi UMKM di Kelas A 1819, Kampus Utama UNPRI, Jalan Sampul 3, Kota Medan.

Acara ini dihadiri oleh 100 mahasiswa dari tiga program studi, yakni Sistem Informasi, Akuntansi, dan Manajemen. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para mahasiswa mengenai program magang bersertifikat yang dapat membantu akselerasi kontribusi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sumatera Utara.

Ketua Bidang UKM Apindo Sumut, Tjoe Mung Tong, S.E., yang juga menjadi narasumber utama pada acara sosialisasi tersebut, memaparkan beberapa keuntungan yang akan diperoleh mahasiswa pada Program Magang UMKM Merdeka MSIB. "Mahasiswa akan mendapatkan bantuan biaya hidup per bulan, lokasi magang yang disebar di seluruh wilayah Indonesia, kesempatan untuk membuka relasi baru, menumbuhkan jiwa entrepreneur, membantu UMKM naik kelas, dan magang ini akan dikonversi maksimal hingga 20 SKS," jelas Tjoe Mung Tong.

Wakil Dekan Fakultas Ekonomi UNPRI, Bayu Wulandari, S.E., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap program ini. "Kami sangat mendukung dan berkomitmen untuk mensukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini. Kami berharap mahasiswa UNPRI dapat mengembangkan keterampilan praktis dan memberikan kontribusi nyata kepada UMKM," ujar Bayu Wulandari.

Dengan magang di UMKM mahasiswa akan lebih kompetitif, karena proses seleksi akan dilakukan secara nasional.Program Magang UMKM Merdeka merupakan bagian dari inisiatif MBKM yang digagas oleh pemerintah untuk memberikan pengalaman kerja nyata kepada mahasiswa. Melalui program ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis di dalam kelas, tetapi juga memperoleh pengalaman praktis yang dapat meningkatkan kompetensi mereka di dunia kerja.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan menjadi langkah awal yang baik dalam memperkuat kolaborasi antara perguruan tinggi dan dunia usaha, serta mendorong pertumbuhan dan pengembangan UMKM di Sumatera Utara.


Berita Seputar Universitas Prima Indonesia:

Berita Lain:

Berita Halaman Depan: